Boladunia

Tak Terlupakan, Berikut 6 Momen Bersejarah Sepanjang Gelaran Piala Dunia

Berikut 6 momen bersejarah sepanjang gelaran Piala Dunia.

Rauhanda Riyantama

Diego Maradona/Twitter
Diego Maradona/Twitter

Bolatimes.com - Euforia menyambut Piala Dunia 2022 Qatar, sederet momen tak terlupakan ajang akbar sepak bola dunia ini lahir menjadi kenangan yang selalu dikenang sepanjang masa.

Piala Dunia sudah berumur 91 tahun, nyaris satu abad gelaran ini menghibur penikmat sepak bola di seluruh dunia dari generasi ke generasi.

Seiring waktu tersebut, banyak momen menakjubkan muncul menghiasi perhelatan yang hanya diikuti negara-negara dengan kekuatan sepak bola di atas rata-rata.

Mulai dari momen kualifikasi hingga rangkaian pertandingan di putaran final Piala Dunia, beberapa momen di masa lalu bahkan tak lepas dari ingatan.

Lantas apa saja kejadian-kejadian fenomenal yang menrik perhatian itu? berikut deretan momen tak terlupakan yang terjadi di Piala Dunia.

1. Gol Tangan Tuhan

Momen gol tangan Tuhan Diego Maradona. (Dok. FIFA)
Momen gol tangan Tuhan Diego Maradona. (Dok. FIFA)

Adalah Diego Maradona, sosok sang pencipta gol tangan Tuhan yang muncul di tahun 1986 dalam laga Argentina melawan Inggris.

Seluruh penonton dibuat tak percaya dengan tayangan ulang dari gol yang dibuat Maradona saat itu, meski protes keras dilancarkan pemain lawan.

Gol tersebut terjadi setelah Maradona menggunakan tangannya untuk mengarahkan bola ke sisi gawang yang sulit dijangkau kiper Inggris, Peter Shilton.

2. Brasil Dipermalukan

Piala Dunia 2014 menjadi aib bagi tuan rumah, Brasil meski sukses melaju ke babak semifinal namun laga tersebut berubah menjadi ladang pembantaian.

Status tuan rumah tak membuat Brasil perkasa saat bertemu Jerman, tim Samba dibantai 7-1 dan bahkan skor 5-0 sudah menghiasi papan skor saat laga baru berjalan 30 menit.

3. Tandukan Zidane

Pemain timnas Prancis, Zinedine Zidane mengontrol bola pada pertandingan semifinal Piala Dunia 1998 melawan Kroasia di Stadion Stade de France in Saint-Denis (8/7/1998) (AFP)
Pemain timnas Prancis, Zinedine Zidane mengontrol bola pada pertandingan semifinal Piala Dunia 1998 melawan Kroasia di Stadion Stade de France in Saint-Denis (8/7/1998) (AFP)

Final Piala Dunia 2006 bisa jadi momen kelam bagi Zinedine Zidane, ia harus terusir saat Prancis masih sangat membutuhkan kekuatannya.

Penyebabnya cukup konyol, Zidane terprovokasi hingga melakukan tandukan tepat ke dada Marco Materrazzi.

Prancis pun kalah dalam drama adu penalti, skor 3-5 menutup kemenangan Italia merengkuh gelar Piala Dunia.

4. Lampard Gol

Sebelum era Video Assistant Referre (VAR), timnas Inggris pernah terdzolimi wasit di Piala Dunia 2010 saat berjumpa Jerman.

Dalam video tayangan ulang, bola hasil sepakan Lampard lebih dulu menyentuh mistar gawang dan memantul ke dalam gawang serta sudah melewati garis.

Namun setelah pantulan ke bawah Manuel Neuer sigap menangkap bola, seolah menandakan bola belum melewati garis gawang.

Wasit pun tak mempedulikan hal tersebut dan tetap melanjutkan pertandingan tanpa mengesahkan gol Lampard.

5. Luis Suarez Tiru Gol Tangan Tuhan

Aksi Luis Suarez saat kontra Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2018.
Aksi Luis Suarez saat kontra Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Berbeda dengan Maradona yang gol tangan Tuhan miliknya tak diketahui wasit, Luis Suarez pernah melakukan hal sama namun untuk mencegah terjadinya gol.

Momen ini terlihat jelas oleh wasit hingga akhirnya Suarez harus diganjar kartu merah, namun keputusannya itu tepat.

Uruguay terhindar dari kekalahan, bahkan mampu membalikkan keadaan dengan memenangi duel penalti melawan Ghana.

6. Korea Bikin Malu Jerman

Momen tak akan terlupakan selanjutnya baru saja muncul di Piala Dunia 2018, dalam laga Korea Selatan melawan Jerman.

Jerman berstatus sebagai juara Piala Dunia 2014, namun harus menanggung malu setelah dibungkam Korea Selatan di babak fase Grup Piala Dunia 2018.

Kekalalahan dari Korsel sekaligus membuat langkah Jerman di ajang tersebut terhenti dengan tidak lolos dari babak penyisihan grup.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini