Profil Yoshimi Yamashita, Wasit Perempuan Asal Jepang di Piala Dunia 2022

Yoshimi Yamashita jadi salah satu wasit berprestasi di Asia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 19 Oktober 2022 | 22:00 WIB
Wasit wanita asal Jepang, Yoshimi Yamashita. (AFP)

Wasit wanita asal Jepang, Yoshimi Yamashita. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Yoshimi Yamashita, wasit perempuan asal Jepang yang akan memimpin pertandingan-pertandingan di Piala Dunia 2022.

FIFA membuat gebrakan untuk Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar. Salah satu gebrakannya adalah menghadirkan wasit wanita di ajang empat tahunan itu.

Induk sepak bola dunia tersebut menunjuk setidaknya 36 wasit dari berbagai negara untuk memimpin Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Media Vietnam Sindir Thailand Tersingkir Menyakitkan usai Gagal ke Piala Asia U-20 2023

Tak disangka, tiga di antara 36 wasit yang ditunjuk oleh FIFA itu merupakan wasit wanita, yakni Stephanie Frappart, Salima Mukansanga, dan Yoshimi Yamashita

Untuk Stephanie Frappart sendiri, ia dikenal sebagai wasit wanita yang sudah malang melintang di sepak bola Eropa dan dunia.

Wanita asal Prancis itu pernah memimpin ajang-ajang bergengsi. Sebut saja Liga Champions, UEFA Super Cup, Kualifikasi Piala Dunia 2022, dan Ligue 1 Prancis.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Manchester United vs Tottenham, Liverpool vs West Ham

Sedangkan Salima Mukansanga merupakan wasit asal Rwanda yang memiliki nama besar di kancah sepak bola Afrika.

Diketahui, Mukansanga pernah memimpin Piala Afrika, Liga Champions Afrika, dan bahkan memimpin laga di Olimpiade 2020 Tokyo.

Sedangkan nama satunya adalah Yoshimi Yamashita. Ia sendiri merupakan wasit wanita asal Jepang yang ditunjuk FIFA untuk Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga: Klasemen Akhir Runner Up Grup Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Thailand Gagal Lolos, Duduki Posisi Enam

Lantas, siapakah sosok Yoshimi Yamashita itu? Berikut profilnya.

Pencetak Rekor di Sepak Bola Asia

Yoshimi Yamashita merupakan wasit wanita asal Jepang. Ia sendiri lahir di Tokyo pada 20 Februari 1986 atau 36 tahun silam.

Baca Juga: Masuk Pot 3 Piala Asia U-20 2023, Vietnam Ketar-ketir Jumpa Tim Kuat

Tak banyak referensi mengenai kariernya di dunia wasit. Namun, Yamashita punya rekam jejak mentereng sebagai pengadil lapangan.

Yamashita pertama kali masuk menjadi anggota wasit FIFA pada 2015. Hal tersebut membuatnya mulai berkiprah sebagai wasit di kancah domestik.

Diketahui, Yamashita sudah memimpin pertandingan di kancah domestik atau Jepang dengan memimpin laga-laga di J3 League atau kasta ketiga pada 2021.

Lalu pada 2022 ini, Yamashita naik kasta dan mulai dipercaya untuk memimpin pertandingan-pertandingan di J1 League dan J2 League.

Di kancah internasional, Yamashita yang telah mengantongi lisensi FIFA pun mulai dipercaya untuk memimpin laga-laga internasional.

Bersama Stephanie Frappart, Yamashita ditunjuk oleh FIFA sebagai wasit Piala Dunia Wanita 2019 yang berlangsung di Prancis.

Setahun kemudian, ia dipilih oleh FIFA kembali untuk memimpin pertandingan di sepak bola pada Olimpiade 2020 Tokyo.

Namun pencapaian terbaik Yamashita baru terjadi di tahun 2022 ini. Sebab, ia berhasil menjadi wasit wanita pertama di ajang Liga Champions Asia.

Saat itu, Yamashita terpilih sebagai wasit di Liga Champions Asia kala Melbourne City berhadapan dengan Chunnam Dragons.

Usai memimpin ajang Liga Champions Asia, Yamashita kemudian terpilih sebagai salah satu wasit wanita untuk Piala Dunia 2022 Qatar. 

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak