Boladunia

Profil Cuco Martina, Kapten Timnas Curacao yang Pernah Jebol Gawang Arsenal

Cuco Martina dengan pengalamannya membobol gawang Petr Cech bakal kembali melawan Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Cuco Martina kala berduel dengan Sadio Mane di Piala FA 2018/2019. (Paul Ellis/AFP)
Cuco Martina kala berduel dengan Sadio Mane di Piala FA 2018/2019. (Paul Ellis/AFP)

Bolatimes.com - Cuco Martina akan kembali memimpin pasukan Curacao saat melawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday. Laga kedua ini akan berlangsung, Selasa (27/9/2022) malam WIB.

Duel yang akan berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, ini merupakan pertemuan kedua setelah Indonesia dan Curacao bertemu pada Sabtu (24/9) di Stadion GBLA.

Bagi Timnas Indonesia, melawan Curacao menjadi kesempatan emas untuk menghadapi lawan level atas. Terlebih adanya pemain-pemain dengan pengalaman Eropa macam Cuco Martina.

Ya, Cuco Martina adalah salah satu penggawa Curacao yang punya pengalaman bermain di berbagai klub di kompetisi Eropa.

Dia bahkan menjadi pemain Curacao pertama yang bisa mencetak gol di Liga Inggris. Itu hanya satu di antara sederet prestasinya, berikut ulasan profilnya!

Profil Cuco Martina

Sosok dengan nama lengkap Rhu-endly Aurelio Jean-Carlo Martina ini lahir di Rotterdam, Belanda, pada 25 September 1989.

Lahir dan besar di Belanda, Martiina lantas mengecap pendidikan sepak bola di berbagai akademi di sana.

Dia menimba ilmu sepak bola di akademi Feyenoord, lalu menjalani karier profesional pertamanya bersama RBC Roosendaal pada 2008-2011.

Cuco Martina lalu pindah ke RKC Waalwijk pada 2011. Bermain selama 2 musim di sana, Martina mencetak 1 gol dalam 43 pertandingan buat North Brabant.

Di musim 2013/14, dia lalu pindah ke FC Twente. Dia sempat bermain di tim Jong Twente, tapi langsung jadi andalan di tim utama dengan catatan 56 penampilan.

Petualangan Cuco Martina berlanjut dengan bergabung bersama Southampton pada Juli 2015. Dia menjadi pemain Curacao kedua yang bermain di Liga Inggris, setelah Shelton Martis pada 2009.

Cuco Martina juga menjadi pemain Curacao pertama yang mencetak gol di Liga Inggris yang dia cetak ke gawang Arsenal pada Desember 2015.

Setelah dari Southampton, Cuco Martina pindah ke Everton tapi tak banyak mendapat kesempatan. Dia justru sering dipinjamkan, dari Stoke City hingga ke Feyenoord.

Usai kontraknya tak diperpanjang Everton, Cuco Martina lalu pindah ke Go Ahead Eagles pada November 2021.

Di level tim nasional, Cuco Martina sudah membela Timnas Curacao sejak 2011. Kini dia telah mengoleksi 58 caps dengan 1 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini