Boladunia

Profil Sam San Gil, Pelatih Guam U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Lisensinya Baru B AFC?

Sam San Gil bakal memimpin timnas Guam U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Guam U-16, Sam San Gil, memberi instruksi dalam sesi latihan jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Dok. Guam FA)
Pelatih Timnas Guam U-16, Sam San Gil, memberi instruksi dalam sesi latihan jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Dok. Guam FA)

Bolatimes.com - Sam San Gil bakal memimpin timnas Guam U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Guam tergabung di Grup B yang notabene tim berat.

Negara kepulauan kecil di samudera pasifik ini akan bersaing dengan Malaysia, Palestina, Uni Emirat Arab, dan tuan rumah Indonesia.

Rencananya ajang ini digelar serentak mulai 1 hingga 9 Oktober 2022. Semua pertandingan akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kab. Bogor.

Guam sendiri akan melakoni laga perdananya di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan menghadapi Timnas Indonesia, Senin (3/10/2022).

Lantas, siapa sebetulnya Sam San Gil ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Pelatih Guam U-16, Sam San Gil 

Tidak banyak informasi yang bisa didapatkan dari Sam San Gil. Namun dari informasi yang didapatkan dari Federasi Sepak Bola Guam (GFA), Sam San Gil memegang lisensi pelatih AFC B.

Sam San Gil ditunjuk sebagai pelatih kepala Guam U-17 pada Juni lalu. Sebelumnya dia menjabat sebagai Director of Football Event untuk GFA.

Sebelum menjadi pelatih Guam U-17, Sam San Gil punya pengalaman melatih di berbagai level usia. Dia sempat menjadi pelatih tim sepak bola putri di SMA Notre Dame.

Sam San Gil juga berpengalaman menangani berbagai timnas kelompok usia Guam, baik putra maupun putri, sejak 2006 sebagai pelatih dan asisten pelatih.

Belum banyak catatan pertandingan Sam San Gil bersama Guam U-17. Sam San Gil tercatat baru memimpin di ajang 2022 Surf Cup yang berlangsung di San Diego, California, Amerika Serikat.

Akan tetapi, Guam lagi-lagi tidak mampu berbuat banyak. Guam U-17 hanya mampu meraih satu kemenangan dari tiga laga yang dijalani, dengan mencetak 4 gol dan kebobolan 10 gol.

Meski begitu, Sam San Gil menilai ajang ini menjadi momen yang pas untuk menguji kesiapan Guam U-17 untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Indonesia.

"Grup ini khususnya tidak memiliki turnamen internasional atau banyak pertandingan tingkat tinggi dalam lebih dari dua tahun, sebagian besar karena pandemi COVID-19," kata Sam San Gil, dilansir dari The Guam Daily Post.

“Kami tahu kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan menjelang Kualifikasi Piala Asia AFC U17 pada bulan Oktober, tetapi saya memuji para pemain atas tekad dan motivasi mereka untuk sukses bersama di kedua turnamen musim panas ini," tuturnya menutup.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini