Boladunia

Mengenal Garang Kuol, Striker 18 Tahun Calon Pemain Timnas Australia di Piala Dunia 2022

Garang Kuol saat ini tercatat sebagai pemain Central Coast Mariners.

Rauhanda Riyantama

Aksi Garang Kuol saat menghadapi Barcelona di tur pramusim 2022. (Twitter)
Aksi Garang Kuol saat menghadapi Barcelona di tur pramusim 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - Satu pemain anyar dipanggil timnas Australia jelang melakoni FIFA Matchday menghadapi Selandia Baru, bernama Garang Kuol yang usianya masih 18 tahun.

Garang Kuol bakal menjadi pemain termuda timnas Australia di ajang internasional dan berkesempatan menjadi bagian dari Socceros di Piala Dunia 2022.

Pemain yang saat ini membela Central Coast Mariners bisa jadi pemain termuda timnas Australia penerus Harry Kewell, sejak debutnya di tahun 1996.

Saat timnas Australia berjumpa Selandia Baru pada 22 dan 25 September, Garang Kuol akan menjadi pemain termuda untuk tim di usianya yang masih 18 tahun.

Garang Kuol dipanggil untuk menggenapi 31 pemain timnas Australia asuhan Graham Arnold, sesuai dengan rilis pada Rabu (14/9/2022).

Kemampuannya teruji lewat penampilan impresifnya, salah satunya saat membela A-League All Stars di laga melawan Barcelona pada Mei lalu.

Garang Kuol dinilai sebagai pemain yang rela memberi seluruh kemampuannya untuk membayar kesempatan bermain yang diberikan untuk timnas Australia.

"Istimewa besar untuk berada di sini. Saya selalu ingin bermain untuk Socceroos tetapi tidak menyangka itu terjadi secepat ini," ucap Garang Kuol.

"Ini adalah momen yang membanggakan bagi saya dan keluarga saya. Saya hanya ingin membuktikan diri dan terus bergerak maju.''
 
"Saya pikir pada level seorang atlet, mentalitas adalah kuncinya. Jadi, berapa pun usianya, jika Anda berusaha keras untuk membuktikan diri dan bersikap kejam.''

"Anda dapat mencapai apa pun yang Anda inginkan," imbuhnya.

Kuol merupakan pemain keturunan Sudan Selatan yang lahir di kamp pengungsian di Mesir dan pindah ke Australia saat beranjak sebagai seorang anak.

DNA sepak bola memang sudah berada dalam darahnya, Garang Kuol merupakan adik dari mantan striker Central Coast Mariners, Alou Kuol yang kini berkarier di Jerman.

Pada April lalu, Kuol muda melakoni debutnya untuk Central Coast meski tidak bermain penuh selama 90 menit di A-League.

Kepercayaan Graham Arnold cukup tinggi terhadap sang pemain, bahkan ia tampak mendorong sang pemain untuk bisa mendapatkan satu tempat di Piala Dunia 2022 Qatar.

"Seperti yang dikatakan Garang, ini adalah kesempatan untuk dirinya sendiri. Anda dapat mengetahui dari jawabannya betapa dia percaya pada dirinya sendiri" ucap Arnold.

"Ini area lapangan di mana kami membutuhkan pemain. Di depan, pemain sayap dengan aksi dan kecepatan satu lawan satu dan dapat menempatkan bola di belakang gawang.''

"Kami selalu ingin tipe pemain seperti itu. Saya tidak peduli berapa usia mereka, selama mereka memiliki kemampuan dan kualitas, saya lebih dari siap untuk melihat mereka.''
 
"Saya pergi dua minggu lalu ke Canberra untuk menonton Garang bermain di kamp ID bakat untuk usia di bawah 20-an dan dia menunjukkan kualitas dan bakat hebat.''

"Saya benar-benar percaya bahwa anak-anak kita telah mendapatkannya di sini di Australia. Hanya saja mereka mendapatkan kesempatan," pungkasnya.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini