Boladunia

5 Pemain Hebat yang Pernah Berseragam Ajax dan Liverpool

Berikut 5 pemain top yang pernah berseragam Ajax dan Liverpool.

Rauhanda Riyantama

Luis Suarez saat bermain di Liverpool. (AFP)
Luis Suarez saat bermain di Liverpool. (AFP)

Bolatimes.com - Pentas Liga Champions 2022-2023 kembali disuguhkan dengan duel dua klub besar penuh sejarah yang sama-sama melahirkan pemain hebat Eropa, Ajax dan Liverpool di babak fase grup.

Liverpool pemilik enam gelar Liga Champions, sementara Ajax Amsterdam mempunyai empat koleksi trofi, tentu keduanya sudah termasuk dalam jajaran klub top Eropa.

Karena itu pula, tak sedikit pemain yang pernah membela kedua klub ini, sederet pemain-pemain top pernah menjadi andalan mereka.

Lantas siapa saja mereka? berikut beberapa pemain bintang yang pernah berseragam Ajax dan Liverpool selama berkarier sebagai pesepak bola.

1. Jan Molby

Jan Molby menjadi wajah baru The Reds saat Graeme Souness memilih hengkang ke Sampdoria, pemain yang sebelumnya bermain untuk Ajax Amsterdam.

Bersama Johan Cruyff dan Marco van Basten, Jan Molby sukses membawa Ajax meraih gelar juara Eredivisie musim 1982-1983.

Bersama Liverpool, Molby sukses memberi 3 gelar Liga Inggris dan 2 Piala FA selama 12 musim bermain di Anfield.

2. Jari Litmanen

Jati Litmanen sebenarnya menjadi sosok pengganti sepadan saat Ajax ditinggal pergi Dennis Bergkamp dengan raihan 6 gelar liga, 3 Piala KNVB dan 1 Liga Champions.

Sempat mencoba peruntungan ke Barcelona, meskipun pada akhirnya rejekinya bersama Liverpool di tahun 2001 dengan dua musim waktu bermain di Anfield.

3. Ryan Babel

Ryan Babel berkembang sebagai pemain muda berbakat Ajax Amsterdam, bakat yang tentunya tidak disia-siakan begitu saja oleh Liverpool.

Di tahun 2007, Babel datang ke Anfield meskipun kariernya bersama The Reds tak secemerlang ketika masih berada di Ajax Amsterdam.

4. Christian Poulsen

Karier Poulsen di kancah sepak bola Eropa terbilang panjang, mulai dari Schalke, Sevilla, Juventus hingga bermuara di Liverpool pada 2010.

Meskipun hanya bermain selama 12 penampilan dan hijrah ke Prancis pada musim berikutnya, sebelum berlabuh ke Ajax Amsterdam.

Bersama Ajax, Poulsen sukses memberi gelar liga secara beruntun.

5. Luis Suarez

Luis Suarez terbilang sebagai striker mematikan yang pernah dimiliki Liverpool, bakatnya mempesona The Reds saat masih berseragam Ajax.

Kesuksesan Suarez bersama mulai dari trofi Eredivisie, Piala KNVB dan catatan pribadi berupa pencetak gol terbanyak di musim 2009-2010 dengan 35 gol.

Tak sampai di situ, kebringasan Suarez juga merambah Premier League, meskipun belum mampu membawa Liverpool meraih gelar Liga Inggris.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini