Boladunia

Masalah Keuangan, Alasan Timor Leste Mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Timor Leste bernasib pilu.

Husna Rahmayunita

Timor Leste saat membantai Brunei di Piala AFF U-16 2022. (Twitter/@AFFPress)
Timor Leste saat membantai Brunei di Piala AFF U-16 2022. (Twitter/@AFFPress)

Bolatimes.com - Timnas Timor Leste memutuskan untuk mundur dari gelaran Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Masalah keuangan disebut jadi alasan keputusan tersebut.

Diketahui, Timor Leste U-16 tergabung dalam Grup H Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bersama Tajikistan, Mongolia dan Afghanistan. Keempat tim akan memulai babak fase grup pada 5 Oktober 2022 di Tajikistan.

Tetapi jelang turnamen, keputusan besar diambil oleh Timor Leste. Tim Matahari Terbit memutuskan untuk mundur. Hal itu diumumkan oleh akun resmi @theaseanfootball, Sabtu (1/10/2022).

"AFC telah mengkonfirmasi bahwa Timor Leste U-16 mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2023," tulis akun tersebut seperti dikutip Bolatimes.com.

Masalah finansial disebut jadi alasan di balik keputusan Timor Leste mundur. Lantaran terjerat utang, Timor Leste tak bisa mengirim pasukannya ke Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

"Timor Leste U-16 mundur karena masalah pendanaan, di mana banyak pemain yang saat bermain untuk timnas negara ini terlilit utang," imbuhnya.

Masalah finansial bukan kali pertama menerpa Timor Leste. Sebelumnya, mereka bahkan harus kehilangan pelatih timnas senior Fabio Magrao.

Fabio Magrao mundur dari jabatan pelatih Timnas Timor Leste jelang playoff Piala AFF 2022 pada awal September lalu.

Keputusan Fabio memutuskan kontrak dengan Timor Leste karena ia mengaku gajinya tak dibayar selama lima bulan, walau tak mengungkap berapa nominalnya,

Tak hanya Fabio Magrao, asistennya Silas Paixao juga mengambil langkah sama, mundur dari timnas Timor Leste.

Berita Terkait

Berita Terkini