Boladunia

Profile Jean-Clair Todibo, Mantan Pemain Barcelona yang Bikin Rekor dapat Kartu Merah Tercepat

Jean-Clair Todibo dapat kartu merah saat pertandingan berjalan 9 detik bersama Nice.

Rauhanda Riyantama

Pemain Nice, Jean-Clair Todibo mendapat kartu merah saat laga berjalan 9 detik. (AFP)
Pemain Nice, Jean-Clair Todibo mendapat kartu merah saat laga berjalan 9 detik. (AFP)

Bolatimes.com - Mantan pemain Barcelona, Jean-Clair Todibo merasakan bagaimana rasanya diusir dari lapangan hanya 9 detik pertandingan dimulai.

Nasib sial dialami bek Nice, Jean-Clair Todibo yang baru saja menorehkan sejarah di Liga Prancis dalam laga melawan Angers, Minggu (18/9/2022).

Bukan torehan prestasi membanggakan, melainkan catatan negatif Jean-Clair Todibo usai diganjar kartu merah saat laga baru berjalan 9 detik.

Menurut Opta, kartu merah di detik ke-9 pertandingan itu menjadi yang tercepat sepanjang sejarah Liga Prancis.

Selain itu kartu merah ini menjadi yang kedua kalinya untuk Todibo, setelah sebelumnya ia juga diganjar hukuman yang sama saat melawan Clermont, Agustus lalu.

Dipertandingan melawan Angers, tak hanya Todibo yang diganjar kartu merah, wasit juga memberi hukuman yang sama terhadap pemain tamu, Sofiane Boufal pada menit ke-62.

Sementara itu rekor kartu merat tercepat di dunia tercatat berasal dari Liga Inggris dan didapatkan oleh Keith Gillespie.

Terjadi dalam pertandingan Sheffield United melawan Reading di tahun 2007, Gillespie diusir wasit di detik pertama pertandingan dimulai.

Profile Jean-Clair Todibo

Todibo lahir di Cayenne, French Guiana pada 30 Desember 1999 dengan karier sepak bola diawali dari akademi Toulouse dan Les Lilas.

Debutnya untuk tim utama Tolouse didapatkan pada musim 2018-2019, saat itu ia hanya bermain sebanyak 10 kali.

Namun performa gemilang di waktu singkat itu membuat Tolouse dilirik Barcelona, hingga kemudian direkrut pada Januari 2019.

Dipercaya mengenakan nomor punggung 6, nomor keramat yang pernah dipakai bergantian Andres Iniesta dan Xavi Hernandez, meski kenyataan berkata lain.

Performa Todibo tak berkembang, bahkan cuma dimainkan 5 kali di semua kompetisi hingga kemudian hidup menjadi pemain pinjaman.

Singkatnya pada 2021, Todibo kembali ke Tolouse dan bermain sebanyak 68 kali dengan mencetak 2 gol sebelum hijrah ke OGC Nice.

Biodata

Nama Lengkap : Jean-Clair Todibo
Tempart Lahir : Cayenne
Tanggal Lahir : 30 Desember 1999
Usia : 22 tahun
Kewarganegaraan : Prancis
Klub saat ini : OGC Nice

Karier Bermain

2006 - Les Lilas
2017 - Tolouse U-19
2018 - Tolouse B
2019 - Tolouse
2020 - Barcelona
2020 - Schalke
2021 - Benfica
2021 - Barcelona
2021 - OGC Nice

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini