Boladunia

Profil Sandro R. C. Lima Quintao, Kapten Timnas Timor Leste U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Sandro Lima Quintao pentolan timnas Timor Leste U-19.

Husna Rahmayunita

Pesepak bola Singapura U19 Zakaria Syari Aidit (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timor Leste U19 Sandro Lima Quintao (kanan) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Pesepak bola Singapura U19 Zakaria Syari Aidit (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timor Leste U19 Sandro Lima Quintao (kanan) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

Bolatimes.com - Sandro R. C. Lima Quintao merupakan kapten Timnas Timor Leste U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2022. Ia menjadi salah satu pemain yang diperhitungka.

Bila menelisik lebih jauh soal catatan performa Sandro R. C. Lima Quintao bersama timnas Timor Leste, pemain ini memang terhitung menjadi sosok yang sentral di lini tengah.

Salah satu buktinya ialah dengan menelaah penampilan yang ditorehkan oleh Sandro R. C. Lima Quintao bersama timnas Timor Leste U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Pada ajang tersebut, Sandro menjadi salah satu sosok pemain yang tak tergantikan di bawah arahan pelatih kepala timnas Timor Leste U-19, Eduardo Pereira.

Tentu saja, timnas Indonesia U-19 wajib memperhitungkan keberadaan Sandro yang bakal menjadi pengalir bola sekaligus pemutus serangan lawan di sektor bermainnya.

Jika Sandro tetap bermain sebagai gelandang, maka pemain-pemain yang berpotensi untuk saling sikut dengannya ialah Marselino Ferdinan, Zanadin Fariz, hingga Arkhan Fikri.

Menurut jadwal, timnas Indonesia U-19 memang akan menghadapi Timor Leste sebagai lawan pertamanya di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Duel perdana antara timnas Indonesia U-19 melawan Timor Leste U-19 ini nantinya akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/9/2022) pukul 20.00 WIB.

Profil Sandro R. C. Lima Quintao

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman Transfermarkt, Sandro R. C. Lima Quintao merupakan pemain timnas Timor Leste U-19 yang berstatus sebagai kapten tim.

Sandro R. C. Lima Quintao saat ini berstatus sebagai pemain andalan klub asal Timor Leste, Assalam FC. Namun, belum banyak data yang bisa diperoleh terkait performa pemain ini di level klub.

Salah satu catatan performa yang bisa menjadi rujukan soal penampilan Sandro bersama timnas Timor Leste U-19 ialah aksinya ketika tampil di ajang Piala AFF U-19 2022.

Pada ajang tersebut, Sandro memang terhitung menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan oleh pelatih timnas Timor Leste U-19 saat itu, Eduardo Pereira.

Dari empat pertandingan yang tersaji di fase Grup B Piala AFF U-19 2022, Sandro tercatat selalu tampil sebagai starter. Empat pertandingan di antaranya yakni melawan Laos (0-2), Singapura (1-0), Malaysia (3-4), dan Kamboja (4-1).

Dari semua pertandingan itu, dia nyaris selalu tampil di atas lapangan alias tak tergantikan. Tiga laga di antaranya selalu tampil penuh, Adapun pada laga melawan Malaysia dia ditarik keluar pada menit ke-89.

Catatan penampilannya di Piala AFF U-19 2022 ini sebetulnya sudah bisa menjadi gambaran betapa pentingnya sosok Sandro di sektor lini tengah timnas Timor Leste U-19.

Sayangnya, kiprah Sandro dan kawan-kawan pada ajang itu harus terhenti di fase grup. Sebab, mereka gagal lolos ke semifinal karena mengakhiri persaingan di peringkat ketiga.

Dari empat pertandingan, Timor Leste U-19 hanya sanggup mendulang enam poin. Jumlah ini terpaut satu angka dari Malaysia di peringkat kedua yang akhirnya keluar sebagai juara Piala AFF U-19 2022.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini