Boladunia

Profil Aliou Cisse, Pelatih Timnas Senegal di Piala Dunia 2022 yang Punya Modal Juara Piala Afrika

Aliou Cisse punya modal juara Piala Afrika jelang tampil bersama Senegal di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Aliou Cisse saat antar Timnas Senegal juara Piala Afrika 2021. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)
Selebrasi Aliou Cisse saat antar Timnas Senegal juara Piala Afrika 2021. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Bolatimes.com - Aliou Cisse bakal menemani timnas Senegal berlaga di Piala Dunia 2022, setelah mengantar jadi juara Piala Afrika 2021.

Timnas Senegal di bawah asuhan Aliou Cisse menempati Grup A Piala Dunia 2022 bersama Belanda, Ekuador dan Qatar.

Bukan tanpa alasan Aliou Cisse dan timnas Senegal diprediksi menjadi salah satu kontestan favorit yang melaju ke fase gugur.

Bermodal kemenangan atas Mesir di babak kualifikasi yang digelar pada Maret lalu, Senegal nyaris tak tertandingi di babak ini.

Senegal memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022 setelah mengoleksi 16 poin, hasil dari lima kemenangan dan satu imbang.

Karier Kepelatihan Aliou Cisse

Sosoknya merupakan mantan kapten generasi emas timnas Senegal yang tampil mengejutkan di Piala Dunia 2002, Jepang-Korea Selatan.

Pensiun sebagai pesepak bola di tahun 2009, Cisse melanjutkan kariernya dalam dunia kepelatihan dan langsung menjadi asisten Amara Traore di klub CS Louhans-Cuiseaux FC pada 2010.

Tak butuh waktu lama baginya pada 2012 ditunjuk sebagai asisten pelatih Singa Teranga, bersama Joseph Koto dan Alain Giresse.

Barulah pada Maret 2015, tepat setelah Alain Giresse tak lagi menjabat posisi pelatih, Cisse naik jabatan sebagai pelatih timnas Senegal.

Tiga tahun berselang Cisse sukses membawa Senegal berlaga di Piala Dunia 2018, meskipun gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Sekaligus menjadikan Senegal menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Dunia yang tersingkir karena aturan tiebreak fairplay.

Kesabaran Cisse dan para pemain Senegal berbuah manis, tampil impresif di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski sempat sedikit tertahan Mesir, namun pada akhirnya memastikan langkah ke putaran final turnamen akbar empat tahunan sepak bola dunia ini.

Pretasi

Semenjak ditunjuk sebagai pelatih Senegal pada 2015 lalu, Aliou Cisse baru mampu memberi satu gelar juara di Piala Afrika edisi 2021.

Meskipun sebelumnya sukses membawa Senegal melaju hingga partai puncak turnamen tersebut di tahun 2019, saat itu Senegal kalah dari Aljazair.

Kemudian di tahun 2017, Cisse hanya bisa membawa Senegal melaju hingga babak perempat final usai kalah adu penalti dari Kamerun.

Biodata

Nama: Aliou Cisse

Tempat lahir: Ziguinchor

Tanggal lahir: 24 Maret 1976

Usia: 45 tahun

Kewarganegaraan: Senegal

Karier pelatih:

2010-2012 - CS Louhans-Cuiseaux FC (asisten pelatih)

2012-2015 - Senegal (asisten pelatih)

2013-2015 - Senegal U23 (pelatih)

2015-saat ini - Senegal (pelatih)

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini