Boladunia

Deretan Bintang Timnas Prancis Absen di Piala Dunia 2022, Terbaru Paul Pogba

Benarkan Prancis kena kutukan Piala Dunia?

Husna Rahmayunita

Gelandang Timnas Prancis, Paul Pogba, berselebrasi usai menjebol gawang Swiss. (Franck Fife/AFP)
Gelandang Timnas Prancis, Paul Pogba, berselebrasi usai menjebol gawang Swiss. (Franck Fife/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Prancis dipastikan tak diperkuat sederet pemain bintangnya di Piala Dunia 2022. Berstatus sebagai juara bertahan, benarkan Prancis kena kutukan?

Diketahui, ada mitos di mana tim yang berstatus juara bertahan Piala Dunia akan menghadapi cobaan pada edisi berikutnya.

Prancis sendiri merupakan juara Piala Dunia 2018. Terlepas dari kebenaran mitos tersebut, kutukan Piala Dunia sepertinya mulai menghampiri tim Ayam Jantan.

Sebab, kurang dari sebulan jelang kick-off, Les Bleus dihantam badai cedera. Para pilar utama Timnas Prancis satu persatu mulai bertumbangan akibat cedera. Dari kiper Mike Maignan, N'Golo Kante, Raphael Varane hingga terkini Paul Pogba.

Nama terakhir sebelumnya sempat dikabarkan bisa membela Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 sebelum kabar terkini dari agennya, Rafaela Pimenta, memupus harapan tersebut.

Paul Pogba yang tengah menjalani pemuluan pasca operasi cedera lutut disebut kembali dibekap cedera. Dia mengalami masalah pada pahanya sehingga proses pemulihan pasca operasi ikut terganggu.

Absennya Paul Pogba serta N'Golo Kante di lini tengah jelas jadi pukulan telak bagi Timnas Prancis asuhan Didier Deschamps. Pasalnya, kedua pemain punya jasa besar dalam mengantar Les Bleus menjadi juara dunia empat tahun lalu.

Tanpa Pogba dan Kante, motor lini tengah Prancis dinilai akan mengalami penurunan drastis. Kemungkinan besar, posisi mereka bakal digantikan Aurelien Tchouameni dan Eduard Camavinga.

Tchouameni dan Camavinga merupakan gelandang muda milik Real Madrid. Meski sudah mulai mendapat kesempatan tampil bersama Los Blancos, kedua pemain masih minim pengalaman di level internasional.

Sementara dari posisi bek, Raphael Varane merupakan salah satu pemain belakang paling berpengaruh di Timnas Prancis dalam beberapa musim terakhir.

Melihat nama-nama terkini, banyak pemain yang bisa menggantikan posisinya seperti Jules Kounde (Barcelona), William Saliba (Arsenal) atau Dayot Upamecano (Bayern Munich). Namun secara pengalaman, sepertinya tak ada yang benar-benar mampu menggantikan sosok Varane.

Untuk posisi kiper, Didier Deschamps mungkin bisa bernapas lega. Meski kehilangan Maignan adalah pukulan telak, dia masih bisa mengandalkan nama-nama besar lain seperti Hugo Lloris hingga Alphonse Areola.

Selain masalah cedera, Timnas Prancis juga tengah mengalami penurunan performa. Di UEFA Nations League 2022-2023, mereka cuma meraih satu kemenangan dalam enam laga Grup A1.

Mereka nyaris terdegradasi ke Grup B sebelum finis di peringkat ketiga Grup A1 dan dipastikan gagal melaju ke babak empat besar UEFA Nations League 2022-2023.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas Prancis tergabung dalam Grup D. Mereka akan bersaing untuk lolos ke fase knock-out dengan Australia, Denmark dan Tunisia.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini