Boladunia

Profil Timnas Swiss di Piala Dunia 2022, Penantang Kuat Brasil di Grup G

Timnas Swiss tampil mengesankan selama kualifikasi, tak tersentuh kekalahan.

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Timnas Swiss, Granit Xhaka, berselebrasi usai menyingkirkan Prancis di Euro 2020. (Justin Setterfield/AFP)
Gelandang Timnas Swiss, Granit Xhaka, berselebrasi usai menyingkirkan Prancis di Euro 2020. (Justin Setterfield/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Swiss melanjutkan tren positif mereka dengan memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Swiss akan tampil di putaran final Piala Dunia untuk ke-12 kalinya dan menjadi yang kelima secara beruntun. Ini artinya, sudah sejak edisi 2006 mereka tak pernah absen.

Tim berjulukan Nati ini pertama kali ikut di Piala Dunia pada 1934, ketika mereka berhasil mencapai perempat final. Sepanjang sejarah keikutsertaan mereka, itu adalah pencapaian terbaik Swiss.

Bukan cuma sekali Swiss sampai di babak perempat final Piala Dunia, selain di edisi 1934, Swiss melakukannya pada 1938 dan 1954.

Di Piala Dunia 2022, tim asuhan Murat Yasin ini tergabung dalam Grup G bersama peringkat 1 dunia, Brasil, juga ada Serbia (ranking 25) dan Kamerun (38).

Swiss berada di ranking 16 dunia, menjadikan mereka dan Brasil dua tim yang difavoritkan di grup ini. Meski begitu, Swiss tak boleh lengah dengan peserta lain.

Perjalanan di Kualifikasi Piala Dunia

Swiss tampil sangat menjanjikan sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona UEFA. Tergabung di Grup A bersama Italia, Irlandia Utara, Bulgaria, dan Lithuania, Swiss menjadi pemuncak klasemen.

Swiss tak pernah kalah dengan mencatatkan 5 kemenangan dan 3 kali imbang dari 8 laga. Dengan menjadi juara grup, Swiss otomatis langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Pemain Bintang dan Pelatih

Rata-rata skuad Swiss saat ini berusia 27,2 tahun dan masih dipimpin dua pemain bintang mereka, Xhaka Granit dan Xherdan Shaqiri.

Selain itu ada Breel Embolo, penyerang anyar dari AS Moncao yang menjadi pemain tertajam Swiss sepanjang kualifikasi Piala Dunia.

Pemain berusia 25 tahun itu dua kali menjadi man of the match dan mencetak 3 gol serta 3 assist dari 4 pertandingan fase penyisihan.

Untuk pelatih, Murat Yakin sudah menangani Timnas Swiss sejak Agustus 2021. Dari 13 laga, Murat Yakin mengantarkan Swiss meraih 5 kemenangan, 4 kali imbang, dan 4 kali kalah.

Daftar Pemain Timnas Swiss di Piala Dunia 2022:

Kiper

Gregor Kobel

Jonas Omlin

David von Ballmoos

Bek

Manuel Akanji

Nico Elvedi

Ricardo Rodríguez

Eray Comert

Kevin Mbabu

Jordan Lotomba

Silvan Widmer

Gelandang

Granit Xhaka

Fabian Frei

Remo Freuler

Djibril Sow

Michel Aebischer

Rubén Vargas

Steven Zuber

Renato Steffen

Xherdan Shaqiri

Striker

Breel Embolo

Noah Okafor

Andi Zeqiri.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini