Boladunia

5 Pemain Termuda yang Mentas di Piala Dunia, Salah Satunya Langsung Persembahkan Gelar

Berikut 5 pemain termuda sepanjang sejarah yang pernah mentah di panggung Piala Dunia.

Rauhanda Riyantama

Pemain legendaris asal Brasil, Pele [AFP]
Pemain legendaris asal Brasil, Pele [AFP]

Bolatimes.com - Berikut lima pemain termuda yang pernah unjuk gigi di Piala Dunia, di mana salah satunya mampu mencetak Brace di final dan membawa timnya meraih gelar juara.

Piala Dunia merupakan ajang paling bergengsi di jagat sepak bola. Maklum saja, ajang ini hanya digelar empat tahun sekali dan mempertemukan seluruh tim kuat dari berbagai belahan dunia.

Karena gengsi yang dimiliki, banyak tim-tim yang berpartisipasi di Piala Dunia mengandalkan para pemain berpengalaman.

Para pemain berpengalaman ini biasanya para pemain yang sudah malang melintang di level teratas bersama klubnya.

Dipilihnya para pemain pengalaman ini oleh tim-tim yang berpartisipasi, tak lepas dari besarnya tekanan yang hadir sepanjang gelaran Piala Dunia.

Besarnya tekanan ini dirasa hanya mampu diatasi oleh pemain yang telah mengenyam asam garam di dunia sepak bola dalam kariernya.

Maka tak mengherankan jika banyak pemain berusia di atas 30 tahun yang menjadi andalan bagi negaranya di ajang-ajang Piala Dunia.

Meski begitu, ada pula beberapa negara yang juga mengandalkan para pemain muda untuk bertarung di ajang sekelas Piala Dunia.

Tak tanggung-tanggung, ada negara yang sempat memainkan pemain yang baru berusia 17 tahun dan bahkan pemain tersebut bisa menjadi penentu juara bagi timnya.

Lantas, siapa saja para pemain termuda yang pernah mentas sepanjang sejarah Piala Dunia? Berikut daftarnya.

5. Pele (Brasil)

Tak ada yang meragukan kapasitas Pele sebagai legenda sepak bola. Namanya abadi karena prestasinya baik di level klub maupun tim nasional.

Salah satu prestasinya adalah saat menjadi debutan termuda pertama di Piala Dunia, di mana ia tampil di Piala Dunia 1958 Swedia bersama Brasil di usia 17 tahun 249 hari.

Hebatnya lagi, di usia yang baru 17 tahun itu Pele mampu membawa Brasil meraih gelar juara Piala Dunia 1958, di mana dirinya mencetak dua gol di final melawan Swedia dengan skor 5-2.

4. Salomon Olembe (Kamerun)

Gelaran Piala Dunia 1998 banyak menghadirkan para pemain muda, salah satunya adalah Salomon Olembe yang tampil bersama Kamerun.

Di ajang Piala Dunia yang digelar di Prancis itu, Olembe sempat bermain bagi Kamerun dan melakoni debutnya di usia 17 tahun 184 hari.

Saat itu, Olembe masuk dalam daftar pemain termuda di Piala Dunia usai masuk sebagai pemain pengganti bagi Kamerun di menit ke-65 kala melawan Austria di babak grup.

3. Femi Opabunmi (Nigeria)

Di Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang, sejarah pun tercipta saat Femi Opabunmi menjadi salah satu pemain termuda di Piala Dunia.

Femi Opabunmi tampil di Piala Dunia 2002 bersama Nigeria di usia yang baru 17 tahun 100 hari, saat berhadapan dengan Inggris di laga terakhir babak grup.

Berbeda dengan Salomon Olembe yang masuk sebagai pemain pengganti, Opabunmi justru tampil sebagai starter dan bermain selama 86 menit bagi Nigeria di laga kontra Inggris.

2. Samuel Eto'o (Kamerun)

Legenda Barcelona dan Inter Milan, Samuel Eto'o juga masuk daftar ini saat dirinya ambil bagian di skuad Kamerun untuk Piala Dunia 1998.

Berbeda dengan Olembe yang bermain bagi Kamerun di laga pertama grup melawan Austria, Eto'o tampil di Piala Dunia saat negaranya melakoni laga kedua babak grup melawan Italia.

Saat itu, Eto'o masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-66. Ia tampil di Piala Dunia 1998 saat masih berusia 17 tahun 98 hari.

1. Norman Whiteside (Irlandia Utara)

Status pemain termuda sepanjang sejarah Piala Dunia masih dipegang oleh Norman Whiteside saat tampil bersama Irlandia Utara.

Saat itu, Norman Whiteside mengukir rekor ini kala tampil di Piala Dunia 1982 bersama Irlandia Utara di usia yang baru 17 tahun 40 hari saja.

Hingga saat ini, rekor tersebut belum dipecahkan, dan bahkan disebut-sebut tak akan bisa dipecahkan mengingat besarnya tekanan yang ada bagi pemain yang tampil di Piala Dunia.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini