Profil Pele, Pencetak Gol Termuda di Piala Dunia yang Jadi Legenda

Rkor yang dibuat Pele ini belum terpecahkan sama sekali hingga kini.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 15 Oktober 2022 | 22:00 WIB
Pemain legendaris asal Brasil, Pele [AFP]

Pemain legendaris asal Brasil, Pele [AFP]

Bolatimes.com - Legenda sepak bola Brasil, Pele merupakan pemain termuda yang mencetak gol di Piala Dunia. Hingga kini, rekornya belum ada bisa menyaingi.

Sukar bagi seorang pemain muda mampu menembus tim senior yang berlaga di Piala Dunia. Maklum saja, kebanyakan setiap tim di ajang ini lebih memilih pemain berpengalaman.

Pemain berpengalaman lebih dipilih ketimbang pemain muda dikarenakan tingginya tensi dan tekanan di setiap laga Piala Dunia.

Meski demikian, ada beberapa tim yang tetap mengandalkan para pemain muda di ajang empat tahunan tersebut. Bahkan, para pemain muda yang diturunkan mampu mencetak rekor prestisius.

Salah satunya adalah legenda sepak bola Brasil, Pele. Pemain bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini telah dibawa tim Samba ke Piala Dunia 1958 di usia yang baru 17 tahun.

Bahkan, Pele mampu membayar kepercayaan sang pelatih yang membawanya ke Piala Dunia 1958 dengan mencetak gol pertamanya di ajang tersebut saat Brasil menghadapi Wales di perempat final.

tersebut dicetak Pele pada usia yang baru 17 tahun 239 hari. Alhasil, ia menjadi pemain termuda sepanjang sejarah yang berhasil mencetak gol di Piala Dunia.

Saking hebatnya, rekor yang dibuat Pele ini belum terpecahkan sama sekali hingga Piala Dunia 2022 berada di depan mata.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari pencetak gol termuda Piala Dunia sekaligus legenda sepak bola asal Brasil, Pele.

Profil Pele

Pele merupakan legenda sepak bola Brasil yang lahir pada 23 Oktober 1940. Ia merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang.

Namanya sendiri sudah melejit di awal-awal kariernya, tepatnya di usia yang baru 15 tahun. Di usia tersebut, ia telah masuk tim utama Santos usai lolos trial dan meneken kontrak profesional.

Karena telah menembus tim utama di usia 15 tahun, media lokal Brasil pun melabelinya sebagai pemain bintang masa depan.

Ramalan itu pun seakan menjadi kenyataan usai Pele berhasil menjadi top skor Liga Brasil di usia yang baru 16 tahun.

Hal tersebut lantas membuatnya dipanggil ke Timnas Brasil, di mana Pele mampu menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Selecao saat mencetak gol di usia 16 tahun 9 bulan saat menghadapi Argentina.

Kiprah apiknya lantas membuat Pele dibawa ke Piala Dunia 1958. Sayangnya, ia berangkat ke Swedia dalam kondisi cedera lutut kala itu.

Pele pun melewati beberapa laga sebelum akhirnya melakoni debut di Piala Dunia saat melawan USSR di laga ketiga ronde pertama.

Di laga perdananya di Piala Dunia itu, Pele mampu mencetak assist. Sedangkan gol pertamanya baru dibuat di laga melawan Wales di babak perempat final Piala Dunia 1958 di usia yang baru 17 tahun 239 hari.

Catatan itu makin dipercantik dengan Hattrick-nya di semifinal kala melawan Prancis dan Brace-nya di final kala melawan Swedia.

Sehingga, Pele pun menjadi pemain termuda yang berhasil menggondol gelar Piala Dunia sepanjang sejarah ajang ini.

Kematangan Pele sebagai pemain pun berlanjut dengan keberhasilannya membawa Brasil meraih titel Piala Dunia pada 1962 dan 1970.

Adapun selama membela Brasil, Pele telah mencatatkan 92 penampilan di mana dirinya mampu mencetak 77 gol yang membuatnya berhasil menjadi top skor sepanjang masa Selecao.

Sedangkan di level klub, Pele diketahui hanya bermain di dua klub saja, yakni Santos dan New York Cosmos, kendati banyak tawaran yang datang dari Eropa saat itu.

Di dua klub tersebut, Pele diketahui mampu mencetak 618 gol dari 636 pertandingan bersama Santos dan mencetak 37 gol bersama New York Cosmos dari 64 pertandingan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak