Boladunia

Termasuk Timnas Indonesia, Inilah 6 Negara Asia yang Baru Ikut Sekali Piala Dunia

Inilah negara-negara Asia yang baru sekali tampil di Piala Dunia dan belum mampu mengulanginya lagi

Irwan Febri Rialdi

Skuat Hindia Belanda di Piala Dunia 1938 (Sumber: AFC)
Skuat Hindia Belanda di Piala Dunia 1938 (Sumber: AFC)

Bolatimes.com - Asia tak pernah absen dalam mengirim wakilnya ke Piala Dunia, meskipun dari waktu ke waktu terdapat negara yang hanya sekali mengikuti ajang akbar sepak bola ini.

Melaju ke putaran final Piala Dunia bukanlah hal yang bisa dicapai dengan mudah, karena itu tak terllau mengejutkan jika ada negara yang hanya sekali ikut ajang ini.

Bahkan sejumlah negara di dunia masih belum bisa merasakan berlaga di Piala Dunia, karena memang harus melalui sejumlah kualifikasi terlebih dulu.

Di wilayah Asia, setidaknya ada beberapa negara yang baru merasakan gelaran Piala Dunia sebanyak satu kali, hal ini tentu membuktikan bagaimana kompetitifnya turnamen ini.

Lantas negara Asia mana saja yang baru satu kali merasakan mentas di turnamen Piala Dunia ini? berikut di antaranya.

1. Qatar

Qatar bisa dibilang salah satu negara dengan perkembangan sepak bola yang pesat, namun kesempatan tampil di Piala Dunia baru akan terwujud di 2022.

Itupun sebagai tuan rumah yang otomatis mendapatkan satu slot otomatis ke putaran final, tergabung di Grup A bersama Belanda, Ekuador dan Senegal.

2. China

Negeri Tirai Bambu pernah menggebrak dunia sepak bola usai memastikan berlaga di Piala Dunia 2002 yang saat itu juga digelar di Asia, yakni Jepang dan Korea Selatan.

Di edisi 2022, China sebenarnya sempat menjadi pemimpin Grup B Kualifikasi, namun China pada akhirnya tak berkutik hingga gagal melaju ke putaran final.

3. Uni Emirat Arab

Kesuksesan Uni Emirat Arab dalam dunia sepak bola sudah terlihat pada 1990, saat itu UEA menjadi salah satu kontestan Piala Dunia di Italia.

UEA menjadi wakil Asia bersama Korea Selatan meskipun pada akhirnya berakhir sebagai tim juru kunci di babak penyisihan grup.

4. Irak

Piala Dunia 1986 Meksiko menjadi ajang di mana Irak berhasil melakoni debut di Piala Dunia, usai mengalahkan Suriah di babak kualifikasi.

Irak pun tak berdaya usai gagal total saat berhadapan dengan tim-tim besar saat itu, seperti Meksiko, Belgia hingga Paraguay.

5. Kuwait

Kali pertama Kuwait debut di Piala Dunia terjadi pada 1982 setelah tampi perkasa di Kualifikasi zona AFC.

Meskipun nasibnya sama seperti wakil Asia lainnya, Kuwait gagal lolos fase grup usai ditumbangkan Prancis dan Inggris.

6. Timnas Indonesia

Timnas Indonesia menjadi negara Asia pertama yang berkiprah di Piala Dunia, tepatnya pada edisi ketiga di tahun 1938.

Saat itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda, namun debut pertama Indonesia di Piala Dunia ini tak manis setelah kalah dengan skor 0-6 dari Hungaria.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini