Boladunia

5 Wasit dengan Bayaran Tertinggi di Dunia, Tembus 145 Juta Per Laga

Berikut 5 wasit dengan bayaran tertinggi di dunia.

Rauhanda Riyantama

Mark Clattenburg. (Sumber: Dok. Telegraph).
Mark Clattenburg. (Sumber: Dok. Telegraph).

Bolatimes.com - Sepak bola tak hanya tentang pemain dengan gaji tinggi, ada pula wasit yang memiliki 'tarif' selangit untuk satu pertandingan yang dijalani.

Tidak banyak yang memerhatikan, namun ternyata gaji seorang wasit sepak bola dunia bisa membuat tercengang dan bikin geleng kepala.

Wasit menjadi komponen paling penting dalam sebuah pertandingan, tidak akan digelar jika tidak ada wasit baik utama maupun tiga asisten lainnya.

Khususnya di Eropa, sederet wasit dengan nama terkenal ternyata memiliki tarif yang fenomenal bahkan tembus ratusan juta per pertandingannya.

Lantas siapa saja mereka? berikut sederet wasit kondang dunia dengan gaji tertinggi di setiap pertandingan yang dilakoni, dilansir dari The Telegraph.

1. Bjorn Kuipers

Potret wasit Bjorn Kuipers. (PAUL ELLIS / AFP)
Potret wasit Bjorn Kuipers. (PAUL ELLIS / AFP)

Wasit internasional yang berasal dari Oldenzaal, Belanda dan merupakan mantan pesepak bola yang sudah terdaftar sebagai wasit FIFA sejak 2006.

Selain itu Bjorn Kuipers juga terdaftar sebagai wasit grup UEFA Elite sejak 2009, diketahui gajinya menembus Rp145 juta per laga.

Meski begitu, kini Bjorn sudah tak lagi bisa meraup keuntungan itu dalam satu laga setelah memutuskan pensiun pada Agustus 2021 lalu.

2. Cuneyt Cakir

Sama seperti Borjn, Cuney Cakir juga dibanderol dengan harga Rp145 juta per pertandingan, pria asal Turki ini merupakan anggota UEFA Elite sejak 2010.

Sementara sudah bertugas di FIFA sejak 2006, sederet pertandingan klub-klub besar Eropa pernah dipimpinnya khususnya di ajang Liga Champions.

Dedikasinya sebagai wasit terbaik kedua di dunia berdasarkan penampilan mulai dari 2010 sampai 2020.

3. Felic Brych

Pria asal Jerman Barat ini termasuk dalam wasit dengan bayaran fantastis, mencapai Rp145 juta per laga dan bekerja untuk SV Am Heart.

Selain berprofesi sebagai wasit, Felix juga merupakan pemilik gelar doktor hukum dan termasuk salah satu wasit di Piala Dunia 2018 Rusia.

4. Damir Skormina

Lahir di SR Slovenia, Yugoslavia dan merupakan salah satu wasit dengan bayaran tertinggi di dunia, yakni mencapai Rp145 juta per laga.

Termasuk anggota UEFA Elite dari Slovenia, pemilik gaji tertinggi kedua dalam kategori UEFA Elite serta langganan memimpin laga-laga besar.

5. Mark Clattenburg

Mark Clattenburg. (Sumber: Dok. Telegraph).
Mark Clattenburg. (Sumber: Dok. Telegraph).

Siapa yang tak kenal dengan Mark Clattenburg, nama besarnya membuat para pecinta sepak bola Inggris terbagi menjadi dua kubu.

Kubu yang pro dengannya dan kubu yang kontra dengannya, terlepas dari itu Mark merupakan wasit pemilik bayaran tertinggi di dunia.

Gajinya mencapai Rp9,4 miliar per tahun, status wasit terbaik Eropa di generasinya menjadikan bayaran Mark selangit. Gaji tersebut didapat setelag memutuskan hengkang dari Liga Inggris menuju Liga Arab Saudi pada 2017.

Pengalamannya tak terbantahkan, menjadi wasit Liga Primer dan Asosiasi Sepak Bola Durham Countrty hingga termasuk anggota wasit FIFA.

Pertandingan besar pun jadi langganannya, termasuk final Liga Champions 2016 dan final UEFA Euro 2016.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini