Boladunia

Profil Timnas Brasil di Piala Dunia 2022, Penantang Kuat Juara

Brasil datang ke Piala Dunia 2022 dengan status calon kuat juara karena dihuni bintang sepak bola dunia.

Rauhanda Riyantama

Timnas Brassil di Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)
Timnas Brassil di Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Brasil memastikan diri melaju ke putaran final Piala Dunia 2022, Negeri Samba memastikan diri sebagai negara yang tak pernah absen dari ajang Piala Dunia.

Keikutsertaan Brasil di Piala Dunia dimulai sejak turnamen pertama kali digelar pada 1930, selain tak pernah absen juga menjadi yang tersukses.

Timnas Brasil mengoleksi lima gelar Piala Dunia, meskipun sejak 2002 pamor Selecao sebagai negara dengan pamor pesepak bola dan permainan atraktif mulai luntur.

Piala Dunia 2014 sempat menjadi kesempatan Brasil memantaskan diri sebagai yang terbaik, namun status tuan rumah di saat itu berakhir dengan kekecewaan terbesar.

Brasil terbantai di babak perempat final setelah terbantai Jerman dengan skor 1-4, sekaligus menjadi pelengkap derita Brasil di Piala Dunia.

Prestasi dan Perjuangan

Brasil pertama kali meraih gelar juara di edisi 1958, setelah itu meraih gelar kedua pada edisi 1962 alias dua kali beruntun.

Tiga gelar Piala Dunia setelahnya didapat Brasil pada edisi 1970, 1994 dan 2002, setelah itu pamor mereka luntur dalam empat edisi selanjutnya.

Brasil hanya bisa sampai ke perempat final pada edisi 2006 dan 2010, kemudian merebut peringkat keempat pada 2014 sebelum kembali hanya sampai ke perempat final pada 2018.

Sementara itu perjalanan menuju ke Piala Dunia 2022 membuat Brasil digadang-gadang sebagai calon kuat peraih gelar juara di edisi saat ini.

Kepastian melangkah ke putaran final didapat setelah Brasil mengalahkan Kolombia di laga ke-11 kualifikasi zona Amerika Selatan dengan skor 1-0.

Brasil lolos sebagai pemuncak klasemen dengan status tak terkalahkan dalam 17 laga kualifikasi, diikuti Argentina yang berada di peringkat kedua.

Catatan pertandingan Brasil 14 kemenangan dan tiga kali imbang, sementara Neymar menjadi pemain pencetak gol terbanyak kedua dengan delapan gol selama kualifikasi.

3 Pemain Kunci

- Neymar

Neymar merupakan pemain andalan Brasil dalam beberapa tahun terakhir, namanya pun otomaits masuk dalam daftar pemain asuhan Tite.

Status kebintangan Neymar tentu sudah tak perlu diragukan di level klub, sang pemain sudah mencatat 100 gol dan 60 assist dalam 144 pertandingan dengan PSG.

Sementara di level klub, Neymar sudah melesakkan 74 gol dan 51 assist dari 118 pertandingan, tentu menjadikan dirinya sebagai salah satu pemain kunci Brasil.

- Lucas Paqueta

Sempat kesulitan di awal-awal bermain bersama timnas Brasil, Paqueta menjelma sebagai salah satu andalan lini tengah tim Sambar.

Posisinya pun tak tergantikan, baik di level klub setelah hijrah dari AC Milan ke Lyon pada musim 2020-2021 lalu.

Paqueta sudah mencatat 33 pertandingan bersama timnas Brasil, dan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 berhasil mencetak tiga gol.

- Vinicius Junior

Lini serang Brasil tak pernah kehabisan pemain, moncernya Vinicius Jr bersama Real Madrid tentu membuatnya otomatis masuk ke dalam skuat Brasil di Piala Dunia 2022.

Vinicius menjlema sebagai pemain andalan Real Madrid dalam beberapa musim terakhir, seolah mendapatkan sosok Cristiano Ronaldo yang baru.

Kualitas Vini Jr di atas lapangan sangat diperlukan Brasil, kombinasinya dengan Neymar bisa membuat tim lawan di Piala Dunia 2022 terancam jadi lumbung gol.

Pelatih

Tite bukan sosok asing bagi sepak bola Brasil, pria yang sukses memahami karakteristik para pemain bintang Negeri Samba.

Sepanjang kariernya, Tite sudah menangani 17 klub dan terakhir menjadi pelatih Corinthians sebelum resmi menukangi Brasil pada Juni 2016.

Bersama Brasil, Tite sukses mengoleksi 74 pertandingan dan meraih 55 kemenangan, 14 imbang serta hanya 5 kekalahan.

Jika dilihat dari segi presentase kemenangan, Brasil di bawah asuhan Tite memiliki presentase kemenangan mencapai 74 persen.

Daftar Pemain (per Juni 2022)

Penjaga Gawang
Alisson (Liverpool)
Ederson (Manchester City)
Weverton (Palmeiras)

Bertahan
Danilo (Juventus)
Dani Alves (Barcelona)
Alex Telles (Manchester United)
Guilherme Arana (Atletico Mineiro)
Thiago Silva (Chelsea)
Éder Militão (Real Madrid)
Marquinhos (Paris Saint-Germain)
Gabriel Magalhees (Arsenal)

Gelandang
Casemiro (Real Madrid)
Fabinho (Liverpool)
Fred (Manchester United)
Lucas Paqueta (Lyon)
Arthur (Juventus)
Bruno Guimaraes (Newcastle)
Philippe Coutinho (Aston Villa)

Penyerangan
Neymar (Paris Saint-Germain)
Richarlison (Everton)
Vinicius Junior (Real Madrid)
Rodrygo (Real Madrid)
Gabriel Martinelli (Arsenal)
Antony (Ajax)
Raphinha (Leeds)

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini