Boladunia

Profil Rigobert Song, Legenda Nyentrik yang Nakhodai Timnas Kamerun di Piala Dunia 2022

Rigobert Song memiliki gaya yang nyentrik saat masih memperkuat Timnas Kamerun

Irwan Febri Rialdi

Rigobert Song saat masih memperkuat Timnas Kamerun. (Carl De Souza/AFP)
Rigobert Song saat masih memperkuat Timnas Kamerun. (Carl De Souza/AFP)

Bolatimes.com - Rigobert Song bakal berupaya menyalurkan pengalaman dan prestasi gemilangnya saat masih aktif bermain kepada Timnas Kamerun yang saat ini dilatihnya.

Ya, Song bakal melakoni debutnya sebagai pelatih Kamerun di turnamen akbar Piala Dunia 2022 Qatar. Dia baru sekitar 8 bulan menjabat posisi pelatih Kamerun.

Tugas Song sendiri tidak akan mudah karena Kamerun tergabung di Grup G bersama Brasil, Serbia, dan Kamerun. Dari materi pemain, Kamerun bukan unggulan di grup ini.

Meski begitu, Rigobert Song bakal berupaya membawa Kamerun melaju sejauh mungkin. Berikut ulasan profil dan perjalanan karier Rigobert Song!

Perjalanan Karier

Rigobert Song adalah salah satu legenda Kamerun yang membela timnas Kamerun dari 1993-2010. Dia juga punya pengalaman bermain di berbagai klub Eropa.

Klub terakhir yang dibela olehnya adalah klub asal Turki, Trabzonspor, pada 2010. Setelah pensiun, dia tidak langsung berkarier sebagai pelatih.

Pada 2015 dia sempat dikabarkan bakal menjadi pelatih Timnas Chad, namun itu tak pernah terwujud. Justru di 2016 dia ditunjuk sebagai pelatih Kamerun Tim A.

Tim ini adalah timnas Kamerun berisikan para pemain yang berbasis atau bermain di Kamerun. Dia sempat menepi sebagai pelatih karena mengalami stroke dan sempat koma.

Setelah sembuh, dia ditunjuk sebagai caretaker Timnas Kamerun pada 2017. Pada Oktober 2018, Rigobert Song ditunjuk menjadi pelatih Kamerun U-23.

Song gagal memberikan hasil terbaik setelah Kamerun U-23 terhenti di penyisihan grup usai menempati peringkat 3 di Grup A.

Terlepas dari hasil itu, Rigobert Song tetap dipercaya oleh Federasi Sepak Bola Kamerun untuk menggantikan Toni Conceicao sebagai pelatih kepala Timnas Kamerun pada Februari 2022.

Prestasi Rigobert Song

Sebagai pelatih, Rigobert Song terbilang sebagai sosok yang masih baru. Jika ditotal, dia baru punya pengalaman sekitar 6 tahun.

Selama menjabat sebagai pelatih, belum ada gelar yang bisa diberikan oleh Song buat Kamerun. Hal ini berbeda saat dia masih menjadi pemain yang sukses memberikan 2 trofi Piala Afrika.

Profil Rigobert Song

Nama: Rigobert Song

Tanggal Lahir: 1 Juli 1976

Tempat Lahir: Nkenglicock, Kamerun

Usia: 46 tahun

Kewarganegaraan: Kamerun

Karier sebagai Pelatih:

Pelatih di Kamerun A - (2016-2018)

Caretaker di Timnas Kamerun - (2017-2018)

Pelatih di Timnas Kamerun U-23 - (2018-2022)

Pelatih di Timnas Kamerun - (2022- sekarang).

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini