Boladunia

Kiprah Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022, Mampukah Raih Gelar Juara?

Timnas Spanyol masuk jadi salah satu calon kuat peraih gelar juara Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Timnas Spanyol Juara Piala Dunia 2010 (AFP)
Timnas Spanyol Juara Piala Dunia 2010 (AFP)

Bolatimes.com - Berikut profil Timnas Spanyol, salah satu kandidat juara Piala Dunia 2022 yang akan tampil di Qatar pada November mendatang.

Timnas Spanyol merupakan salah satu tim unggulan atau tim kandidat juara yang akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022 Qatar.

Tim berjuluk La Furia Roja ini masuk dalam daftar tim unggulan karena kiprahnya di ajang empat tahunan tersebut.

Dalam sejarahnya, Timnas Spanyol berhasil merengkuh satu gelar Piala Dunia, yakni pada 2010 yang digelar di Afrika Selatan.

Tak hanya karena rekam jejak pernah menjadi juara, Timnas Spanyol menjadi tim unggulan karena memiliki banyak bintang di lapangan hijau.

Selain itu, kompetisi domestik Spanyol seperti LaLiga merupakan salah satu kompetisi terpopuler dan terbaik di dunia sepak bola.

Dengan iklim sepak bola yang baik di negaranya, deretan bintang yang berlaga di liga-liga top dunia, Timnas Spanyol otomatis masuk daftar unggulan di Piala Dunia 2022 nanti.

Akankah Timnas Spanyol bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2022 kelak? Untuk menjawabnya, ada baiknya melihat kiprah La Furia Roja di Piala Dunia serta komposisi pemain dan pelatih yang akan berlaga di ajang itu.

Kiprah Timnas Spanyol di Piala Dunia

Dalam sejarahnya, Timnas Spanyol merupakan langganan Piala Dunia. Sejak partisipasinya pada 1934, La Furia Roja telah lolos ke putaran final sebanyak 16 kali termasuk untuk edisi 2022 ini.

Bahkan hebatnya, Timnas Spanyol tak pernah absen dari Piala Dunia sejak 1978, dan selalu berhasil menembus putaran final.

Pencapaian terbaik Timnas Spanyol tentunya adalah kala generasi emasnya berhasil menjuarai Piala Dunia 2010. Selebihnya, kiprah terbaik La Furia Roja hanya mencapai babak perempat final.

Sedangkan di Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Spanyol punya catatan mentereng, yakni 87 kemenangan, 26 hasil imbang, dan hanya kalah sebanyak 12 kali dari 125 laga kualifikasi Piala Dunia.

3 Pemain Kunci

Di Piala Dunia 2022 ini, Timnas Spanyol diyakini akan memilih para pemain terbaiknya yang berlaga di kompetisi domestik maupun di kompetisi Eropa lainnya.

Dari sekian banyak pemain, ada 3 nama yang diyakini akan menjadi andalan di Piala Dunia 2022, yakni Alvaro Morata, Sergio Busquets, dan Thiago Alcantara.

Nama Morata tengah naik daun menyusul kiprah menterengnya di Timnas Spanyol dan juga bersama Atletico Madrid musim ini.

Sedangkan Sergio Busquets dan Thiago Alcantara merupakan pemain senior yang diharapkan bisa membimbing para pemain muda Timnas Spanyol untuk melewati setiap laga di Piala Dunia 2022.

Pelatih: Luis Enrique

Di Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Spanyol akan dipimpin dari pinggir lapangan oleh pelatih kenamaan dalam diri Luis Enrique.

Luis Enrique merupakan pelatih jempolan di sepak bola Eropa. Hal ini terbukti dari kiprahnya kala berstatus pelatih di level klub.

Dari tangannya, Barcelona mampu meraih Treble Winner di musim 2014/2015. Selain itu, ia juga berhasil meraih penghargaan individu seperti pelatih terbaik dunia versi FIFA.

Sedangkan di level tim nasional, Luis Enrique belum memberikan gelar bagi Spanyol. Namun ia berhasil membawa La Furia Roja menjadi Runner Up UEFA Nations League 2021.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini