Boladunia

Kisah Vegard Heggem, Eks Liverpool yang Banting Stir Buka Usaha Pemancingan Ikan

Berawal dari hobi, Vegard Heggem pilih ini.

Husna Rahmayunita

Eks pemain Liverpool Vegard Heggem (paling kiri) dan rekannya Steve Staunton. (DAVE KENDALL / PRESS ASSOCIATION / AFP)
Eks pemain Liverpool Vegard Heggem (paling kiri) dan rekannya Steve Staunton. (DAVE KENDALL / PRESS ASSOCIATION / AFP)

Bolatimes.com - Vegard Heggem termasuk salah satu mantan pemain Liverpool yang banting stir ke profesi lain. Ia memilih untuk membuka usaha pemancingan ikan salmon usai pensiun dari sepak boa.

Karier sebagai pemain sepak bola merupakan karier yang terbilang singkat. Rata-rata, pemain sepak bola hanya melakoni kariernya selama kurang dari 20 tahun.

Karenanya, seorang pesepak bola terkadang telah menyiapkan masa depannya usai gantung sepatu. Ada yang tetap berkarier di sepak bola sebagai pelatih, ada pula yang menggeluti dunia bisnis.

Berbicara soal pemain yang terjun di dunia bisnis, banyak pesepak bola yang melakoni bisnisnya di luar kariernya sebagai pesepak bola.

Salah satunya adalah mantan pemain Liverpool, Vegard Heggem. Usai gantung sepatu, ia memilih menjalani bisnis pemancingan ikan.

Pemain yang membela Liverpool di awal 2000 an itu, memilih melakoni bisnis ini usai kariernya di sepak bola tak berjalan mulus.

Sebagai informasi, Vegard Heggem mengawali kiprah sejak 1995 di klub Rosenborg. Pada 1998, ia diboyong oleh Liverpool.

Namun kariernya hanya bertahan lima tahun saja atau hingga musim panas 2003. Di usia 27 tahun, dirinya memutuskan gantung sepatu.

Alasan ia gantung sepatu lebih cepat karena cedera. Hal inilah yang kemudian membuatnya bergelut di bidang lain untuk menghidupi dirinya sendiri.

Siapa sangka, Vegard Heggem memilih bergelut di dunia usaha, di mana ia membuka pemancingan ikan untuk sumber penghasilannya.

Lantas, bagaimana kisah Vegard Heggem hingga membuka pemancingan ikan usai membawa Liverpool menjuarai Piala UEFA pada musim 2000/2001?

Berawal dari Hobi

Vegard Heggem menjalani kariernya sepak bolanya dengan baik. Usai promosi ke tim utama Rosenborg pada 1995, dirinya kemudian diboyong Liverpool pada 1998.

Di dua musim pertamanya bersama Liverpool, Vegard Heggem tampil reguler. Ia mampu mencetak 61 penampilan bersama The Reds.

Namun cedera membuat kariernya bersama Liverpool terhambat. Sejak saat itu, dirinya mulai jarang bermain dan jarang jadi pilihan para pelatih The Anfield Gank.

Keputusan berat pun diambilnya di usia 27 tahun, di mana Vegard Heggem memutuskan pensiun usai membela Liverpool pada musim 2002/2023.

Usai pensiun, Vegard Heggem memilih menjauhi dunia sepak bola. Namun, ia juga butuh pemasukan untuk kehidupannya di masa-masa mendatang.

Karenanya ia membuka pemancingan ikan. Alasan membuka pemancingan ikan pun tak lepas dari hobinya yang ternyata gemar memancing ikan salmon.

“Ketika saya pindah, saya mulai berpikir tentang apa yang harus dilakukan saat karier sepak bola saya berakhir,” buka Vegard Heggem dilansir dari laman Liverpool FC.

“Saya memiliki hobi memancing, khususnya memancing ikan salmon, jadi ide untuk membuka pemancingan ikan merupakan ide yang bagus,” lanjutnya.

Karena ide tersebut, Vegard Heggem pun kemudian pulang ke rumahnya di Norwegia, tepatnya di Trondheim, di mana ia membuka pemancingan ikan.

Bagi Vegard Heggem, membuka pemancingan ikan yang jauh berbeda dari kariernya sebagai pesepak bola bukanlah sesuatu yang ia sesali.

Ia justru bersyukur, di mana pemancingan ikan yang ia miliki menjadi tempat tujuan para pemancing di seluruh dunia yang ingin berburu salmon atlantik.

Karenanya, ia menyebut bisnisnya kali ini sebagai pekerjaan yang menyenangkan dan tepat baginya, usai karier sepak bolanya terhenti.

“Saya tidak bisa membayangkan pekerjaan yang lebih baik dari saat ini (membuka pemancingan ikan) dan menjadi tujuan para pemancing dari seluruh dunia yang ingin berburu salmon atlantik,” pungkasnya.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini