Intip Bayaran Wasit dan Asisten Wasit di Liga Inggris, Jumlahnya Fantastis!

Penasaran? berikut ulasan seputar bayaran wasit dan asisten wasit di Liga Inggris.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 09 September 2022 | 14:00 WIB
Wasit Anthony Taylor berbicara dengan Cristiano Ronaldo. (Oli Scarff/AFP)

Wasit Anthony Taylor berbicara dengan Cristiano Ronaldo. (Oli Scarff/AFP)

Bolatimes.com - Mengintip bayaran yang diterima wasit dan asisten wasit di Liga Inggris atau Premier League. Tak disangka, jumlahnya bisa dikatakan sangat fantastis.

Pekan ke-6 Liga Inggris 2022/2023 bisa dikatakan menjadi pekan terberat bagi para ofisial, terutama wasit dan asisten wasit di ajang ini.

Bagaimana tidak, beberapa laga di pekan ke-6 Liga Inggris 2022/2023 melahirkan banyak kontroversi, terutama soal keputusan wasit.

Baca Juga: PSSI Sebut Infrastuktur JIS Belum Layak untuk Timnas Indonesia, Sewanya Juga Mahal

Sebagai contoh ada pelanggaran Virgil van Dijk ke Amadou Onana di laga Everton vs Liverpool, di mana wasit tak mengeluarkan kartu merah atas pelanggaran keras tersebut.

Kemudian ada pula gol penyama kedudukan West Ham United di laga kontra Chelsea yang dianulir wasit karena dianggap adanya pelanggaran sebelum gol tercipta.

Belum lagi dengan dianulirnya gol yang tercipta di laga Newcastle United vs Crystal Palace dan dianulirnya gol Philippe Coutinho di laga Aston Villa vs Manchester City yang keduanya berakhir imbang.

Baca Juga: Resmi Latih Chelsea, Graham Potter Ternyata Punya Kenangan Indah dengan Gelandang Bali United

Semua keputusan kontroversial ini pun membuat wasit-wasit di Liga Inggris menjadi sorotan. Apalagi keputusan tersebut membuat salah satu tim dirugikan.

Sorotan terhadap wasit ini datang dari penikmat Liga Inggris yang mempertanyakan kualitas wasit di salah satu kompetisi terpopuler tersebut.

Apalagi banyak yang menganggap wasit-wasit di Liga Inggris memiliki bayaran yang fantastis, sehingga seharusnya para pengadil lapangan ini bisa menunjukkan kualitasnya.

Baca Juga: Bikin Haru, Momen Richarlison Menangis di Pelukan Sang Ayah usai Borong Dua Gol Kemenangan Tottenham di Liga Champions

Terlepas dari keputusan kontroversial tersebut, kira-kira berapa bayaran wasit dan asisten wasit per laga di ajang sekelas Liga Inggris?

Bernilai Fantastis

Dilansir dari berbagai sumber, wasit-wasit di Liga Inggris mendapat bayaran yang berjumlah fantastis untuk setiap laganya.

Baca Juga: Dapatkan Izin Kerja, Diego Costa Segera Gabung Klub Calon Bek Timnas Indonesia U-20

Dilansir dari Metro per Agustus 2022 lalu, wasit di Liga Inggris bisa mendapat bayaran hingga 70 ribu poundsterling per tahunnya atau setara dengan Rp1,2 miliar.

Sedangkan dilansir dari sumber lain seperti Give Me Sport per September 2022 ini, wasit-wasit Liga Inggris mendapat sebesar 1500 poundsterling atau setara Rp25,7 juta per pertandingan.

Dengan kata lain, bayaran tersebut bisa membuat wasit-wasit di Liga Inggris bisa mengantongi 70 ribu hingga 200 ribu poundsterling per tahunnya.

Adapun untuk asisten wasit dan wasit VAR (Video Assistant Referee), akan mendapat bayaran 850 poundsterling (Rp14,6 juta) per pertandingan.

Jika dijumlah dan dihitung per tahunnya, maka asisten wasit dan wasit VAR akan mendapat bayaran 30 ribu poundsterling (Rp515 juta) per tahunnya.

Bayaran ini pun tak dipukul rata ke setiap wasit yang bertugas. Besaran bayaran ditentukan oleh banyaknya pertandingan yang dipimpin atau pengalaman.

Sebagai contoh, musim lalu nama-nama wasit senior seperti Mike Dean, Martin Atkinson, dan Michael Oliver mendapat bayaran 200 ribu poundsterling (Rp3,4 miliar) per tahunnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak