Boladunia

Profil Timnas Australia di Piala Dunia 2022, Sang Wakil Asia yang Dinanti Kiprahnya

Timnas Australia lolos ke Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Peru di babak kualifikasi antarkonfederasi.

Rauhanda Riyantama

Penjaga gawang Australia, Andrew Redmayne diserbu rekan-rekan satu timnya setelah lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Peru dalam adu penalti playoff antarbenua di Stadion Al Rayyan, Al Rayyan, Qatar, 13 Juni 2022. (REUTERS/MOHAMMED DABBOUS)
Penjaga gawang Australia, Andrew Redmayne diserbu rekan-rekan satu timnya setelah lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Peru dalam adu penalti playoff antarbenua di Stadion Al Rayyan, Al Rayyan, Qatar, 13 Juni 2022. (REUTERS/MOHAMMED DABBOUS)

Bolatimes.com - Berikut profil Timnas Australia di Piala Dunia 2022, salah satu wakil Asia yang akan tampil di Qatar pada November mendatang.

Timnas Australia menjadi salah satu dari 32 tim yang akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022 Qatar. Tim berjuluk Socceroos ini datang sebagai salah satu dari 6 wakil Asia.

Di Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Australia akan tergabung di grup relatif berat, yakni grup D, yang berisikan jagoan dari Eropa dan Afrika.

Grup D sendiri berisikan juara Piala Dunia 2018, Prancis, semifinal Euro 2020, Denmark, dan kuda hitam asal Afrika, Tunisia.

Menghadapi tim-tim yang di atas kertas unggul jauh nyatanya tak membuat Timnas Australia gentar di Piala Dunia 2022 nanti.

Sayangnya, Timnas Australia hadir di Qatar dengan catatan buruk. Socceroos harus melewati babak Playoff melawan Peru, itu pun harus ditentukan via drama adu penalti.

Terlepas dari catatan buruk untuk ke putaran final, Timnas Australia bertekad bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2022 nanti dan mengharumkan nama Asia.

Lantas, bagaimana persiapan Timnas Australia di Piala Dunia 2022? Bagaimana dengan komposisi pemain, pelatih dan para pemain andalan Socceroos di Qatar kelak?

Kiprah Timnas Australia di Piala Dunia

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi Piala Dunia keenam Timnas Australia sepanjang sejarah sepak bolanya sejak berpartisipasi di kualifikasi Piala Dunia 1966.

Dalam enam kali kesertaannya tersebut, termasuk di Piala Dunia 2022, pencapaian terbaik Timnas Australia hanyalah mencapai babak 16 besar pada 2006 silam.

Sedangkan untuk lolos ke Piala Dunia 2022, Timnas Australia harus melewati jalan berliku, sebelum berhasil ke putaran final via Playoff antarkonfederasi kontra Peru.

Jika ditotal, Timnas Australia telah melakoni 161 laga di kualifikasi Piala Dunia dengan catatan 95 kemenangan, 40 hasil imbang dan 26 kekalahan.

Pemain Timnas Australia, Aaron Mooy. (AFP)
Pemain Timnas Australia, Aaron Mooy. (AFP)

3 Pemain Kunci

Di Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Australia akan memanggil para pemain bintangnya, baik yang berkiprah di dalam negeri maupun luar negeri.

Nantinya akan ada 3 pemain yang diprediksi menjadi andalan di Piala Dunia 2022, yakni Matthew Ryan, Aaron Mooy, dan Tom Rogic.

Matthew Ryan merupakan penjaga gawang yang malang melintang di Inggris, sebelum hijrah ke FC Copenhagen. Pun dengan Aaron Mooy yang kini berkarier di Skotlandia bersama Celtic.

Selain itu masih ada nama Tom Rogic yang punya kiprah apik di Skotlandia bersama Celtic dan dikenal sebagai gelandang yang rajin mencetak gol.

Pelatih: Graham Arnold

Graham Arnold akan menjadi pelatih Timnas Australia di Piala Dunia 2022 nanti. Pria asli Australia dikenal sebagai pelatih berpengalaman.

Tercatat ia pernah menjadi asisten Guus Hiddink. Selain itu ia juga telah malang melintang di sepak bola Australia sejak lama.

Kekuatan Graham Arnold juga terletak di asistennya, yakni Rene Meulensteen yang dikenal sebagai mantan pelatih Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

Daftar Pemain (per 14 Juni 2022)

Kiper:

Matthew Ryan
Danny Vukovic
Andrew Redmayne

Bek:

Trent Sainsburry
Aziz Behich
Milos Degenek
Bailey Wright
Jason Davidson
Fran Karacic
Nathaniel Atkinson
Kye Rowles
Joel King

Gelandang:

Aaron Mooy
Tom Rogic
Jackson Irvine
Ajdin Hrustic
Craig Goodwin
Riley McGree
Kenny Dougall
Denis Genreau
Gianni Stensness

Penyerang:

Mathew Leckie
Awer Mabil
Jamie Maclaren
Mitchell Duke
Martin Boyle
Adam Taggart
Marco Tilio
Nicholas D’Agostino

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini