Boladunia

Profil Walid Regragui, Pelatih Timnas Maroko di Piala Dunia 2022, Pernah Juarai Liga Champions Afrika

Walid Regragui pernah membawa tim asuhannya menjuarai Liga Champions Afrika

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Maroko, Walid Regragui. (AFP)
Pelatih Timnas Maroko, Walid Regragui. (AFP)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Maroko, Walid Regragui, barangkali menjadi salah satu juru taktik yang memiliki beban paling berat saat mempersiapkan anak asuhnya untuk tampil di Piala Dunia 2022.

Sebab, Walid Regragui hanya memiliki waktu kurang dari tiga bulan untuk mempersiapkan timnas Maroko menghadapi gelaran sebesar Piala Dunia 2022.

Hal ini karena Walid Regragui baru ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Maroko (FRMF) pada akhir Agustus 2022 untuk menggantikan juru taktik sebelumnya, Valid Halilhodzic, yang diakhiri masa kontraknya.

Langkah ini diambil oleh FRMF lantaran terdapat perbedaan dan visi berlainan antara mereka dengan Valid Halilhodzic berkaitan dengan cara terbaik mempersiapkan timnas Maroko di Piala Dunia 2022.

Kabarnya, hubungan antara FRMF meruncing setelah performa buruk yang ditampilkan timnas Maroko di bawah asuhan Halilhodzic di Piala Afrika 2021.

Timnas Maroko merupakan salah satu dari 5 tim asal Afrika yang akan unjuk gigi pada gelaran Piala Dunia 2022 nanti.

Di Piala Dunia 2022 ini, tim nasional berjuluk The Atlas Lions ini tergabung di grup F bersama lawan-lawan berat seperti Kroasia, Belgia, dan Kanada.

Sebagai informasi, Kroasia dan Belgia merupakan Runner Up dan peringkat terbaik ketiga pada Piala Dunia 2018 Rusia lalu. Tentu saja, status tersebut membuat pekerjaan Walid Regragui semakin berat untuk membawa Maroko berprestasi.

Ulasan Karier di Dunia Kepelatihan

Karier kepelatihan Walid Regragui memang bermula dari timnas Maroko pada tahun 2012. Ketika itu, dia ditunjuk untuk menjadi asisten pelatih yang membantu Rachid Taoussi.

Namun, ketika kontrak Rachid Taoussi diputus pada 1 Oktober 2013, nasibnya ikut berakhir. Setelah itu, dia mendapat pekerjaan baru bersama FUS Rabat, klub sepak bola Maroko yang berkompetisi di divisi pertama.

Setelah enam tahun bekerja di sana, Walid Regragui dan pihak FS Rabat memutuskan untuk mengakhiri kerja sama. Setelah itu, dia sempat singgah untuk menakhodai Al-Duhail pada 2020.

Tak lama berselang, dia berlabuh ke klub Maroko lainnya, Wydad AC, pada 10 Agustus 2021. Tak lama berselang, pelatih kelahiran Prancis ini harus mengakhiri tugasnya di sana karena mendapat pekerjaan baru dari Federasi Sepak Bola Maroko (FRMF).

Prestasi Walid Regragui

Selama meniti karier di dunia kepelatihan, Walid Regragui sudah mampu mencatatkan sejumlah prestasi, terutama ketika mengasuh di level klub.

Bersama FUS Rabat, dia mempersembahkan Batola 2015/2016 dan Moroccan Throne Cup 2013/2014. Saat berkarier di Qatar bersama Al-Duhail, dia mampu mempersembahkan Qatar Stars League 2019/2020.

Yang terakhir, bersama Wydad AC, Walid Regragui sukses membawa anak asuhnya meraih gelar Liga Champions Afrika 2021/2022 dan Botola 2021/2022.

Profil

Nama: Walid Regragui

Tempat Lahir: Corbeil-Essonnes, Prancis.

Tanggal Lahir: 23 September 1975

Usia: 46 Tahun

Kewarganegaraan: Maroko

Karier sebagai Pelatih

Asisten Pelatih Timnas Maroko (2012-2013)

FUS Rabat (2014-2020)

Al-Duhail (2020)

Wydad AC (2021-2022)

Timnas Maroko (2022-sekarang)

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini