Boladunia

Profil Gareth Southgate, Pelatih yang Digadang bakal Bawa Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Gareth Southgate dibebani espektasi tinggi, yakni membawa Timnas Inggris juara Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Gareth Southgate/Instagram
Gareth Southgate/Instagram

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Gareth Southgate, pelatih kepala Timnas Inggris untuk ajang Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang.

Timnas Inggris merupakan salah satu kandidat juara Piala Dunia di setiap edisi yang diikuti. Hal ini tak lepas dari banyaknya bintang dan status yang mereka miliki.

Namun, upaya Timnas Inggris untuk menjuarai Piala Dunia pertamanya sejak 1966 pun urung menjadi kenyataan dalam beberapa edisi terakhir.

Meski begitu, tim berjuluk The Three Lions ini hampir menjuarai Piala Dunia 2018, saat berhasil menembus babak semifinal.

Sayangnya, Timnas Inggris harus tumbang di semifinal dan harus puas hanya menjadi peringkat 4 terbaik di Piala Dunia 2018.

Kegagalan ini sepenuhnya tak diratapi oleh para pendukungnya. Pasalnya, keberhasilan menembus semifinal Piala Dunia 2018 merupakan suatu hal yang membanggakan.

Tak heran jikalau nama Gareth Southgate pun dipuja-puja oleh masyarakat Inggris. Apalagi setelah dirinya membawa Timnas Inggris ke final Euro 2020.

Karena kiprahnya di Piala Dunia 2018 dan Euro 2020 itu, Gareth Southgate pun masih akan menahkodai Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 nanti.

Seperti apa rekam jejak Gareth Southgate? Mampukah ia membawa ‘sepak bola kembali ke rumah’ pada Piala Dunia 2022 nanti?

Ulasan Karier sebagai Pelatih

Sebelum menukangi Timnas Inggris, Gareth Southgate sejatinya tak punya nama besar di dunia kepelatihan. Meski begitu namanya sempat melejit saat masih aktif bermain.

Southgate memulai karier kepelatihannya di Middlesbrough, tim terakhir yang ia bela sebagai pemain, pada 2006 silam menggantikan Steve McCLaren.

Pria berusia 52 tahun ini hanya melatih Middlesbrough selama tiga tahun saja. Pasalnya di tahun 2009. Usai dipecat, Southgate sempat menganggur selama beberapa tahun.

Hingga akhirnya, ia mendapat tawaran menukangi Timnas Inggris U-21 pada 2013. Kiprahnya itu kemudian membawanya ke Timnas Inggris senior pada 2016.

Bermula sebagai pelatih sementara pada September 2016, ia kemudian dipermanenkan pada November 2016. Sejak saat itu, dirinya menjadi pelatih kepala The Three Lions hingga saat ini.

Prestasi

Berbicara soal prestasi dalam karier kepelatihannya, Gareth Southgate sejatinya tak punya prestasi mentereng. Ia hanya sekali membawa Timnas Inggris menjadi juara.

Hal tersebut terjadi pada 2016 silam saat Southgate masih menukangi Timnas Inggris U-21. Ia berhasil membawa timnya menjuarai Toulon Cup 2016.

Selebihnya, kiprah terbaik Southgate dalam karier kepelatihannya hanya membawa Timnas Inggris menjadi Runner Up Euro 2020 dan peringkat ketiga UEFA Nations League 2018/2019.

Biodata

Profil Gareth Southgate

Nama: Gareth Southgate
Tempat Lahir: Watford, Inggris
Tanggal Lahir: 3 September 1970
Usia: 52 tahun
Kewarganegaraan: Inggris

Karier sebagai Pelatih:

Pelatih di Middlesbrough – (2006-2009)
Pelatih di Timnas Inggris U-21 – (2013-2016)
Pelatih di Timnas Inggris – (2016-sekarang)

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini