Boladunia

Kualitas Liga Indonesia Disindir, Seberapa Hebat Kualitas Timnas Republik Ceko?

Belum lama ini, kualitas Liga Indonesia disebut rapuh oleh pelatih Timnas Republik Ceko

Irwan Febri Rialdi

Bek Persija, Ondrej Kudela bersama Timnas Republik Ceko (Instagram/ceskarepre)
Bek Persija, Ondrej Kudela bersama Timnas Republik Ceko (Instagram/ceskarepre)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Republik Ceko, Jeroslav Slihavy, sempat memberikan pembelaannya ketika memainkan Ondrej Kudela yang bermain di kompetisi minim kualitas seperti Liga 1 Indonesia.

Hal itu dikatakan Jaroslav Silhavy seusai timnas Republik Ceko menghadapi Portugal pada pertandingan lanjutan UEFA Nations League 2022/2023 di Inobo, Praha, Minggu (25/9/2022) dini hari WIB.

Pada laga itu, pelatih timnas Republik Ceko memainkan Ondrej Judela ketika laga menginjak menit ke-22 karena Jakub Brabec tak bisa melanjutkan pertandingan akibat cedera.

Ondrej Kudela pada laga ini harus menghadapi sederet pemain bintang Portugal seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Bernardo Silva, dan Diogo Jota.

Dia tampak kepayahan mengawal pergerakan pemain Portugal. Dia juga dianggap bertanggung jawab atas gol pertama Portugal yang dicetak oleh Diogo Dalot.

Menurut pelatih timnas Ceko, menurunkan Kudela sebagai pemain pengganti adalah keputusan yang ia harus ambil karena bek Persija itu adalah satu pemain berpengalaman di skuad Ceko.

"Ondra (sapaan Kudela) kebetulan bermain di posisi itu, jadi ini pergantian yang logis," ucap Silhavy seperti dikutip dari laman resmi Timnas Ceko.

Pelatih berusia 60 tahun itu mengaku sadar kualitas Liga Indonesia di bawah standar Eropa. Namun demikian, ia tak menyesal memainkan Kudela.

"Harus diakui (kualitas) Liga Indonesia memang agak rapuh, tapi kita tahu Kudela seperti apa. Sekali lagi, itu adalah pergantian yang logis, tak ada penyesalan," sambung pelatih bergaya necis asli Ceko itu.

"Dia adalah pemain yang berpengalaman, dan terkadang sangat penting mempunyai sosok pemain berpengalaman di posisi itu," lanjutnya.

Mengukur Sejauh Mana Kehebatan dan Kualitas Timnas Ceko

Jika melihat kiprahnya di ajang UEFA Nations League A 2022/2023, sebetulnya kiprah yang dicatatkan oleh timnas Republik Ceko tak bisa dikatakan apik.

Sebab, mereka justru menjadi bulan-bulanan para pesaingnya di Grup 2, yakni Portugal, Spanyol, dan Swiss.

Dari total enam pertandingan yang sejauh ini telah tersaji, timnas Republik Ceko tercatat sudah menelan empat kekalahan. Satu laga lain berakhir imbang dan satu lainnya berujung kemenangan.

Bahkan, catatan golnya sangat miris. Mereka hanya bisa mencetak lima gol, tetapi sudah kebobolan 13 gol dari enam pertandingan itu.

Ini menjadi catatan terburuk dika dibandingkan 16 kontestan yang bersaing di UEFA Nations League A 2022/2023.

Dengan hasil ini, timnas Republik Ceko harus puas berada di posisi juru kunci Grup 2 UEFA Nations League A 2022/2023 dengan koleksi empat poin dari enam laga.

Gagal Lolos Piala Dunia 2022

Selain kiprahnya yang tak hebat-hebat amat di UEFA Nations League A 2022/2023, timnas Republik Ceko ternyata juga tak mampu lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Terkuburnya impian Ceko untuk tampil di Piala Dunia 2022 terjadi akibat kekalahan tipis dari Swedia dengan skor 0-1 pada fase play-off Piala Dunia 2022.

Ketika itu, satu-satunya gol telat Swedia dicetak oleh Robin Quaison pada menit ke-110. Hasil ini membuat mereka gagal berpartisipasi untuk kesekian kalinya.

Sebab, kali terakhir timnas Republik Ceko tampil di Piala Dunia ialah pada edisi 2006. Ketika itu, mereka masih diperkuat sejumlah pemain-pemain bintang seperti Jan Koller dan Pavel Nedved.

Pada fase Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, sebetulnya Ceko hanya bisa mengakhiri persaingan di peringkat ketiga Grup E. Dari total delapan laga, mereka menang empat kali, meraih dua imbang dan dua kekalahan.

Atas hasil itu, Ceko mengumpulkan 14 poin dan baru bisa melanjutkan persaingan via babak kedua Nations League. Pada momen inilah langkahnya terhenti karena kalah dari Swedia.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini