Boladunia

Profil Timnas Serbia di Piala Dunia 2022, Tim Penuh Kejutan usai Tekuk Portugal di Kualifikasi

Serbia lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 usai kalahkan Portugal di pertandingan terakhir Grup A Kualifikasi Zona Eropa.

Rauhanda Riyantama

Serbia vs Kosta Rika/Suara.com
Serbia vs Kosta Rika/Suara.com

Bolatimes.com - Timnas Serbia datang ke Piala Dunia 2022 dengan kejutan besar, membekuk jawara Euro 2016 Portugal dan memastikan lolos langsung ke putaran final turnamen.

Kepastian timnas Serbia ke Piala Dunia 2022 didapat usai mengalahkan Portugal di pertandingan terakhir Grup A Kualifikasi Zona Eropa.

Gol kemenangan timnas Serbia tercipta lewat aksi Aleksandar Mitrovic, Portugal terbobol di menit-menit akhir tepatnya pada menit ke-90.

Hasil itu sekaligus mengukuhkan status Serbia sebagai jawara Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A Zona Eropa dan membuat Portugal merana.

Kekalahan dari Serbia membawa Portugal harus melewati fase play-off untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022 Qatar, dan mencatatkan back-to-back berlaga di ajang ini.

Prestasi dan Perjuangan

Piala Dunia 2022 menjadi penampilan ke-12 bagi timnas Serbia di ajang ini, namun baru sekali negara ini mencapai babak semifinal.

Prestasi terbaik Serbia itu diperoleh pada edisi 1962, kala itu negara ini masih termasuk ke dalam Yugoslavia meskipun pada akhirnya gagal ke final.

Yugoslavia kalah dari Czechoslovakia yang kini bernama Republik Ceko dengan skor tipis 0-1, sementara di edisi 2018 Serbia gagal lolos fase grup.

Di perjalanan menuju Piala Dunia 2022, Dusan Tadic dkk mampu finis di posisi pertama babak kualifikasi dengan raihan 20 poin dari 8 pertandingan.

Portugal yang dijagokan justru menerima kekalahan dari Serbia, hingga memaksa Cristiano Ronaldo dkk harus melalui play-off untuk bisa tampil di Qatar.

3 Pemain Kunci

- Nikola Milenkovic

Kariernya di Liga Serbia membuat Nikola Milenkovic merambah Liga Italia, pada musim 2017-2018 Fiorentina dengan mahar 5,1 juta euro.

Enam musim bermain untuk Fiorentina, Nikola Milenkovic berkembang sebagai bek tangguh milik La Viola hingga memastikan satu tempat di skuat timnas Serbia.

Milenkovic juga bakal menjadi andalan timnas Serbia di Piala Dunia 2022, sosoknya adalah pemain tak tergantikan di lini belakang tim nasional.

- Sergej Milinkovic-Savic

Pemain ini bisa dibilang sebagai motor serqangan timnas Serbia di Piala Dunia 2022, sekaligus menjadi pemain yang sangat dipercaya Dragan Stojkovic.

Kariernya di Liga Italia juga sama baiknya seperti Milenkovic, usianya sudah 27 tahun namun kemampuan fisiknya tak perlu diragukan lagi.

Selama di Lazio, sang pemain sudah mencatat 294 pertandingan dengan 58 gol dan sukses memberi gelar Coppa Italia dan Supercoppa Italia.

- Filip Kostic

Namanya menjadi perbincangan dalam beberapa musim terakhir, apalagi saat Eintrach Frankfurt tampil mengesankan di kompetisi Eropa.

Penampilan mengesankan Filip Kostic bersama Frankfurt bahkan membuat Juventus meliriknya dan mulai musim ini memulai kariernya di Liga Italia.

Usianya sudah 29 tahun, Kostic memiliki kelebihan dalam kecepatan dan kualitas bermain di atas rata-rata, karena itulah ia dipercaya Dragan Stojkovic di timnas Serbia.

Pelatih

Penunjukkan Dragan Stojkovic sebagai pelatih timnas Serbia tepat di hari ulang tahunnya, yakni pada 3 Maret 2021.

Kariernya sebagai pelatih tak terlalu diketahui, mengingat ia baru menukangi dua klub bahkan di luar Serbia, yakni Nagoya Grampus dan Guangzhou City FC.

Namun prestasinya cukup mentereng, bekal yang bakal dibawa ke Piala Dunia 2022 adalah gelar juara J.League dan Piala Super Jepang untuk Nagoya.

Daftar Pemain (per Juni 2022)

Penjaga Gawang
Predrag Rajkovic (Reims)
Marko Dmitrovic (Sevilla)
Vanja Milinkovic-Savic (Torino)

Bertahan
Nikola Milenkovic (Fiorentina)
Strahinja Pavlovic (Basel)
Strahinja Erakovic (Red Star Belgrade)
Milos Veljkovic (Werder Bremen)
Erhan Masovic (VFL Bochum)
Stefan Mitrovic (Getafe)
Mihailo Ristic (Montpellier)
Aleksa Terzic (Fiorentina)
Filip Madenovic (Legia Warsawa)

Gelandang
Nemanja Maksimovic (Getafe)
Marko Grujic (FC Porto)
Uros Racic (Valencia)
Nemanja Gudelj (Sevilla)
Sergej Milinkovic-Savic (Lazio)
Sasa Lukic (Torino)
Ivan Ilic (Hellas Verona)
Filip Kostic (Eintracht Frankfurt)
Nemanja Radonjic (Benfica)
Darko Lazovic (Hellas Verona)
Filip Djuricic (Sassuolo)

Penyerangan
Dusan Tadic (Ajax Amsterdam)
Andirja Zivkovic (Paok Thessaloniki)
Dusan Vlahovic (Juventus)
Aleksandar Mitrovic (Fulham)
Luka Jovic (Fiorentina)
Djordje Jovanovic (Maccabi Tel Aviv)

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini