Profil Gerard Pique, Bek Tangguh Barcelona yang Mendadak Pensiun di Usia 35 Tahun

Gerard Pique mendadak pensiun di usianya yang terbilang masih produktif

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 04 November 2022 | 11:30 WIB
Bek Barcelona Gerard Pique dalam foto 15 Agustus 2018 sebelum pertandingan persahabatan Joan Gamper Trophy antara Barcelona dan Boca Juniors di Stadion Camp Nou di Barcelona. (AFP/JOSEP LAGO)

Bek Barcelona Gerard Pique dalam foto 15 Agustus 2018 sebelum pertandingan persahabatan Joan Gamper Trophy antara Barcelona dan Boca Juniors di Stadion Camp Nou di Barcelona. (AFP/JOSEP LAGO)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Gerard Pique, bek veteran milik Barcelona yang belum lama ini memutuskan pensiun dari dunia sepak bola.

Jagat sepak bola dikejutkan dengan kabar Gerard Pique yang memutuskan gantung sepatu dari Barcelona, Jumat (04/11/22) dini hari WIB.

Kabar ini sendiri datang dari bek berpaspor Spanyol itu yang diunggahnya melalui akun-akun media sosial pribadinya.

Melalui sebuah video singkat berdurasi 2 menit, Pique menyebutkan bahwa masa-masanya sebagai pemain Barcelona telah menemui babak akhir.

“25 tahun sudah sejak saya bergabung Barcelona. Saya pergi dan saya kembali. Sepak bola telah memberikan saya segalanya. Kalian, Culers, telah memberikan saya segalanya,” kata Pique dalam video singkat itu.

“Dan sekarang, semua mimpi anak kecil itu menjadi kenyataan. Saya ingin mengatakan kepada kalian bahwa saya memutuskan sekarang mengakhiri petualangan ini,” lanjutnya.

Keputusan Pique untuk gantung sepatu pun terbilang mengejutkan. Sebab, saat ini dirinya masih belum terlalu uzur untuk pemain, yakni berusia 35 tahun.

Namun Pique sudah membulatkan keputusannya. Laga pekan ke-13 LaLiga 2022/2023 antara Barcelona vs Almeria di Camp Nou pun akan menjadi laga terakhirnya.

Kabar ini pun menjadi pukulan telak bagi pendukung Barcelona, mengingat Pique adalah salah satu pemain paling loyal dan bagian dari kesuksesan Barcelona di satu dekade silam.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil lengkap dari Gerard Pique, pemain loyal Barcelona.

Profil Gerard Pique

Gerard Pique merupakan produk asli Barcelona. Ia merupakan pemain yang lahir di Catalunya, Spanyol, pada 2 Februari 1987.

Sebagaimana anak-anak kelahiran Catalunya lainnya, Pique memiliki mimpi bisa membela Barcelona sebagai pesepak bola.

Karenanya ia bergabung akademi Barcelona sedari muda. Siapa sangka, sebelum menjadi bek, dirinya merupakan seorang gelandang bertahan.

Namun takdir memisahkan mimpi Pique membela Barcelona sebagai pesepak bola profesional, kala dirinya menerima pinangan Manchester United pada 2004.

Di Man United, Pique mendapati dirinya menjadi pesepak bola profesional, kala melakoni debut sebagai bek tengah di laga Piala Liga Inggris pada Oktober 2004.

Sejak debutnya itu, Pique pun menjadi pelapis bagi barisan pertahanan Man United seperti Rio Ferdinand, Wes Brown, John O’Shea, dan Nemanja Vidic.

Kurang lebih empat tahun lamanya Pique membela Man United, dengan mencatatkan 23 penampilan dengan sumbangan dua gol dan satu assist.

Pada 2008, Pique memutuskan kembali ke tanah kelahirannya, Barcelona, setelah Pep Guardiola naik menjadi pelatih utama Blaugrana.

Saat itu, Barcelona menebusnya dengan mahar 5 juta poundsterling, dan Pique meneken kontrak berdurasi empat tahun dengan Blaugrana.

Tak disangka, di musim pertamanya ia langsung menjadi andalan di lini pertahanan bersama Carles Puyol dan membawa Barcelona meraih Sextuple atau enam gelar dalam setahun.

Awal mula yang apik itu pun membuat perjalanan Pique berlanjut bersama Barcelona hingga tahun 2022 ini, sampai dirinya memutuskan pensiun.

Selama di Barcelona, Pique mampu mengantarkan tim tanah kelahirannya itu merengkuh beragam trofi. Total 30 gelar direngkuhnya bersama Blaugrana.

Catatan apik ini pun berlanjut di Timnas Spanyol. Ia bersama Carles Puyol menjadi otak kesuksesan La Furia Roja mendominasi Eropa dan Dunia dengan menjuarai Euro 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak