Piala Dunia 2022 Sah Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarah, Segini Uang yang Digelontorkan Pemerintah Qatar

Piala Dunia 2022 menjadi gelaran termahal sepanjang sejarah, nilainya fantastis.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 14 Oktober 2022 | 15:52 WIB
Stadion Al-Janoub untuk Piala Dunia 2022 Qatar. (Twitter)

Stadion Al-Janoub untuk Piala Dunia 2022 Qatar. (Twitter)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 sah menjadi yang termahal sepanjang sejarah ajang ini digelar. Kira-kira, berapa uang yang dikeluarkan pemerintah Qatar untuk menggelar hajat ini di negaranya?

Dalam waktu dekat, jagat sepak bola dunia akan menyambut ajang sakral di olahraga satu ini, yakni Piala Dunia 2022.

Ajang empat tahunan tersebut menjadi ajang paling sakral di dunia sepak bola menyusul gengsi serta penyelenggaraannya yang tak dihelat setiap tahun.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, TGIPF: Pengurus PSSI Harus Tanggung Jawab

Piala Dunia dianggap sebagai ajang bergengsi karena akan mempertemukan seluruh negara di dunia untuk berkompetisi satu sama lain.

Selain itu, Piala Dunia sendiri digelar empat tahun sekali, alias penyelenggaraannya membutuhkan waktu sehingga menambah daya tarik bagi para penonton.

Berbicara mengenai waktu penyelenggaraan Piala Dunia, penyelenggaraan yang dihelat empat tahun sekali itu bukan hanya memberikan waktu bagi tim untuk mempersiapkan diri.

Baca Juga: Jadwal Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Penentuan Nasib Thailand Lolos dan Tidak

Di sisi lain, penyelenggaraan yang empat tahun sekali ini juga memberikan waktu bagi tuan rumah untuk mempersiapkan fasilitas dan infrastruktur guna menghelat ajang ini.

Sejak digelar pada tahun 1930 lalu, FIFA selaku penyelenggara selalu menunjuk satu negara sebagai tuan rumah penyelenggaraan, di mana belakangan negara yang terpilih berdasarkan hasil voting.

Untuk edisi 2022 ini, FIFA bersama anggota Komite Eksekutifnya sepakat menunjuk Qatar sebagai tuan rumah pada tahun 2010 silam.

Baca Juga: Daftar Piala Dunia Termahal dari Masa ke Masa, Terkini Qatar

Sehingga sejak ditunjuk sebagai tuan rumah itu, Qatar pun melakukan pembangunan berupa fasilitas umum dan infrastruktur untuk menggelar Piala Dunia 2022.

Dilaporkan, Qatar bahkan harus menggelontorkan dana besar untuk melakukan pembangunan fasilitas dan infrastruktur tersebut.

Kira-kira, berapa dana yang harus dikeluarkan oleh Qatar untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022 di negaranya?

Baca Juga: Bali United Beruntung Punya Pelatih Kiper Ini, Dapat Ilmu Langsung dari Legenda Real Madrid

Menyentuh Ribuan Triliun

Dilansir dari berbagai sumber, untuk menggelar Piala Dunia 2022 di negaranya, Qatar harus mengeluarkan dana fantastis yang mencapai ribuan triliun rupiah.

Disebutkan, Qatar harus menggelontorkan dana sebesar 220 miliar dolar AS atau setara dengan Rp3 ribu triliun lebih atau tepatnya Rp3.344 triliun!

Karena besarnya dana yang digelontorkan tersebut, Qatar pun membuat Piala Dunia 2022 menjadi Piala Dunia termahal sepanjang sejarah.

Sebagai perbandingan, Rusia selaku tuan rumah Piala Dunia 2018 lalu hanya menggelontorkan dana 11,6 miliar dolar AS (Rp178 triliun).

Sedangkan Brasil selaku tuan rumah Piala Dunia 2014 hanya mengeluarkan dana sebesar 15 miliar dolar AS atau setara Rp231 triliun.

Diyakini dana hingga ribuan triliun rupiah yang dikeluarkan Qatar itu dikeluarkan untuk membangun infrastruktur dan fasilitas mewah guna Piala Dunia 2022.

Pasalnya, Qatar menjadi negara kedua di Asia yang menjadi tuan rumah setelah Jepang-Korea Selatan pada Piala Dunia 2002 lalu.

Apalagi Piala Dunia 2022 ini akan diselenggarakan di waktu yang berbeda, yakni pada November hingga Desember atau pada musim dingin agar para pemain tak merasa kepanasan di Qatar.

Karenanya, Qatar pun membangun fasilitas dan infrastruktur kelas wahid agar para ofisial, pemain, dan penonton yang datang bisa merasa nyaman dengan iklim dan suasana di negara Timur Tengah itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak