Boladunia

Kisah Ymer Abili, Kiper 14 Tahun yang Lakoni Debut di Laga Profesional Piala Australia

Ymer Abili lakoni debut bersama klubnya Oakleigh Cannons di Piala Australia.

Rauhanda Riyantama

Ymer Abili, kiper 14 tahun saat lakoni debut di Piala Australia. (Twitter)
Ymer Abili, kiper 14 tahun saat lakoni debut di Piala Australia. (Twitter)

Bolatimes.com - Sepak bola Australia membuat gebrakan ketika bocah berusia 14 tahun melakoni debut di laga profesional di sebuah ajang di negeri Kanguru tersebut.

Bocah berusia 14 tahun itu bernama Ymer Abili. Ia melakoni debutnya di ajang Piala Australia saat timnya, Oakleigh Cannons melawan Macarthur FC pada Rabu (14/9/2022).

Dalam duel itu, Ymer Abili masuk di menit ke-90+1 menggantikan kiper utama, Lewis Italiano yang usianya lebih dari dua kali lipat umurnya, yakni 31 tahun.

Meski masuk di penghujung laga, Ymer Abili mendapat menit bermain yang cukup mumpuni, yakni selama 7 menit. Hebatnya lagi, ia tak kebobolan sama sekali dalam debutnya itu.

Namun tetap saja Oakleigh Cannons tetap harus menyerah dengan skor 2-5 dan gagal melangkah jauh di Piala Australia musim ini.

Usai melakoni debutnya, Ymer Abili tak dapat menutup kebahagiaannya kendati timnya kalah dan tersingkir dari Piala Australia.

“(Di) menit ke-85, dia (Taylor, sang pelatih) berkata ‘Pemanasan’. Saya sangat bersemangat. Saya sangat senang,” ujar Ymer Abili pasca laga dikutip dari Sydney Morning Herald.

Saat masuk sebagai pemain pengganti, Ymer Abili yang memiliki postur lebih pendek dari rekan dan lawannya, sempat berhadapan dengan sepak pojok.

Namun ia tak gugup sama sekali. Ia merasa tak gugup karena tengah bahagia saat berada di lapangan dan melakoni debutnya.

“Saya hanya bersemangat usai masuk ke lapangan dan membuat sejarah, itu saja,” lanjut Ymer Abili.

Kebahagiaan Ymer Abili pun dirasakan oleh sang ibunda. Meski dirinya sempat gugup sepanjang malam, ia tetap bangga anaknya akhirnya bisa melakoni debut profesional di usia yang sangat muda.

“Saya sangat gugup. Saya gugup sepanjang malam. Saya bangga kepada Ymer (Abili). Dia berlatih sangat keras dalam beberapa tahun terakhir,” ujar sang ibunda.

Dianggap Masih 13 Tahun

Debut Ymer Abili ini sendiri dikonfirmasi oleh timnya, Oakleigh Cannons terjadi di usia 14 tahun. Namun juru bicara sepak bola Australia menganggapnya masih berusia 13 tahun.

Sydney Morning Herald telah melakukan konfirmasi dengan juru bicara sepak bola Australia dan diketahui, Ymer Abili sendiri kelahiran 14 Januari 2009.

Jika demikian, maka Ymer Abili bukan debut di usia 14 tahun, melainkan di usia yang baru 13 tahun 243 hari.

Dengan melakoni debut di usia 13 tahun 243 hari, maka Ymer Abili telah mengalahkan catatan beberapa hari sebelumnya yang dibuat Christopher Atherton yang jadi debutan termuda di Britania Raya.

Sebagai informasi, Atherton debut bersama Glenavon di laga kontra Dollingstown di Piala Liga Irlandia Utara (14/9).

Saat itu, Atherton melakoni debut di usia 13 tahun 329 hari, lebih tua beberapa puluh hari dari Ymer Abili yang debut di Piala Australia.

Di sisi lain, debut Ymer Abili ini membuatnya menjadi debutan termuda sepanjang sejarah sepak bola Australia.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini