Boladunia

3 Negara Peringkat 50 FIFA yang Cocok Jadi Lawan Timnas Indonesia, Ada Qatar

Negara-negara ini ada di peringkat 50 FIFA. Namun, Timnas Indonesia masih punya peluang menang apabila berjumpa

Irwan Febri Rialdi

Timnas Qatar di Gold Cup CONCACAF 2021. (Dok. Qatar FA)
Timnas Qatar di Gold Cup CONCACAF 2021. (Dok. Qatar FA)

Bolatimes.com - Terdapat beberapa negara yang saat ini berada di ranking 50 besar FIFA yang dianggap cocok untuk menjadi lawan timnas Indonesia pada laga internasional.

Apabila timnas Indonesia mampu menghadapi tim-tim kuat yang berada di ranking 50 besar FIFA, maka peringkatnya akan terdongkrak secara signifikan jika nantinya sukses meraih kemenangan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Menurutnya, lawan-lawan kuat dibutuhkan Timnas Indonesia tak hanya untuk menaikkan ranking FIFA, tetapi juga kemampuan dan mental pemain.

Meski demikian, PSSI hingga kini belum membocorkan siapa negara yang akan jadi lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday berikutnya. PSSI saat ini tengah berkomunikasi dengan agen untuk menemukan lawan yang sesuai.

"Kami sudah bicara dengan agen yang mendatangkan Curacao. Nanti kami akan cari ranking 50 besar," kata Mochamad Iriawan dalam keterangannya.

“Supaya anak-anak bisa lebih berpengalaman. Ini pengalaman luar biasa saat melawan Curacao,” ia melanjutkan.

Jika dilihat dari daftar 50 besar urutan FIFA saat ini, sebetulnya terdapat beberapa negara yang masih mungkin dihadapi timnas Indonesia dalam ajang internasional yang akan datang.

Berikut negara yang masuk peringkat 50 besar FIFA yang cocok untuk menjadi lawan timnas Indonesia pada ajang persahabatan internasional.

1. Aljazair

Negara di peringkat 50 besar FIFA yang dianggap cocok untuk menjadi lawan timnas Indonesia ialah Aljazair. Saat ini, mereka berada di peringkat ke-41.

Jika dibandingkan negara-negara Afrika lainnya, posisi ini termasuk apik karena berada di peringkat ketujuh dalam Konfederasi CAF.

Meskipun demikian, pemain-pemain yang kini memperkuat Aljazair memang sangat berkualitas. Salah satu yang paling mentereng ialah Riyad Mahrez yang bermain untuk Manchester City.

Itu belum termasuk Ramy Bensebaini (Borussia Monchengladbach), Youcef Atal (OGC Nice), Said Benrahma (West Ham United), dan Ismael Bennacer (AC Milan).

2. Mali

Negara kedua yang bisa dijajaki timnas Indonesia untuk beruji coba pada ajang FIFA Matchday ialah Mali. Negara asal Afrika ini untuk sementara duduk di urutan ke-46 dunia, atau delapan di Afrika.

Sama seperti Aljazair, pemain timnas Mali juga banyak tersebar di Eropa, mulai dari Moussa Marega (FC Porto), Diadie Samassekou (Hoffenheim), Yves Bissouma (Brighton & Hove Albion), Amadou Haidara (RB Leipzig), dan Moussa Djenepo (Southampton).

Meskipun demikian, performa Mali memang cukup menjanjikan. Mereka sempat menumbangkan Zambia 1-0 pada ajang FIFA Matchday yang berlangsung Sabtu (24/9/2022).

Pada Kualifikasi Piala Afrika, mereka juga sukses meraih dua kemenangan beruntun emawan Kongo (4-0) dan Sudan Selatan (3-1).

3. Qatar

Selanjutnya, negara yang berada di urutan 50 besar ranking FIFA asal Asia ialah Qatar. Tuan rumah Piala Dunia 2022 ini dinilai cocok untuk jadi lawan timnas Indonesia.

Untuk saat ini, Qatar berada di urutan ke-48. Level itu sangat baik untuk ukuran negara Asia. Sebab, dengan level itu, saat ini mereka berada di peringkat kelima tertinggi di Asia.

Sepanjang tahun 2022 ini, Qatar setidaknya sudah menjalani empat laga internasional. Dari semua itu, hanya satu laga yang sukses dimenangkan, yakni saat menekuk Bulgaria 2-1.

Sementara itu, dua laga lainnya berakhir imbang, yakni ketika menghadapi Slovenia (0-0) dan Jamaika (1-1). Adapun laga melawan Kanada tumbang dengan skor 0-2.

Meskipun demikian, sebagian besar nama-nama pemain yang memperkuat timnas Qatar memang tak banyak yang kini berkarier di Eropa.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini