Boladunia

Profil Jeremias Ledesma, Kiper Cadiz yang Lakukan Aksi Heroik Selamatkan Nyawa Suporter

Aksi Jeremias Ladesma panen pujian.

Husna Rahmayunita

Kiper Cadiz Jeremias Ledesma saat bawa alat pacu jantung ke penonton di laga kontra Barcelona, Minggu (11/9/2022). (AFP/Cristina Quicler)
Kiper Cadiz Jeremias Ledesma saat bawa alat pacu jantung ke penonton di laga kontra Barcelona, Minggu (11/9/2022). (AFP/Cristina Quicler)

Bolatimes.com - Jeremias Ledesma memang kebobolan 4 gol saat Cadiz menjamu Barcelona di kandang mereka Stadion Nuevo Mirandilla, tapi dia menjadi pahlawan sesungguhnya di laga tersebut.

Barcelona berhasil meraih kemenangan menyakinkan 4-0 atas Cadiz pada pekan kelima Liga Spanyol, Sabtu (10/9/2022). Gol-gol Blaugrana lahir dari Frenkie de Jong, Robert Lewandowski, Ansu Fati, dan Ousmane Dembele.

Tapi, kemenangan Barcelona itu tak seutuhnya membahagiakan karena salah satu insiden di pengujung laga: Seorang suporter Cadiz mengalami serangan jantung dan kolaps di tribun.

Menurut pemberitaan Marca, Barcelona lantas memberikan alat pacu jantung, defibrilator kepada, kiper Cadiz asal Argentina, Jeremías Ledesma.

Pemain Cadiz yang lain, Jose Mari, juga terlihat ikut membantu membawa tandu menuju tribune. Insiden medis memang terjadi di area sekitaran belakang gawang Jeremias Ledesma.

Sang kiper langsung sigap berlari melempar defibrilator kepada petugas medis yang sudah berada di atas tribun.

Lantas, siapa sebetulnya Jeremias Ledesma ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Jeremias Ledesma

Sosok dengan nama lengkap Jeremias Conan Ledesma ini lahir di Pergamino, Argentina, pada 13 Februari 1993. Dia lebih banyak menghabiskan kariernya di Argentina.

Karier sepak bolanya dimulai dengan bergabung ke klub lokal, Racing Club de Pergamino, saat dia masih bocah. Dia lalu pindah ke Rosario Central.

Di akademi Rosario Central dia mengabdi sejak 2006, mulai dari tim akademi, tim junior, hingga akhirnya bisa menembus tim utama.

Perjalanannya untuk bisa menembus tim utama pun tidak mudah. Dia baru bisa promosi ke tim utama pada Juni 2013 di kompetisi kasta kedua Argentina.

Rupanya hal itu tidak langsung membuat Ledesma bisa bermain reguler di tim utama. Dia justru lebih banyak bermain di tim cadangan.

Ledesma baru menjalani debut profesionalnya bersama Rosario Central pada 2017 pada laga Copa Argentina. Enam bulan kemudian, dia baru menjalani debut di Liga Argentina bersama Rosario Central.

Lantas sejak musim 2017/18, Jeremias Ledesma menjadi kiper pertama dari Rosario Central. Total dia melakoni 87 pertandingan di semua kompetisi.

Pada Agustus 2020, Ledesma menyetujui peminjaman selama 1 tahun ke Cadiz. Ini menjadi klub luar Argentina pertama yang dibela olehnya.

Dia tampil cukup konsisten dalam 32 pertandingan bersama Cadiz selama musim 2020/21. Atas dasar itu, Ledesma dipermanenkan Cadiz dengan kontrak hingga 2025.

Di tim nasional, Jeremias Ledesma tidak punya caps dengan Timnas Argentina. Tapi tercatat dia sempat membela Timnas Argentina U-23 dan timnas Argentina yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini