Profil Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Tim Penuh Kejutan yang Jadi Ancaman

Denmark lolos ke Piala Dunia 2022 dengan modal apik usai jadi juara grup babak kualifikasi.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 02 September 2022 | 20:00 WIB
Martin Braithwaite merayakan kelolosan Timnas Denmark ke perempatfinal Euro 2020. (OLAF KRAAK / POOL / AFP)

Martin Braithwaite merayakan kelolosan Timnas Denmark ke perempatfinal Euro 2020. (OLAF KRAAK / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Denmark diharap mampu berbicara banyak di Piala Dunia 2022 Qatar, tak hanya sebagai kontestan pemeriah kompetisi dan habis di babak penyisihan grup.

Lolosnya Denmark ke Piala Dunia 2022 bukan suatu keberuntungan yang diraih, status juara Grup F Babak Kualifikasi disandang mereka.

Tim berjuluk Danish Dynamite ini mengoleksi 27 poin dari sembilan kemenangan dan satu kekalahan sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Hasil Japan Open 2022: Fajar/Rian Kalah Lawan Wakil China, Ganda Putra Indonesia Tanpa Gelar

Di Piala Dunia 2022, timnas Denmark tergabung dalam Grup D bersama beberapa tim kuat seperti Australia, Tunisia dan juara bertahan, Prancis.

Prestasi dan Perjuangan

Piala Dunia 2022 menjadi ajang keenam yang diikuti sepanjang sejarah Denmark di turnamen ini, sebelum itu mereka tampil di edisi 1986, 1998, 2002, 2010 dan 2018.

Baca Juga: Mesut Ozil dan Kompatriot Lionel Messi Dirumorkan Susul Jordi Amat ke JDT

Menariknya lima penampilan terakhir, prestasi terbaik Denmark di Piala Dunia terjadi pada edisi 1998 yang digelar di Prancis.

Kala itu Denmark mampu mencapai babak perempat final, sementara itu modal besar sudah dibawa mereka mengarungi Piala Dunia 2022.

Tampil trengginas di babak kualifikasi jadi alasannya, tim asuhan Kasper Hjulmand ini keluar sebagai juara grup dengan koleksi 27 poin.

Baca Juga: Naturalisasi 3 Pemain Keturunan, Pundit Vietnam Sindir Perkembangan Sepak Bola Indonesia

Dari 10 laga, Denmark sukses menorehkan 30 gol dan hanya 3 kali kebobolan selama babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertahanan Denmark jadi yang terbaik di zona Eropa, selain itu menjadi tim ketiga yag memastikan diri lolos ke putaran final setelah Qatar dan Jerman.

3 Pemain Kunci

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Ines Rau, Model Transgender yang Gosipnya Jadi Pacar Baru Kylian Mbappe

- Kasper Schmeichel

Status putra dari kiper legendaris memang sudah tersemat dalam sosok Kasper Schmeichel, hal itu dibuktikan selama kualifikasi Piala Dunia 2022.

Gawangnya hanya terbobol sebanyak 3 kali dari 10 pertandingan kualifikasi, kemampuannya juga tak lepas dari pengalaman menjadi kiper di Liga Inggris.

Bersama Leicester City sejak 2011, Kasper sudah membukukan 477 penampilan dengan satu gelar juara Premier League pada musim 2015-2016.

Sepanjang membela timnas Denmark, Kasper sukses mengoleksi 41 clean sheet dari 81 pertandingan yang sudah dijalaninya.

- Christian Eriksen

Eriksen boleh jadi sudah tidak sempurna seperti sedia kala pasca insiden serangan jantung yang dialaminya di Piala Eropa lalu.

Namun kualitasnya sebagai pemain tidak tergantikan di timnas Denmark, Eriksen memiliki kreativitas dan akurasi umpan sangat baik.

Sebagai ikon timnas Denmark, posisinya tentu tak bisa digantikan sembarangan pemain termasuk untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

- Yussuf Poulsen

Poulsen menjadi salah satu striker mematikan di Bundesliga bersama RB Leipzig, karena itulah ia juga masuk dalam jajaran pemain kunci timnas Denmark di Piala Dunia 2022.

Usianya masih 28 tahun, Poulsen memiliki kualitas sebagai mesin pencetak gol dengan kekuatan tendangan dan penguasaan bola yang baik.

Poulsen membela timnas Denmark sejak berusia 20 tahun dan pertama kalinya di tahun 2014, saat ini sudah mengemas 11 gol dan 12 assist.

Pelatih

Kasper Hjulmand ditunjuk menukangi timnas Denmark sejak Juni 2019, muncul sebagai pengganti Age Hareide yang kontraknya selesai pasca Piala Eropa 2020.

Di luar dugaan, Hjulmand sukses membawa Denmark melaju ke semifinal Piala Eropa 2020 meskipun kalah dari Inggris di perpanjangan waktu.

Meski belum banyak pengalaman sebagai pelatih, kualitas Hjulmand terbilang sudah dibuktikan dengan membawa Denmark mengoleksi 9 kemenangan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejak menukangi Denmark, Hjulmand sukses menorehkan 22 kemenangan, dua imbang dari 32 pertandingan yang sudah dipimpinnya.

Daftar Pemain (per Juni 2022)

Kiper
Kasper Schmeichel (Nice)
Peter Vindahl Jensen (AZ)
Daniel Iversen (Leicester City)

Bertahan
Joachim Andersen (Crystal Palace)
Jannik Vestergaard (Leicester City)
Victor Nelsson (Galatasaray)
Joakim Maehle (Atalanta)
Andreas Christensen (Chelsea)
Rasmus Kristensen (Leeds United)
Jens Stryger Larsen (Trabzonspor)
Nicolai Boilesen (Copenhagen)

Gelandang
Mathias Jensen (Brentford)
Morten Hjulmand (Lecce)
Christian Eriksen (Manchester United)
Philip Billing (Bournemouth)
Daniel Wass (Atlético Madrid)
Pierre-Emile Hojbjerg (Tottenham Hotspur)

Penyerangan
Martin Braithwaite (Espanyol)
Andreas Skov Olsen (Club Brugge)
Robert Skov (Hoffenheim)
Mikkel Damsgaard (Sampdoria)
Jonas Wind (VfL Wolfsburg)
Andreas Cornelius (Trabzonspor)

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak