Boladunia

Profil Otto Addo, Pelatih Timnas Ghana di Piala Dunia 2022 yang Masih Minim Pengalaman

Piala Dunia 2022 akan menjadi panggung akbar perdana bagi Otto Addo

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Ghana, Otto Addo, dalam pertandingan uji coba melawan Jepang, 10 Juni 2022. (Charly Triballeau/AFP)
Pelatih Timnas Ghana, Otto Addo, dalam pertandingan uji coba melawan Jepang, 10 Juni 2022. (Charly Triballeau/AFP)

Bolatimes.com - Tugas berat bakal diemban oleh Otto Addo. Dia akan memimpin perjalanan Timnas Ghana pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ini bakal menjadi ajang besar pertama Addo sebagai pelatih Ghana. Dia baru sekitar 8 bulan ditunjuk menjadi pelatih tim berjuluk Black Stars tersebut.

Langkah Ghana tidak akan mudah karena mereka satu grup dengan Portugal, Uruguay, dan jagoan Asia Korea Selatan di Grup H.

Secara materi pemain, Ghana dan Korea Selatan bukan tim unggulan di grup tersebut. Meski begitu, Otto Addo dipastikan bakal berupaya semaksimal mungkin untuk meraih hasil terbaik.

Berikut perjalanan karier dari Otto Addo sebagai seorang pelatih yang dirangkum Bolatimes!

Perjalanan Karier Otto Addo

Otto Addo adalah mantan pemain Timnas Ghana era 1990-an akhir hingga pertengahan 2000-an. Dia tercatat memiliki 15 caps dengan 2 gol buat Ghana.

Sebagai pemain, Addo menghabiskan kariernya dengan membela klub-klub Jerman sejak 1992. Klub terakhir yang dibela olehnya adalah Hamburger SV pada 2008.

Setelah pensiun, Addo langsung terjun ke dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih di tim U019 Hamburger SV dari 2009-2010.

Dia lalu ditunjuk sebagai pelatih kepala tim U-19 Hamburger dari 2010-2015. Selama masa jabatannya itu, dia sempat ditunjuk menjadi asisten pelatih interim tim utama Hamburger pada 2013.

Addo juga diberi tanggung jawab oleh negaranya dengan menjadi kepala pemanduan bakat Ghana dari 2013-2015. Pada 2016, Oddo memulai perjalanan baru dalam kariernya.

Dia sempat menjadi asisten pelatih di FC Nordsjaelland, lalu menjadi pelatih tim pemanduan bakat di Borussia Monchengladbach selama 2 musim.

Di 2019, Otto Addo pulang ke Borussia Dortmund dengan menjadi pelatih pemanduan bakat, lalu diangkat menjadi asisten pelatih selama 2020-2021.

Addo lalu hengkang setelah mendapat tawaran menjadi asisten pelatih Timnas Ghana pada 2021. Dia sempat ditunjuk sebagai pelatih sementara usai pelatih Ghana sebelumnya, Milovan Rajevac, hengkang.

Setelah sukses membawa Ghana lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar, federasi sepak bola Ghana lalu resmi menangkat Addo sebagai pelatih Timnas Ghana.

Prestasi Otto Addo

Sebagai pelatih, Otto Addo belum pernah meraih satupun gelar juara. Ini bisa diwajarkan karena dia belum punya banyak pengalaman.

Selama ini kariernya di dunia kepelatihan lebih banyak dihabiskan dengan melatih tim kelompok umur atau menjadi pemandu bakat.

Meski begitu, dia ikut berjasa membawa Borussia Dortmund meraih gelar Piala DFB Pokal saat menjadi asisten pelatih Edin Terzic.

Profil Otto Addo

Nama: Otto Addo

Tanggal Lahir: 9 Juni 1975

Tempat Lahir: Hamburg, Jerman

Usia: 47 tahun

Kewarganegaraan: Ghana

Karier sebagai Pelatih:

Pelatih di Hamburger SV U-19

Asisten pelatih di FC Nordsjaelland 

Asisten pelatih di Borussia Dortmund

Pelatih di Timnas Ghana.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini