Boladunia

Profil Timnas Ghana di Piala Dunia 2022, Pernah Bikin Sejarah Lolos ke Perempatfinal

Timnas Ghana punya sejarah mentereng dengan lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2010.

Rauhanda Riyantama

Para pemain Timnas Ghana berselebrasi usai memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022. (Pius Utomi Ekpei/AFP)
Para pemain Timnas Ghana berselebrasi usai memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022. (Pius Utomi Ekpei/AFP)

Bolatimes.com - Berikut profil Timnas Ghana jelang partisipasinya di ajang bergengsi di kancah sepak bola, yakni Piala Dunia 2022 Qatar.

Ghana merupakan salah satu dari 6 tim asal Afrika yang akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022, menyusul keberhasilannya lolos ke putaran final.

Di Piala Dunia 2022 ini, Ghana akan tergabung di grup cukup berat, yakni grup H, bersama Portugal, Uruguay, dan juga Korea Selatan.

Ketiga lawan Ghana di babak grup ini merupakan lawan tangguh. Sebab, ketiganya punya nama besar dan kiprah mentereng di pentas Piala Dunia.

Meski kalah status dan sejarah di Piala Dunia, Ghana tak serta merta berkecil hati. Sebab, tim berjuluk The Black Star ini juga punya sejarah mentereng di Piala Dunia.

Kiprah mentereng Ghana terjadi di Piala Dunia 2010 lalu, saat membuat kejutan dengan berhasil melangkah ke perempat final.

Hanya saja, Ghana harus menelan pil pahit gagal mencetak sejarah sebagai tim Afrika pertama yang ke semifinal pasca dikalahkan Uruguay, calon lawannya di Piala Dunia 2022 nanti, lewat drama adu penalti pada 2010 silam.

Pengalaman apik pada 2010 itu pun akan coba diulangi Ghana di Piala Dunia 2022 nanti. Bagaimana kans The Black Star pada ajang empat tahunan yang akan berlangsung di Qatar tersebut?

Kiprah Timnas Ghana di Piala Dunia

Dibandingkan Kamerun dan negara besar Afrika lainnya, Timnas Ghana merupakan salah satu tim yang paling sedikit lolos ke Piala Dunia.

Meski punya penampilan paling sedikit, yakni dengan 3 penampilan, Ghana memiliki catatan apik dengan lolos ke babak 16 besar di partisipasi pertamanya pada 2006 silam dan lolos ke perempat final pada Piala Dunia 2010.

Ghana sendiri mampu lolos ke Piala Dunia 2022 usai jadi juara grup G di ronde kedua dan mengalahkan Nigeria di ronde ketiga.

3 Pemain Kunci

Untuk Piala Dunia 2022 ini, Ghana akan memanggil para pemainnya yang banyak berkiprah di liga-liga top Eropa saat ini.

Dari sekian banyak pemain itu, diyakini ada 3 pemain kunci yang akan jadi andalan, yakni Thomas Partey, Mohammed Kudus, dan Jordan Ayew.

Thomas Partey merupakan gelandang andalan Ghana dan juga Arsenal yang malang melintang di liga top Eropa. Pun serupa dengan Jordan Ayew yang bermain di Liga Inggris bersama Crystal Palace.

Selain itu ada nama pemain muda yang naik daun, yakni Mohammed Kudus yang menjadi andalan tim sekelas Ajax Amsterdam di Eredivisie Belanda.

Pelatih: Otto Addo

Di Piala Dunia 2022 ini, Ghana akan mengandalkan pengalaman Otto Addo yang telah malang melintang sebagai pemain dan pelatih.

Mantan pemain Borussia Dortmund ini sejatinya merupakan pelatih interim Ghana. Namun ia kemudian ditunjuk sebagai pelatih tetap pada Maret 2022 lalu.

Otto Addo ditetapkan sebagai pelatih tetap usai membawa Ghana lolos ke Piala Dunia 2022 dengan unggul gol tandang atas Nigeria.

Tota Otto Addo telah memimpin Ghana sebanyak 6 pertandingan dengan catatan 2 kemenangan, 3 hasil imbang dan 1 kekalahan.

Daftar Pemain (per 14 Juni 2022)

Kiper:

Abdul Manaf Nurudeen
Richard Ofori
Lawrence Ati-Zigi

Bek:

Denis Nkrumah-Korsah
Baba Rahman
Daniel Amartey
Edmund Addo
Joseph Aidoo
Gideon Mensah
Denis Odoi
Alidu Seidu
Nicholas Opoku

Gelandang:

Thomas Partey
Jeffrey Schlupp
Alfred Duncan
Mohammed Kudus
Christopher Antwi-Adjei
Abdul Fatawu Issahaku
Alexander Djiku
Nicholas Opoku

Penyerang:

Jordan Ayew
Andre Ayew
Felix Afena-Gyan
Benjamin Tetteh
Emmanuel Gyasi
Kamaldeen Sulemana
Richmond Boakye
Samuel Owusu

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini