Boladunia

Jadi Lumbung Gol, 5 Tim ASEAN yang Terbantai di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Negara-negara ini gagal moncer di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Husna Rahmayunita

Potret aksi pemain Laos U-19 saat kalahkan Thailand U-19 2-0 di semifinal Piala AFF U-19 2022. (Instagram/changsuek)
Potret aksi pemain Laos U-19 saat kalahkan Thailand U-19 2-0 di semifinal Piala AFF U-19 2022. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Hasil yang didapatkan negara-negara ASEAN di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 tidak semuanya memuaskan. Bahkan, beberapa negara jadi lumbung gol di ajang ini.

Sepak terjang negara ASEAN di kompetisi level Asia dan dunia memang tidak mentereng, bahkan Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia belum bisa berbuat banyak.

Adapun, total ada 11 negara ASEAN yang mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Mereka tersebar dari Grup A hingga Grup J.

Di Grup A, ada Myanmar sebagai perwakilan ASEAN. Pada laga perdananya, Myanmar harus mengakui keunggulan China dengan skor 1-3.

Setelah melakoni 3 laga, Myanmar sudah kebobolan sebanyak 11 gol, hasil dari kalah 1-3 lawan China, 0-3 dari Uzbekistan, dan 0-5 dari Arab Saudi.

Myanmar baru mencetak satu gol dan kesempatan terakhir mereka untuk menang adalah saat melawan Kepulauan Maldive di laga terakhir.

Di Grup C, Laos tidak jauh berbeda nasibnya. Sebagai tuan rumah, mereka sudah kebobolan 6 gol. Mereka akan melakoni laga terakhir melawan Palestina pada Minggu (18/9/2022).

Di Grup F, Timor Leste menjadi negara ASEAN yang terus menelan kekalahan. Pada laga perdana mereka dilumat Timnas Indonesia U-19 0-4.

Melawan Vietnam di laga kedua, Timor Leste kembali menelan kekalahan 0-4 sehingga sampai saat ini sudah kemasukan 8 gol.

Berlanjut ke Grup G, ada Filipina yang jadi lumbung gol. Sejauh ini mereka sudah kebobolan 6 gol hasil dari kekalahan 0-3 dari Oman dan 2-3 dari Thailand.

Lalu ada Brunei Darussalam yang menghuni Grup J. Mereka sudah kebobolan 13 gol setelah menelan kekalahan 0-5 dari Uni Emirat Arab dan 0-8 dari Iran.

Sementara hasil-hasil yang didapatkan negara ASEAN lain seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia terbilang positif.

Keempat negara itu pun berpotensi menjadi perwakilan ASEAN yang lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan tahun depan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini