Profil Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022, Penuh Bintang dari Liga Top Eropa

Korea Selatan akan menjadi kuda hitam menakutkan di Piala Dunia 2022

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 04 September 2022 | 22:00 WIB
Kapten timnas Korea Selatan,Son Heung-min menangis di Piala Dunia 2018 (AFP)

Kapten timnas Korea Selatan,Son Heung-min menangis di Piala Dunia 2018 (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Korea Selatan menjadi salah satu wakil Asia di Piala Dunia 2022, 21 November hingga 18 Desember mendatang.

Korea Selatan menjadi satu dari enam wakil Asia yang memegang tiket putaran final Piala Dunia edisi tahun ini di Qatar. Ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah konfederasi Asia menempatkan 6 wakil di ajang paling bergengsi ini.

Keenam wakil Asia itu adalah Arab Saudi, Qatar (tuan rumah), Australia, Jepang, Iran, dan Korea Selatan. Adapun, ini adalah kali keenam Arab Saudi mentas di Piala Dunia.

Pertama kali Korea Selatan tampil di Piala Dunia adalah pada edisi 1954 yang berlangsung di Swiss. Saat itu, Korea Selatan cuma sampai di babak penyisihan grup.

Lama absen, Korea Selatan baru kembali mentas di Piala Dunia pada 1986 dan terus konsisten lolos hingga Piala Dunia 2022.

Perjalanan di Kualifikasi dan Prestasi

Korea Selatan total sudah 11 kali tampil di putaran final Piala Dunia. Mereka menjadi salah satu negara Asia paling konsisten meloloskan diri ke pentas sepak bola terbesar sejagat ini.

Adapun, prestasi terbaik Korea Selatan adalah menempati posisi keempat di Piala Dunia 2022. Saat itu, Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama Jepang.

Sementara untuk perjalanan Korea Selatan di kualifikasi Piala Dunia 2022 sendiri dimulai dengan menjadi pemuncak klasemen Grup H babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC.

Korea Selatan meraih 5 kemenangan dan cuma sekali imbang dari 6 laga di babak kedua ini. Di babak ketiga kualifikasi, Korea Selatan masih tampil solid.

Mereka menempati posisi kedua di Grup A dengan koleksi 23 poin. Meski kalah dari Iran yang ada di puncak klasemen, Korea Selatan tetap lolos otomatis ke Piala Dunia 2022.

Pelatih dan Pemain Kunci

Di Piala Dunia 2022 nanti, Korea Selatan tergabung di Grup H bersama Ghana, Portugal, dan Uruguay. Dari materi pemain, grup ini terbilang sangat ketat dan sulit buat Korea Selatan.

Pasalnya, Portugal, Uruguay, dan Ghana diprediksi akan diperkuat pemain-pemain terbaik mereka yang bermain di tim-tim elite Eropa. 

Untuk menghadapi tim-tim kuat itu, Korea Selatan akan sangat bergantung kepada pemain-pemain kunci mereka seperti winger Tottenham Hotspur, Son Heung-min.

Pemain berusia 30 tahun itu sekaligus menjadi kapten tim dengan catatan 102 penampilan dan mencetak 33 gol. Selain Son, ada juga pemain Wolverhampton Wanderers, Hwang Hee-chan.

Dengan usianya yang masih 26 tahun, pemain yang pernah dikalahkan Evan Dimas dkk pada 2013 silam ini sudah mengoleksi 47 caps dengan 8 gol.

Selain pemain-pemain depan, Korea Selatan juga punya pemain kunci di lini belakang yang bermain di Eropa. Adalah Kim Min-jae yang baru saja bergabung dengan Napoli.

Untuk posisi pelatih, Korea Selatan masih akan dilatih oleh Paulo Bento. Pelatih asal Portugal itu sudah menukangi Korea Selatan sejak 2018.

Daftar Pemain Korea Selatan:

Kiper

Hyeon-woo Jo

Bum-Keun Song

Seung-Gyu Kim

Bek

Min-Jae Kim

Kyung-won Kwon

Ji-soo Park

Young-won Kim

Jae-ik Lee

Jin-Su Kim

Tae-hwan Kim

Jong-Gyu Yoon

Gelandang

Du-Jae Won

Woo-young-Jung

Seung-beom Ko

Min-kyu Park

Jae-sung Lee

Striker

Heung-min Son

Min-kyu Song

Chang-hoon Kwon

Young-wook Cho

Hee-chan Hwang

Ui-jo Hwang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak