Boladunia

Profil Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Tim Penuh Kejutan yang Jadi Ancaman

Denmark lolos ke Piala Dunia 2022 dengan modal apik usai jadi juara grup babak kualifikasi.

Rauhanda Riyantama

Martin Braithwaite merayakan kelolosan Timnas Denmark ke perempatfinal Euro 2020. (OLAF KRAAK / POOL / AFP)
Martin Braithwaite merayakan kelolosan Timnas Denmark ke perempatfinal Euro 2020. (OLAF KRAAK / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Denmark diharap mampu berbicara banyak di Piala Dunia 2022 Qatar, tak hanya sebagai kontestan pemeriah kompetisi dan habis di babak penyisihan grup.

Lolosnya Denmark ke Piala Dunia 2022 bukan suatu keberuntungan yang diraih, status juara Grup F Babak Kualifikasi disandang mereka.

Tim berjuluk Danish Dynamite ini mengoleksi 27 poin dari sembilan kemenangan dan satu kekalahan sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di Piala Dunia 2022, timnas Denmark tergabung dalam Grup D bersama beberapa tim kuat seperti Australia, Tunisia dan juara bertahan, Prancis.

Prestasi dan Perjuangan

Piala Dunia 2022 menjadi ajang keenam yang diikuti sepanjang sejarah Denmark di turnamen ini, sebelum itu mereka tampil di edisi 1986, 1998, 2002, 2010 dan 2018.

Menariknya lima penampilan terakhir, prestasi terbaik Denmark di Piala Dunia terjadi pada edisi 1998 yang digelar di Prancis.

Kala itu Denmark mampu mencapai babak perempat final, sementara itu modal besar sudah dibawa mereka mengarungi Piala Dunia 2022.

Tampil trengginas di babak kualifikasi jadi alasannya, tim asuhan Kasper Hjulmand ini keluar sebagai juara grup dengan koleksi 27 poin.

Dari 10 laga, Denmark sukses menorehkan 30 gol dan hanya 3 kali kebobolan selama babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertahanan Denmark jadi yang terbaik di zona Eropa, selain itu menjadi tim ketiga yag memastikan diri lolos ke putaran final setelah Qatar dan Jerman.

3 Pemain Kunci

- Kasper Schmeichel

Status putra dari kiper legendaris memang sudah tersemat dalam sosok Kasper Schmeichel, hal itu dibuktikan selama kualifikasi Piala Dunia 2022.

Gawangnya hanya terbobol sebanyak 3 kali dari 10 pertandingan kualifikasi, kemampuannya juga tak lepas dari pengalaman menjadi kiper di Liga Inggris.

Bersama Leicester City sejak 2011, Kasper sudah membukukan 477 penampilan dengan satu gelar juara Premier League pada musim 2015-2016.

Sepanjang membela timnas Denmark, Kasper sukses mengoleksi 41 clean sheet dari 81 pertandingan yang sudah dijalaninya.

- Christian Eriksen

Eriksen boleh jadi sudah tidak sempurna seperti sedia kala pasca insiden serangan jantung yang dialaminya di Piala Eropa lalu.

Namun kualitasnya sebagai pemain tidak tergantikan di timnas Denmark, Eriksen memiliki kreativitas dan akurasi umpan sangat baik.

Sebagai ikon timnas Denmark, posisinya tentu tak bisa digantikan sembarangan pemain termasuk untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

- Yussuf Poulsen

Poulsen menjadi salah satu striker mematikan di Bundesliga bersama RB Leipzig, karena itulah ia juga masuk dalam jajaran pemain kunci timnas Denmark di Piala Dunia 2022.

Usianya masih 28 tahun, Poulsen memiliki kualitas sebagai mesin pencetak gol dengan kekuatan tendangan dan penguasaan bola yang baik.

Poulsen membela timnas Denmark sejak berusia 20 tahun dan pertama kalinya di tahun 2014, saat ini sudah mengemas 11 gol dan 12 assist.

Pelatih

Kasper Hjulmand ditunjuk menukangi timnas Denmark sejak Juni 2019, muncul sebagai pengganti Age Hareide yang kontraknya selesai pasca Piala Eropa 2020.

Di luar dugaan, Hjulmand sukses membawa Denmark melaju ke semifinal Piala Eropa 2020 meskipun kalah dari Inggris di perpanjangan waktu.

Meski belum banyak pengalaman sebagai pelatih, kualitas Hjulmand terbilang sudah dibuktikan dengan membawa Denmark mengoleksi 9 kemenangan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejak menukangi Denmark, Hjulmand sukses menorehkan 22 kemenangan, dua imbang dari 32 pertandingan yang sudah dipimpinnya.

Daftar Pemain (per Juni 2022)

Kiper
Kasper Schmeichel (Nice)
Peter Vindahl Jensen (AZ)
Daniel Iversen (Leicester City)

Bertahan
Joachim Andersen (Crystal Palace)
Jannik Vestergaard (Leicester City)
Victor Nelsson (Galatasaray)
Joakim Maehle (Atalanta)
Andreas Christensen (Chelsea)
Rasmus Kristensen (Leeds United)
Jens Stryger Larsen (Trabzonspor)
Nicolai Boilesen (Copenhagen)

Gelandang
Mathias Jensen (Brentford)
Morten Hjulmand (Lecce)
Christian Eriksen (Manchester United)
Philip Billing (Bournemouth)
Daniel Wass (Atlético Madrid)
Pierre-Emile Hojbjerg (Tottenham Hotspur)

Penyerangan
Martin Braithwaite (Espanyol)
Andreas Skov Olsen (Club Brugge)
Robert Skov (Hoffenheim)
Mikkel Damsgaard (Sampdoria)
Jonas Wind (VfL Wolfsburg)
Andreas Cornelius (Trabzonspor)

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini