Boladunia

Kisah Phil Foden, Bintang Muda Manchester City yang Dulunya Hanya Anak Gawang

Mimpi bisa jadi nyata. Beginilah kisah Phil Foden

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Phil Foden usai cetak satu gol dalam kemenangan 7-0 City atas Rotherham di ajang Piala FA akhir pekan kemarin. (OLI SCARFF / AFP)
Selebrasi Phil Foden usai cetak satu gol dalam kemenangan 7-0 City atas Rotherham di ajang Piala FA akhir pekan kemarin. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Phil Foden sudah menjadi andalan Manchester City meski usianya kini masih 22 tahun. Di musim ini saja, dia sudah tampil 8 kali dengan sumbangsih 2 gol.

Jauh sebelum meraih kesuksesan sebagai pesepak bola di masa muda, Phil Foden punya kisah unik dalam meniti kariernya. Dia memulai dari sangat bawah, bahkan dari pinggir lapangan.

Sosok bernama lengkap Philip Walter Foden ini lahir di Stockort, Inggris. Dia merupakan produk asli binaan akademi Manchester City.

Saat usianya masih 9 tahun atau pada 2009 lalu, Foden bergabung dengan akademi The Citizens. Saat itu, Foden menjadi salah satu anak yang beruntung.

Bukan tanpa pasal, Man City di era itu sedang dalam masa-masa pertumbuhan menjadi tim besar di Inggris dan Eropa setelah diakuisisi oleh Sheikh Mansour.

Dengan segala kemajuan yang ada di dalam tim itu, Foden bergabung dengan salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia.

Dalam perjalanan meniti kariernya, Phil Foden mesti melewati serangkaian fragmen dalam hidupnya. Salah satunya dengan menjadi ball boy atau anak gawang.

Hal ini diketahui setelah Foden sempat mengunggah potret dirinya yang dulu dengan Foden saat ini. Di sisi kiri, Foden tampak berdiri di pinggir lapangan sebagai anak gawang, itu gambar yang diambil pada tahun 2014.

Sementara foto lainnya menunjukkan momen baru di mana Foden sudah menjadi bagian pemain Manchester City dan mewujudkan mimpinya

"Foden tumbuh di akademi kami dan menjadi pendukung hingga menjadi ball boy, dan kini menjadi pesepakbola yang hebat buat kami," kata Guardiola dalam sebuah wawancara,

Bahkan, Foden juga pernah mencicipi menjadi Player Escort atau maskot dan anak gawang di Maine Road atau Etihad Stadium.

Foden sendiri akhirnya bisa menembus tim utama Manchester City pada 2017. Saat itu, dia juga sukses membawa Inggris menjadi kampiun Piala Dunia U-17 dan meraih gelar Golden Ball.

Bersama Manchester City, kini Foden sudah mencatatkan 177 penampilan di semua kompetisi dengan mencetak 47 gol dan 35 assist.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini