Boladunia

Profil Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Menanti Tuah Sang Finalis

Timnas Kroasia tampil di Piala Dunia 2022 dengan status tim finalis edisi sebelumnya.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi pemain Timnas Kroasia usai lolos ke babak 16 besar Euro 2020. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)
Selebrasi pemain Timnas Kroasia usai lolos ke babak 16 besar Euro 2020. (PAUL ELLIS / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Berikut profil Timnas Kroasia, Runner Up Piala Dunia 2018 yang akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Qatar dalam waktu dekat.

Timnas Kroasia akan meneruskan pencapaian terbaiknya di pada edisi Piala Dunia 2018 lalu saat berkiprah di Piala Dunia 2022 pada November mendatang.

Tim nasional berjuluk Vatreni ini berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 dan akan tergabung di grup F pada babak grup nanti.

Di grup F ini, Timnas Kroasia akan tergabung bersama tim kuat seperti Belgia dan juga dua kuda hitam asal Afrika dan Amerika Utara, Maroko dan Kanada.

Di atas kertas, Timnas Kroasia, bersama Belgia, diyakini bisa lolos dari grup F dan melaju ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Apalagi dengan deretan bintang yang ada di tubuh Timnas Kroasia saat ini. Bisa dikatakan, mayoritas para pemain Vatreni bermain di liga-liga top Eropa.

Karenanya, Timnas Kroasia percaya diri bisa melangkah jauh seperti pada Piala Dunia 2018 lalu dan menjadi kuda hitam di tengah kepungan para unggulan juara.

Bagaimana kans Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022 nanti? Untuk menjawabnya, ada baiknya melihat komposisi tim, pelatih dan kiprahnya di ajang empat tahunan tersebut.

Kiprah Timnas Kroasia di Piala Dunia

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, pencapaian terbaik Timnas Kroasia di Piala Dunia adalah menjadi Runner Up pada edisi 2018 silam.

Sebelum bisa menjadi Runner Up Piala Dunia, Timnas Kroasia sendiri merupakan langganan Piala Dunia, sejak negara tersebut lepas dari Yugoslavia.

Tercatat, Timnas Kroasia telah berpartisipasi di Piala Dunia sebagai negara merdeka sejak 1996. Sejak saat itu, Vatreni hanya sekali saja gagal lolos, yakni pada edisi 2010.

Catatan Timnas Kroasia di babak kualifikasi pun cukup baik, dengan 43 kemenangan, 20 hasil imbang dan 9 kekalahan. Di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vatreni mampu lolos dengan status juara grup H mengangkangi Rusia, Slovakia dan Slovenia.

3 Pemain Kunci

Mengingat banyaknya pemain Timnas Kroasia yang berlaga di liga-liga top Eropa, Vatreni akan memanggil seluruh pemain terbaiknya untuk Piala Dunia 2022 nanti.

Nantinya ada 3 pemain yang diprediksi menjadi andalan di Piala Dunia 2022 nanti, yakni Luka Modric, Mateo Kovacic, dan Ivan Perisic.

Luka Modric menjadi pemain paling senior di kubu Kroasia. Ia pun juga berstatus kapten dan pemain terbaik yang dimiliki Vatreni saat ini.

Sedangkan Mateo Kovacic dan Ivan Perisic merupakan dua pilar andalan Kroasia karena kiprahnya di level klub bersama klub papan atas seperti Chelsea dan Tottenham Hotspur.

Pelatih: Zlatko Dalic

Untuk Piala Dunia 2022 ini, Kroasia masih mengandalkan nama Zlatko Dalic sebagai pelatih. Pria berusia 55 tahun ini menjabat sebagai pelatih Vatreni sejak 2017 silam.

Dalam kiprah kepelatihannya, Zlatko Dalic mampu membawa Kroasia menjadi Runner Up Piala Dunia 2018 dan membuat Vatreni menjadi salah satu negara elite Eropa.

Sebelum melatih Kroasia, Zlatko Dalic tercatat hanya melatih tim-tim di Kroasia dan juga di Asia, dengan prestasi meraih gelar bergengsi dan juga menjadi Runner Up Liga Champions Asia pada 2016.

Selama menukangi Kroasia, Zlatko Dalic telah memimpin sebanyak 60 laga dengan catatan 29 kemenangan, 14 hasil imbang, dan 17 kekalahan.

Daftar Pemain (per 12 Juni 2022)

Kiper:

Dominik Livakovic
Nedilijko Labrovic
Ivica Ivusic

Bek:

Josko Gvardiol
Duje Caleta-Car
Borna Sosa
Dejan Lovren
Josip Juranovic
Domagoj Vida
Josip Stanisic
Josip Sutalo
Martin Erlic

Gelandang:

Luka Modric
Mateo Kovacic
Marcelo Brozovic
Mario Pasalic
Nikola Vlasic
Kristijan Jakic
Luka Ivanusec
Lovro Majer
Luka Sucic

Penyerang:

Ivan Perisic
Andrej Kramaric
Josip Brekalo
Mislav Orsic
Bruno Petkovic

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini