Boladunia

Mengenal Nuvo Hamburgo, Kota Kelahiran Kiper Andalan Timnas Brasil yang Dipenuhi Keturunan Jerman

Nuvo Hamburgo adalah kota kelahiran kiper Brasil keturunan Jerman, Alisson Becker.

Rauhanda Riyantama

Kiper Liverpool, Alisson Becker saat melawan Napoli pada babak grup Liga Champions 2018 (12/12/2018) (AFP)
Kiper Liverpool, Alisson Becker saat melawan Napoli pada babak grup Liga Champions 2018 (12/12/2018) (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal wilayah Nuvo Hamburgo, kota kelahiran Alisson Becker yang dipenuhi keturunan Jerman dan kerap menjadi penyumbang pemain hebat di Timnas Brasil.

Nama Alisson Becker dalam beberapa tahun terakhir selalu masuk dalam perdebatan kiper terbaik di dunia sepak bola saat ini.

Hal ini tak lepas dari sepak terjangnya bersama Liverpool, yang mampu meraih gelar-gelar bergengsi dalam tiga tahun terakhir.

Tak hanya di Liverpool, Alisson Becker juga mampu memberikan prestasi ke tim nasionalnya, yakni Brasil dengan meraih gelar Copa America pada 2019 lalu.

kehebatan Alisson sebagai penjaga gawang sejatinya sudah tersiar sejak dirinya membela AS Roma pada 2016 silam.

Pindah dari tim Brasil, Internacional, ke AS Roma di usia 23 tahun, Alisson mampu menggeser posisi Wojciech Szczesny sebagai penjaga gawang utama Giallorossi.

Saat namanya melambung kala diboyong Liverpool dengan status kiper termahal di dunia, beberapa fakta mengenai sosok Alisson Becker pun terkuak, termasuk dari namanya yang terkesan ‘Jerman’ ketimbang ‘Brasil’.

Siapa sangka, Alisson ternyata memang memiliki darah Jerman dari kakek moyangnya yakni Nikolaus Becker yang menetap di Brasil.

Bahkan, kakek moyangnya itu menjadi sosok di balik hadirnya sebuah wilayah bernama Nuvo Hamburgo yang menjadi tempat banyaknya keturunan Jerman seperti Alisson di Brasil.

Lantas, seperti apa wilayah Nuvo Hamburgo tersebut? Bagaimana kisahnya wilayah ini justru menjadi kantong orang-orang berdarah Jerman di Brasil seperti Alisson Becker?

Tempat Lahirnya Alisson Becker

Nuvo Hamburgo merupakan wilayah tempat kelahiran Alisson Becker. Dirinya merupakan salah satu orang Jerman yang ada di Brasil jika melihat sejarahnya yang lahir di Nuvo Hamburgo pada 1992 silam.

Wilayah Nuvo Hamburgo yang menjadi tempat kelahiran Alisson, dulunya merupakan wilayah yang ditemukan kakek moyang Alisson, yakni Nikolaus Becker pada abad ke-18.

Saat itu, Nikolaus menemukan wilayah ini kala ia dan rekan-rekannya dari Jerman memutuskan pindah ke Brasil untuk mencari kehidupan yang baru.

Dari namanya saja, wilayah ini sejatinya sudah identik dengan Jerman. Nuvo Hamburgo jika diartikan secara harfiah, memiliki arti ‘Hamburg Baru’ yang merujuk pada kota Hamburg di Jerman.

Di awal kehadiran wilayah ini, Nuvo Hamburgo dikenal sebagai wilayah spesialis penghasil kulit dan pelana untuk berkuda.

Nuvo Hamburgo sendiri terletak di ujung selatan Brasil. Menurut data yang ada, wilayah ini dihuni oleh 251 ribu penduduk jiwa.

Siapa sangka dari wilayah yang dikenal sebagai penghasil kulit ini, Alisson mampu menembus pentas sepak bola dunia dan terpilih sebagai penjaga gawang terbaik dunia pada 2019 silam.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini