Boladunia

Profil Timnas Meksiko di Piala Dunia 2022: Tim Berpengalaman Siap Beri Kejutan

Meksiko jadi salah satu tim yang meramaikan Piala Dunia 2022.

Husna Rahmayunita

Pemain Meksiko Uriel Antuna (tengah) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya Alexis Vega (kanan) dan Erick Aguirre (kiri) setelah mencetak gol ketiga lawan Prancis dalam pertandingan Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Stadium, Jepang pada 22 Juli 2021. ANTARA/AFP/MARIKO ISHIZUKA
Pemain Meksiko Uriel Antuna (tengah) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya Alexis Vega (kanan) dan Erick Aguirre (kiri) setelah mencetak gol ketiga lawan Prancis dalam pertandingan Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Stadium, Jepang pada 22 Juli 2021. ANTARA/AFP/MARIKO ISHIZUKA

Bolatimes.com - Timnas Meksiko diprediksi menjadi salah satu kontestan yang akan mengejutkan pada persaingan Grup C Piala Dunia 2022.

Di Grup C Piala Dunia 2022, timnas Meksiko akan bersaing dengan Argentina, Arab Saudi, dan Polandia. Secara hitung-hitungan, Argentina memang jadi tim yang paling diunggulkan.

Oleh karena itu, status runner-up Grup C akan diperebutkan secara terbuka oleh tiga kontestan lainnya, termasuk Meksiko dengan kualitas pemainnya yang dianggap mampu bersaing.

Apalagi, Meksiko sudah menjadi perwakilan zona CONCACAF yang secara reguler tampil di Piala Dunia. Ini akan menjadi partisipasi yang ke-17 bagi tim berjulukan El Tri ini.

Sebelumnya, Meksiko sukses menggenggam tiket untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2022 setelah mengakhiri persaingan di peringkat kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF.

Dari total 14 pertandingan yang dilewati, Meksiko sukses meraup 28 poin. Jumlah ini sebetulnya setara dengan koleksi Kanada yang jadi pemuncak klasemen akhir. Namun, Meksiko kalah produktivitas gol.

3 Pemain Kunci

Timnas Meksiko bakal memaksimalkan peran sejumlah pemainnya pada Piala Dunia 2022. Setidaknya ada tiga nama yang layak dianggap sebagai pemain kunci.

Yang pertama ialah Guilermo Ochoa. Kiper yang sudah memiliki rekam jejak panjang di level internasional ini tampaknya masih akan menjadi andalan di bawah mistar gawang.

Sejauh ini, Ochoa sudah mencatatkan 129 penampilannya bersama timnas Meksiko sejak pertama kali mencatatkan debutnya pada 2005.

Di sektor lini tengah, Meksiko tentu bakal mengandalkan Edson Alvarez yang berperan penting sebagai gelandang bertahan. Pemain yang kini memperkuat Ajax Amsterdam itu akan menjadi tulang punggung.

Sejauh ini, pemain yang dikenal tangguh dalam bertahan dan menghadapi duel-duel udara itu telah mencatatkan 55 pertandingan bersama timnas Meksiko.

Adapun di lini serang, Meksiko tampaknya masih akan mempercayakan sektor ini kepada striker Wolverhampton Wanderers, Raul Jimenez.

Sejak mencatat debut bersama Meksiko pada 2013, dia sudah mengantongi 28 gol dan 14 assist dari total 95 aksinya di berbagai level internasional.

Pelatih: Gerardo Martino

Timnas Meksiko akan ditangani oleh juru taktik yang cukup berpengalaman, yakni Gerardo Martino. Sebelumnya, dia sudah punya rekam jejak yang apik di berbagai level.

Di level klub, misalnya, ia pernah mempersembahkan trofi Piala Super Spanyol untuk Barcelona. Adapun di level timnas, dia pernah mengasuh Paraguay dan Argentina.

Yang terbaru, ia sempat mengantarkan timnas Meksiko meraih runner-up pada ajang CONCACAF Nations League 2019-2020.

Daftar Pemain Sementara Timnas Meksiko untuk Piala Dunia 2022

Penjaga gawang

Guillermo Ochoa (Amerika)

Alfredo Talavera (Pumas)

Rodolfo Cota (Leon)

Jonathan Orozco (Tijuana)

Belakang

Johan Vasquez (Genoa)

Nestor Araujo (Celta de Vigo)

Gerardo Arteaga (KRC Genk)

Cesar Montes (Monterrey)

Julian Araujo (LA Galaxy)

Hector Moreno (Monterrey)

Jesus Alberto Angulo (Tigres)

Israel Reyes (Puebla)

Jesus Gallardo (Monterrey)

Jorge Sanchez (Amerika)

Erick Aguirre (Monterrey)

Gelandang

José Andrés Guardado Hernández (Real Betis)

Hector Herrera (Atletico Madrid)

Edson Alvarez (Ajax)

Erick Gutierrez (PSV Eindhoven)

Diego Lainez (Betis)

Carlos Rodriguez (Cruz Azul)

Luis Romo (Monterrey)

Uriel Antuna (Cruz Azul)

Rodolfo Pizarro (Monterrey)

Penyerang

Raul Jimenez (Wolverhampton)

Jesus Corona (Sevilla)

Hirving Lozano (Napoli)

Santiago Gimenez (Cruz Azul)

Henry Martin (Amerika)

Alexis Vega (Chivas)

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini