Profil Dinh Xuan Tien, Pemain Timnas Vietnam U-19 yang Digeruduk Netizen Gegara Selebrasi Provokatif

Pemain Vietnam ini picu amarah suporter Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Senin, 19 September 2022 | 16:15 WIB
Selebrasi Timnad Vietnam U-19, Dinh Xuan Tien seperti meledek suporter Indonesia (Twitter/Mata_Air99)

Selebrasi Timnad Vietnam U-19, Dinh Xuan Tien seperti meledek suporter Indonesia (Twitter/Mata_Air99)

Bolatimes.com - Gelandang andalan timnas Vietnam U-19, Dinh Xuan Tien, menjadi sasaran kemarahan suporter timnas Indonesia karena diduga melakukan selebrasi provokatif pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dalam duel yang terselenggara di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Minggu (18/9/2022) itu, Dinh Xuan Tien memang sempat melakukan selebrasi yang mengundang amarah suporter.

Momen ini tak terlepas dari keberhasilan Dinh Xuan Tien yang mencetak gol pada menit ke-79 untuk membawa timnas Vietnam U-19 berbalik unggul 2-1 meski sempat tertinggal 0-1.

Dia sukses memanfaatkan umpan terobosan yang memaksimalkan kelengahan barisan pertahanan timnas Indonesia U-19 yang kocar-kacir menahan serangan balik cepat tim lawan.

Seusai berhasil mengoyak jala gawang timnas Indonesia U-19, Dinh Xuan Tien justru merayakan golnya itu dengan menempatkan kedua telapak tangannya di samping telinga.

Hal ini seolah-olah menjadi tantangan dan provokasi untuk suporter yang sepanjang pertandingan mendukung pemain Indonesia serta memberikan teror kepada kubu Vietnam.

Selain selebrasi dengan kedua telapak tangan di telinga itu, Dinh Xuan Tien juga sempat berjoget di lapangan bersama rekan-rekannya untuk merayakan gol tersebut.

Akibat aksi provokasinya itu, kini akun Instagram pribadinya @xuantien1001, menjadi sasaran amukan netizen Indonesia yang geram.

Dari pantauan Bolatimes.com hingga Senin (19/9/2022), jumlah pengikutnya memang hanya di kisaran 1.900, tetapi salah satu unggahan terakhirnya telah dibanjiri lebih dari 19 ribu komentar.

Nyaris semua komentar yang masuk berasal dari netizen Indonesia. Sebagian besar juga tampak melakulan perundungan massal dengan melontarkan kata-kata kasar, hujatan, dan makian.

Profil Dinh Xuan Tien

Dinh Xuan Tien merupakan pesepak bola muda berbakat asal Vietnam yang tercatat lahir di Nam Dan, Nghe An, pada 10 Januari 2003.

Pemain berpostur 171 cm ini posisi bermainnya sebagai gelandang serang. Dia memiliki pergerakan yang cair, mampu mengirimkan umpan-umpan akurat, dan sepakannya cukup keras dan tepat sasaran.

Dinh Xuan Tien saat ini berstatus sebagai pemain klub kasta tertinggi Liga Vietnam atau V.League 1, yakni Song Lam Nghe An.

Meskipun masih berusia 19 tahun, tetapi pemain ini sudah cukup mendapatkan tempat di tim utama.

Hal itu terbukti dengan catatan penampilannya musim ini yang sudah mencapai 651 menit bermain dari total 10 pertandingan bersama Song Lam Nghe An.

Bahkan, dari 10 pertandingan itu, tujuh laga di antaranya tercatat sebagai starter, sedangkan tiga pertandingan lain turun sebagai pemain pengganti.

Catatan lain yang sebetulnya menggambarkan potensi besar dari pemain ini ialah dia sudah mampu mencatatkan penampilan bersama timnas di level usia 23 tahun alias U-23.

Sebab, Dinh Xuan Tien pernah menjadi salah satu pemain muda yang dibawa timnas Vietnam U-23 ketika tampil di ajang Piala AFF U-23 2022.

Meskipun hanya mencatatkan satu penampilan saja di fase penyisihan Grup A, dia mampu menyumbangkan satu gol dan satu assist saat Vietnam membabat Singapura dengan skor 7-0.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Dinh Xuan Tien juga mampu menjadi sosok mesin gol yang dapat diandalkan oleh tim muda The en Star.

Pasalnya, dari tiga pertandingan, ia mampu membukukan tiga gol. Jumlah ini mengantarkannya sebagai pencetak gol terbanyak Vietnam di ajang ini.

Sebelumnya, dia juga mampu menjadi bintang kemenangan Vietnam atas Hong Kong dengan mencetak dua gol untuk membawa timnya menang dengan skor 5-1.

Sayangnya, sederet prestasi serta kiprah mentereng yang dicatatkan pemain berusia 19 tahun ini justru ternoda dengan selebrasi provokatif sesuai mencetak gol ke gawang timnas Indonesia U-19.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak