Boladunia

Intip Bayaran Wasit dan Asisten Wasit di Liga Inggris, Jumlahnya Fantastis!

Penasaran? berikut ulasan seputar bayaran wasit dan asisten wasit di Liga Inggris.

Rauhanda Riyantama

Wasit Anthony Taylor berbicara dengan Cristiano Ronaldo. (Oli Scarff/AFP)
Wasit Anthony Taylor berbicara dengan Cristiano Ronaldo. (Oli Scarff/AFP)

Bolatimes.com - Mengintip bayaran yang diterima wasit dan asisten wasit di Liga Inggris atau Premier League. Tak disangka, jumlahnya bisa dikatakan sangat fantastis.

Pekan ke-6 Liga Inggris 2022/2023 bisa dikatakan menjadi pekan terberat bagi para ofisial, terutama wasit dan asisten wasit di ajang ini.

Bagaimana tidak, beberapa laga di pekan ke-6 Liga Inggris 2022/2023 melahirkan banyak kontroversi, terutama soal keputusan wasit.

Sebagai contoh ada pelanggaran Virgil van Dijk ke Amadou Onana di laga Everton vs Liverpool, di mana wasit tak mengeluarkan kartu merah atas pelanggaran keras tersebut.

Kemudian ada pula gol penyama kedudukan West Ham United di laga kontra Chelsea yang dianulir wasit karena dianggap adanya pelanggaran sebelum gol tercipta.

Belum lagi dengan dianulirnya gol yang tercipta di laga Newcastle United vs Crystal Palace dan dianulirnya gol Philippe Coutinho di laga Aston Villa vs Manchester City yang keduanya berakhir imbang.

Semua keputusan kontroversial ini pun membuat wasit-wasit di Liga Inggris menjadi sorotan. Apalagi keputusan tersebut membuat salah satu tim dirugikan.

Sorotan terhadap wasit ini datang dari penikmat Liga Inggris yang mempertanyakan kualitas wasit di salah satu kompetisi terpopuler tersebut.

Apalagi banyak yang menganggap wasit-wasit di Liga Inggris memiliki bayaran yang fantastis, sehingga seharusnya para pengadil lapangan ini bisa menunjukkan kualitasnya.

Terlepas dari keputusan kontroversial tersebut, kira-kira berapa bayaran wasit dan asisten wasit per laga di ajang sekelas Liga Inggris?

Bernilai Fantastis

Dilansir dari berbagai sumber, wasit-wasit di Liga Inggris mendapat bayaran yang berjumlah fantastis untuk setiap laganya.

Dilansir dari Metro per Agustus 2022 lalu, wasit di Liga Inggris bisa mendapat bayaran hingga 70 ribu poundsterling per tahunnya atau setara dengan Rp1,2 miliar.

Sedangkan dilansir dari sumber lain seperti Give Me Sport per September 2022 ini, wasit-wasit Liga Inggris mendapat sebesar 1500 poundsterling atau setara Rp25,7 juta per pertandingan.

Dengan kata lain, bayaran tersebut bisa membuat wasit-wasit di Liga Inggris bisa mengantongi 70 ribu hingga 200 ribu poundsterling per tahunnya.

Adapun untuk asisten wasit dan wasit VAR (Video Assistant Referee), akan mendapat bayaran 850 poundsterling (Rp14,6 juta) per pertandingan.

Jika dijumlah dan dihitung per tahunnya, maka asisten wasit dan wasit VAR akan mendapat bayaran 30 ribu poundsterling (Rp515 juta) per tahunnya.

Bayaran ini pun tak dipukul rata ke setiap wasit yang bertugas. Besaran bayaran ditentukan oleh banyaknya pertandingan yang dipimpin atau pengalaman.

Sebagai contoh, musim lalu nama-nama wasit senior seperti Mike Dean, Martin Atkinson, dan Michael Oliver mendapat bayaran 200 ribu poundsterling (Rp3,4 miliar) per tahunnya.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini