Boladunia

5 Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Dunia, Salah Satunya Hanya Butuh 11 Detik!

Inilah lima gol tercepat dalam sejarah Piala Dunia. Apakah akan pecah di Piala Dunia 2022?

Irwan Febri Rialdi

Hakan Sukur (kanan) mengantar Galatasaray meraih gelar Piala Eropa [AFP]
Hakan Sukur (kanan) mengantar Galatasaray meraih gelar Piala Eropa [AFP]

Bolatimes.com - Setiap peristiwa penting yang tersaji sepanjang gelaran Piala Dunia akan tercatat dalam sejarah, termasuk salah satunya momen-momen gol tercepat yang tercipta.

Dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia sejak pertama kali digelar pada 1930, terdapat sejumlah gol yang masuk dalam catatan rekor.

Salah satu rekornya ialah gol tersebut termasuk dalam kategori tercepat. Yang paling baru, publik barangkali mengingat gol yang dicetak oleh pemain timnas Amerika Serikat, Clint Dempsey.

Gol cepat itu dicatatkan Clint Dempsey pada ajang Piala Dunia 2014. Ketika itu, Amerika Serikat menghadapi Ghana. 

Tak butuh waktu lama bagi Dempsey untuk melesakkan gol ke gawang lawan. Sebab, waktu yang dibutuhkan hanyalah sekitar 30 detik sejak sepak bola. 

Gol cepat yang dicetak eks-pemain Tottenham Hotspur itu pada akhirnya turut mempersembahkan kemenangan bagi Negeri Sam. Di akhir laga, mereka unggul 2-1.

Selain gol yang dilesakkan oleh Clint Dempsey, salah satu gol tercepat yang paling ikonik, sekaligus berstatus sebagai pemegang rekor, ialah yang dicetak oleh Hakan Sukur.

Pemain timnas Turki itu sukses mengukuhkan namanya sebagai pencetak gol tercepat sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Dunia.

Sebab, Hakan Sukur hanya membutuhkan waktu sekitar 11 detik untuk bisa mencatatkan namanya di papan skor. Momen ini terjadi tepatnya pada ajang Piala Dunia 2002 pada laga antara Turki melawan Korea Selatan.

Awalnya, gol ini tercipta berkat kesalahan yang dilakukan oleh kapten timnas Korea Selatan, Hong Myung-bo, di area pertahanannya sendiri.

Bola yang gagal dikuasai Hong Myung-bo justru disambar oleh Ilhan Mansiz. Tanpa pikir panjang, Mansiz langsung menyodorkan umpan matang kepada Hakan Sukur.

Kapten timnas Turki ini pun tak mengalami kesulitan berarti untuk menggiring bola menuju gawang Korea Selatan lalu melesakkan sepakan kaki kiri yang mengoyak jala tim lawan.

Jika dikalkulasi, momen terjadinya gol ini berlangsung begitu cepat. Sebab, prosesnya berlangsung sekitar 11 menit sejak sepak mula berlangsung.

Selain dua gol ini, masih ada beberapa momen lainnya yang termasuk sebagai gol tercepat yang pernah terjadi pada ajang Piala Dunia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar lima gol tercepat yang pernah terjadi sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia.

1. Hakan Sukur (Turki) – Piala Dunia 2002 – 11 detik

2. Vaclav Masek (Cekoslowakia) – Piala Dunia 1962 – 16 detik

3. Ernst Lehner (Jerman) – Piala Dunia 1934 – 24 detik

4. Bryan Robson (Inggris) – Piala Dunia 1982 – 27 detik

5. Clint Dempsey (Amerika Serikat) – Piala Dunia 2014 – 30 detik

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini