Boladunia

Fakta Menarik Benjamin Sesko, Striker Muda yang Dijuluki sebagai Penerus Erling Haaland

Masih 19 tahun, Benjamin Sesko menjelam jadi striker menakutkan hingga dijululi sebagai penerus Erling Haaland.

Rauhanda Riyantama

Striker RB Salzburg, Benjamin Sesko. (AFP)
Striker RB Salzburg, Benjamin Sesko. (AFP)

Bolatimes.com - Setelah harus gigit jari karena kehilangan sosok penyerang berkualitas seperti Erling Haaland pada medio 2020 silam, Red Bull Salzburg tampaknya sudah menemukan penggantinya dalam diri Benjamin Sesko.

Benjamin Sesko menjadi salah satu nama pemain RB Salzburg yang belakangan ini tengah naik daun. Striker asal Slovenia ini disebut-sebut sebagai penerus Erling Haaland.

Meskipun usianya baru menginjak 19 tahun, kualitas yang dimiliki Benjamin Sesko tampaknya tak perlu diragukan lagi. Bahkan, ia kabarnya tengah diincar sejumlah klub elite Liga Primer Inggris seperti Chelsea hingga Manchester United.

Sejauh ini, Benjamin Sesko sudah menghasilkan 22 gol dari 44 penampilannya selama menjalani masa peminjaman FC Liefering di ajang Austrian Second League

Berikut Bolatimes.com menyajikan fakta-fakta menarik Benjamin Sesko, pemain muda yang disebut-sebut sebagai penerus Erling Haaland.

1. Moncer sejak Usia Muda

Benjamin Sesko mengawali kiprah sepak bolanya bersama Redece, klub yang berbasis di kota kelahirannya, pada 2010-2013.

Setelah itu, dia sempat bergeser ke Rudar Trbovlje (2013-2014), Redece (2014-2016), Krsko (2016-2018), Domzale (2018-2019), hingga Red Bull Salzburg (2019-2020).

Bersama Krsko di kelompok usia U-15 dan U-17, Benjamin Sesko sukses menjadi sosok penyerang tajam dengan catatan 59 gol dari 23 pertandingannya.

2. Dijuluki The Next Haaland

Benjamin Sesko memiliki postur dan perawakan yang tinggi menjulang. Insting mencetak golnya yang cukup tajam juga tak jarang membuatnya dibanding-bandingkan dengan sosok Erling Haaland.

Sebab, ada sejumlah catatan yang menarik di balik julukan The Next Erling Haaland tersebut. Salah satunya yakni dia menjadi pencetak gol termuda untuk timnas Slovenia.

Pada usianya yang ke-18 tahun, empat bulan, dan delapan hari, Benjamin Sesko sukses mencatatkan gol debut internasionalnya pada laga Slovenia melawan Malta.

Sejauh ini, dari total 15 penampilannya bersama timnas Slovenia, dia sudah menyumbangkan total empat gol di berbagai ajang.

3. Disebut Lebih Baik Ketimbang Haaland

Benjamin Sesko pernah mengakui bahwa rekan setimnya menyebut dirinya mirip dengan Haaland. Hal ini karena kedua pemain tersebut punya kecepatan meski postur tubuhnya tinggi.

Bahkan, Sesko mengakui bahwa ada banyak rekan-rekannya tersebut yang mengakui dirinya lebih baik ketimbang striker Manchester City itu.

“Rekan satu tim saya di klub memberi tahu saya bahwa Haaland dan saya sangat mirip, terutama dalam hal kecepatan,” kata Sesko.

“Sebagian besar dari mereka bahkan memberi tahu saya bahwa saya lebih baik darinya,” ia melanjutkan.

4. Pernah Tumbangkan Haaland di Pentas Internasional

Benjamin Sesko sebetulnya pernah berjumpa satu lapangan dengan Erling Haaland pada ajang UEFA Nations League B 2022-2023.

Pada pertemuan pertama, Sesko dan timnas Slovenia memang harus puas berbagi angka dengan Norwegia karena pertandingan berakhir dengan skor kacamata.

Namun, pada pertandingan kedua, Benjamin Sesko sukses merebut sorot panggung ketika itu. Sebab, satu gol dan satu assistnya membawa Slovenia menang 2-1 atas Erling Haaland dkk.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini