Boladunia

Profil John Herdman, Pelatih dengan CV Unik yang Tangani Timnas Kanada di Piala Dunia 2022

CV John Herdman cukup unik, tetapi dirinya mampu membuktikan diri membawa Kanada lolos ke Piala Dunia setelah absen selama 36 tahun

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Kanada, John Herdman, dalam pertandingan melawan Kosta Rika, 25 Juli 2022. (AFP/Andy Jacobshon)
Pelatih Timnas Kanada, John Herdman, dalam pertandingan melawan Kosta Rika, 25 Juli 2022. (AFP/Andy Jacobshon)

Bolatimes.com - Perjuangan John Herdman dalam membawa prestasi buat Timnas Kanada bakal berlanjut di putaran final Piala Dunia 2022.

Dia menjadi sosok yang berjasa membawa Kanada kembali mentas di Piala Dunia setelah absen 36 tahun lamanya. Terakhir kali Kanada bermain di Piala Dunia yaitu pada edisi 1986.

Kepastian Kanada lolos ke Piala Dunia 2022 didapatkan usai mengalahkan Jamaika pada laga ke-13 kualifikasi Piala Dunia zona CONCACAF.

Di Piala Dunia 2022, tugas Herdman tidak akan mudah karena Kanada tergabung di Grup F bersama Belgia, Kroasia, dan Maroko.

Lantas, siapa sebetulnya John Herdman ini? Berikut ulasan profil dan perjalanan kariernya!

John Durham adalah sosok kelahiran Consett, County Durham, Inggris, pada 19 Juli 1975. Sebagai pelatih tim nasional, nyatanya Herdman tidak punya banyak pengalaman bermain sebagai pesepak bola profesional.

Satu-satunya klub profesional yang pernah dibela oleh John Herdman selama masih bermain dulu adalah klub asal Selandia Baru, Hibiscus Coast.

Minimnya pengalaman bermain ini pula yang bikin karier Herdman sulit berkembang sebagai pelatih di Inggris. Kurangnya karier bermain profesional terbukti menjadi hal skeptisisme yang berupa rintangan sulit untuk diatasi di Inggris.

"Saya tidak akan pernah lupa ada seorang mantan pemain Timnas Inggris saat itu yang melatih di tim junior Inggris dan saya sedang melatih di akademi Sunderland," kata John Herdman dilansir Inews UK.

"Dia menghentikan saya dan berkata:"Hei John, kamu adalah pelatih-guru yang baik. Saya berharap bisa punya skill mengajar seperti kamu, tapi satu hal yang tidak akan pernah kamu miliki adalah pengalaman bermain di depan 60 ribu penonton," kenang Herdman.

Saat John Herdman menjadi pelatih di akademi Sunderland, dia juga adalah seorang dosen part-time di Northumbria University. Dia kemudian pindah ke Selandia Baru pada 2002.

Di Selandia Baru, Herdman memulai kembali karier kepelatihannya. Dia menjadi pelatih timnas putri Selandia baru dari 2006 hingga 2011.

Herdman mampu membawa Selandia Baru putri U-20 berlaga di Piala Dunia 2006 dan 2010. Dia juga membawa timnas putri Selandia Baru senior bermain di Piala Dunia Wanita 2007 dan 2011, dan Olimpiade 2008.

John Herdman kemudian melatih timnas putri Kanada pada 2011. Dia membawa Timnas Putri Kanada menjadi juara di Pan American Games 2011 pada tahun pertamanya.

Prestasi Timnas Putri Kanada makin kentara setelah meraih dua medali perunggu pada Olimpiade 2012 di London dan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Setelah membawa perubahan signifikan kepada timnas putri Kanada, John Herdman ditunjuk sebagai pelatih kepala Timnas Kanada putra.

Dia juga bertanggung jawab dari kelompok umur U-14 hingga U-23 dengan menjabat sebagai Direktur Tim Nasional Kanada.

Pada 2021, buah kerja keras John Herdman meramu Timnas Kanada terasa setelah mampu naik peringkat dari posisi 72 ke rangking 40 FIFA. Ini menjadi peringkat terbaik Kanada.

Tak hanya itu, John Herdman juga bikin penampilan Timnas Kanada solid di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF sehingga mampu lolos ke putaran final di Qatar nanti.

Prestasi

Sebagai pelatih, perjalanan karier Herdman terbilang unik karena semua tim yang dilatih adalah tim wanita. Selama menjadi pelatih Timnas Putri Selandia Baru, tidak ada gelar yang dipersembahkan.

Baru bersama Timnas Putri Wanita Kanada, Herdman meraih sejumlah prestasi. Mulai dari 2 medali perunggu Olimpiade 2012 dan 2016, medali emas Pan American Games 2011, hingga juara Algavre Cup 2016.

Profil John Herdman

Nama: John Herdman

Tempat Lahir: Consett, County Durham, Inggris

Tanggal Lahir: 19 Juli 1975

Kewarganegaraan: Inggris

Karier sebagai Pelatih:

Pelatih di Timnas Putri Selandia Baru - (2006-2011)

Pelatih di Timnas Putri Kanada - (2011-2018)

Pelatih di Timnas Kanda - (2018- sekarang).

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini