Boladunia

Profil Dinh Xuan Tien, Pemain Timnas Vietnam U-19 yang Digeruduk Netizen Gegara Selebrasi Provokatif

Pemain Vietnam ini picu amarah suporter Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita

Selebrasi Timnad Vietnam U-19, Dinh Xuan Tien seperti meledek suporter Indonesia (Twitter/Mata_Air99)
Selebrasi Timnad Vietnam U-19, Dinh Xuan Tien seperti meledek suporter Indonesia (Twitter/Mata_Air99)

Bolatimes.com - Gelandang andalan timnas Vietnam U-19, Dinh Xuan Tien, menjadi sasaran kemarahan suporter timnas Indonesia karena diduga melakukan selebrasi provokatif pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dalam duel yang terselenggara di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Minggu (18/9/2022) itu, Dinh Xuan Tien memang sempat melakukan selebrasi yang mengundang amarah suporter.

Momen ini tak terlepas dari keberhasilan Dinh Xuan Tien yang mencetak gol pada menit ke-79 untuk membawa timnas Vietnam U-19 berbalik unggul 2-1 meski sempat tertinggal 0-1.

Dia sukses memanfaatkan umpan terobosan yang memaksimalkan kelengahan barisan pertahanan timnas Indonesia U-19 yang kocar-kacir menahan serangan balik cepat tim lawan.

Seusai berhasil mengoyak jala gawang timnas Indonesia U-19, Dinh Xuan Tien justru merayakan golnya itu dengan menempatkan kedua telapak tangannya di samping telinga.

Hal ini seolah-olah menjadi tantangan dan provokasi untuk suporter yang sepanjang pertandingan mendukung pemain Indonesia serta memberikan teror kepada kubu Vietnam.

Selain selebrasi dengan kedua telapak tangan di telinga itu, Dinh Xuan Tien juga sempat berjoget di lapangan bersama rekan-rekannya untuk merayakan gol tersebut.

Akibat aksi provokasinya itu, kini akun Instagram pribadinya @xuantien1001, menjadi sasaran amukan netizen Indonesia yang geram.

Dari pantauan Bolatimes.com hingga Senin (19/9/2022), jumlah pengikutnya memang hanya di kisaran 1.900, tetapi salah satu unggahan terakhirnya telah dibanjiri lebih dari 19 ribu komentar.

Nyaris semua komentar yang masuk berasal dari netizen Indonesia. Sebagian besar juga tampak melakulan perundungan massal dengan melontarkan kata-kata kasar, hujatan, dan makian.

Profil Dinh Xuan Tien

Dinh Xuan Tien merupakan pesepak bola muda berbakat asal Vietnam yang tercatat lahir di Nam Dan, Nghe An, pada 10 Januari 2003.

Pemain berpostur 171 cm ini posisi bermainnya sebagai gelandang serang. Dia memiliki pergerakan yang cair, mampu mengirimkan umpan-umpan akurat, dan sepakannya cukup keras dan tepat sasaran.

Dinh Xuan Tien saat ini berstatus sebagai pemain klub kasta tertinggi Liga Vietnam atau V.League 1, yakni Song Lam Nghe An.

Meskipun masih berusia 19 tahun, tetapi pemain ini sudah cukup mendapatkan tempat di tim utama.

Hal itu terbukti dengan catatan penampilannya musim ini yang sudah mencapai 651 menit bermain dari total 10 pertandingan bersama Song Lam Nghe An.

Bahkan, dari 10 pertandingan itu, tujuh laga di antaranya tercatat sebagai starter, sedangkan tiga pertandingan lain turun sebagai pemain pengganti.

Catatan lain yang sebetulnya menggambarkan potensi besar dari pemain ini ialah dia sudah mampu mencatatkan penampilan bersama timnas di level usia 23 tahun alias U-23.

Sebab, Dinh Xuan Tien pernah menjadi salah satu pemain muda yang dibawa timnas Vietnam U-23 ketika tampil di ajang Piala AFF U-23 2022.

Meskipun hanya mencatatkan satu penampilan saja di fase penyisihan Grup A, dia mampu menyumbangkan satu gol dan satu assist saat Vietnam membabat Singapura dengan skor 7-0.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Dinh Xuan Tien juga mampu menjadi sosok mesin gol yang dapat diandalkan oleh tim muda The Golden Star.

Pasalnya, dari tiga pertandingan, ia mampu membukukan tiga gol. Jumlah ini mengantarkannya sebagai pencetak gol terbanyak Vietnam di ajang ini.

Sebelumnya, dia juga mampu menjadi bintang kemenangan Vietnam atas Hong Kong dengan mencetak dua gol untuk membawa timnya menang dengan skor 5-1.

Sayangnya, sederet prestasi serta kiprah mentereng yang dicatatkan pemain berusia 19 tahun ini justru ternoda dengan selebrasi provokatif sesuai mencetak gol ke gawang timnas Indonesia U-19.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini