Boladunia

Profil Juninho Bacuna, Bintang Timnas Curacao yang Dihujat Netizen Indonesia karena Main Kasar

Juninho Bacuna bermain begitu kasar hingga mendapat dua kartu kuning. Tak berhenti di situ, dia juga memprovokasi suporter hingga dilempari botol

Irwan Febri Rialdi

Bintang Timnas Curacao, Juninho Bacuna. (Instagram/@jbacuna07)
Bintang Timnas Curacao, Juninho Bacuna. (Instagram/@jbacuna07)

Bolatimes.com - Bintang Timnas Curacao, Juninho Bacuna, digeruduk puluhan ribu netizen setelah bermain kasar hingga membuatnya dikartu merah dalam laga melawan Timnas Indonesia.

Timnas Curacao bermain keras ketika melawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday kedua di Stadion Pakansari, Selasa (27/9/2022). Salah satu pemain yang keras adalah Juninho Bacuna.

Pemain yang berkarier di Liga Inggris bersama Birmingham City itu beberapa kali melakukan pelanggaran yang keras, hingga berujung dua kartu kuning dan diusir ke luar lapangan pada menit ke-80.

Juninho Bacuna sempat tak puas dengan keputusan wasit dengan menedang bola ke arah tribune suporter dan berakibat kemarahan pendukung dengan dilempari botol.

Kemarahan publik sepak bola pun masih berlanjut usai sang pemain meninggalkan lapangan. Tak butuh waktu lama, Instagram pemain 25 tahun itu digeruduk 26 ribu lebih netizen.

Merasa tak kuat dengan ucapan netizen, dirinya kemudian menutup kolom komentar per Rabu (28/9/2022) pagi WIB.

Lantas, siapa sebenarnya Juninho Bacuna?

Profil Juninho Bacuna

Pemain Birmingham City sekaligus Timnas Curacao, Juninho Bacuna. (Twitter)
Pemain Birmingham City sekaligus Timnas Curacao, Juninho Bacuna. (Twitter)

Juninho Bacuna adalah pesepak bola asal Curacao. Meski membela La Familia Azul, dirinya ternyata kelahiran Belanda, tepatnya di Groningen.

Juninho Bacuna sendiri lahir pada 7 Agustus 1997 di Groningen. Alhasil, karier sepak bolanya pun bermula dari tanah kelahirannya itu.

Ia mengawali karier di tim lokal bernama FC Lewenborg sebelum bergabung akademi FC Groningen pada 2005. Kemudian, karier Bacuna pun berlanjut hingga tim senior.

Debut profesionalnya bagi FC Groningen terjadi pada 2015 silam, di mana dirinya berhasil mengantarkan timnya meraih KNVB Cup musim 2014/2015 dan lolos Liga Europa 2015/2016.

Usai tiga tahun membela FC Groningen, Bacuna kemudian hijrah ke Liga Inggris dengan bergabung Huddersfield Town dengan kontrak tiga tahun.

Meski Huddersfield Town sempat turun kasta, Bacuna tetap bertahan dan memenuhi kontraknya hingga 2021, sebelum akhirnya dilepas ke Rangers FC.

Di Rangers FC karier Bacuna tak berjalan lama. Hanya 6 bulan setelah kepindahannya, ia kemudian dilepas kembali ke Inggris dan bergabung Birmingham City pada Januari 2022.

Dalam kariernya di level klub, Bacuna tercatat telah bermain sebanyak 210 pertandingan dengan mencetak 33 gol dan 29 assist.

Meski lahir di Belanda, Bacuna memutuskan untuk membela Curacao. Ia yang sempat bermain bagi tim kelompok umur De Oranje, memutuskan berganti kewarganegaraan pada 2019.

Selama membela Belanda di tim kelompok umur, Bacuna bermain bersama pemain-pemain bintang saat ini seperti Teun Koopmeiners dan Denzel Dumfries di tim U-20 dan tim U-21.

Sejak 2019 hingga saat ini, Bacuna telah tampil sebanyak 15 kali bagi Curacao dan berhasil menyumbang 2 gol dan 4 assist.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini