Boladunia

Awalnya di Irak, AFC Pindahkan Venue Tuan Rumah Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

AFC pindahkan tuan rumah karena masalah keamanan di Irak.

Arif Budi Setyanto

Stadion Basra yang awalnya jadi tuan rumah Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Mohammed SAWAF / AFP)
Stadion Basra yang awalnya jadi tuan rumah Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Mohammed SAWAF / AFP)

Bolatimes.com - Pihak Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengambil keputusan untuk memindahkan tuan rumah Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Hal itu dilakukan terjadi masalah keamanan di Irak.

Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 awalnya direncanakan di Stadion Basra, Irak. Pertandingan itu dijadwalkan pada 10-18 September 2022.

Sayangnya karena masalah keamanan yang terjadi di Irak, AFC akan memindahkan pertandingan di negara lain.

"AFC menyatakan bahwa Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang dijadwalkan di Basra 10-18 September dipindahkan ke negara lain karena peristiwa keamanan baru-baru ini," tulis laporan Iraqi News dinukil pada Jumat (2/9/2022).

Masalah keamanan itu sebelumnya sempat menjadi sorotan Australia yang memang tergabung bersama Irak di Grup H. Akibatnya tim Negeri Kanguru itu mengundurkan diri karena tidak mendapatkan restu perjalanan dari pemerintah.

Bendera Irak (Suara.com/Galih)
Bendera Irak (Suara.com/Galih)

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat dan berdasarkan saran perjalanan saat ini dari pemerintah Australia, keputusan ini (mundur) bersifat final," tulis pernyataan Australia.

Adapun Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 ini menuisakan Irak dan Kuwait saja. Pasalnya selain Australia, India juga tidak akan ikut tampil.

Hal itu karena India mendapatkan larangan dari FIFA, sehingga terpaksa harus absen di ajang ini. Alhasil Irak dan Kuwait bakal saling berhadapan demi tiket ke Piala Asia U-20 2023.

Sementara itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam yang nantinya akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Berita Terkait

Berita Terkini