Profil Timnas Iran di Piala Dunia 2022, Kuda Hitam dari Asia

Bermodal tampil apik di babak kualifikasi, Timnas Iran bisa jadi ancaman di fase grup Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 01 September 2022 | 17:15 WIB
Timnas Iran/Instagram

Timnas Iran/Instagram

Bolatimes.com - Berikut profil Timnas Iran, salah satu wakil Asia yang akan bertanding di ajang terakbar bertajuk Piala Dunia pada 2022 di Qatar.

Timnas Iran merupakan salah satu dari 32 tim di seluruh dunia dan salah satu dari 6 tim Asia yang akan tampil di Piala Dunia 2022 pada November hingga Desember mendatang.

Tim berjuluk Team Melli ini akan tergabung di grup B bersama lawan-lawan kuat semacam Inggris, Amerika Serikat dan Wales.

Baca Juga: Bukan di JIS, Ketum PSSI Ungkap Venue Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao

Meski tak diunggulkan, Timnas Iran tak ingin hanya menjadi partisipan semata di ajang ini. Apalagi saat ini Team Melli banyak dihuni pemain-pemain yang malang melintang di Eropa.

Selain itu, Timnas Iran punya status mentereng, yakni menduduki ranking tertinggi FIFA dari seluruh negara Asia lainnya.

Kini, Timnas Iran sendiri masih memegang status tersebut, dengan duduk di peringkat ke-22 dunia, unggul atas Jepang (24), Korea Selatan (28) dan Australia (39).

Baca Juga: Hasil Japan Open 2022: Bagas/Fikri Kandas, Apriyani/Fadia ke Perempat Final

Karenanya, Timnas Iran pun akan mencoba menjadi kuda hitam di grup B dan membuat kejutan dengan lolos untuk pertama kalinya ke babak gugur Piala Dunia.

Lantas bagaimana dengan perjalanan Timnas Iran di Piala Dunia? Dan bagaimana dengan komposisi pelatih serta pemain yang dimiliki Team Melli? Berikut ulasannya.

Kiprah Timnas Iran di Piala Dunia

Baca Juga: Tampil Gemilang di Liga 1, Ini 4 Pemain yang Layak Dipanggil Shin Tae-yong Lawan Curacao di FIFA Matchday

Timnas Iran menjadi salah satu wakil Asia yang tergolong rutin tampil di Piala Dunia. Tercatat, Team Melli berhasil lolos ke putaran final sebanyak 6 kali, termasuk di Piala Dunia 2022 ini.

Dalam 6 kali partisipasinya, langkah Timnas Iran banyak terhenti di fase grup saja, dengan catatan 2 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 9 kekalahan dari 15 laga di babak grup Piala Dunia.

Catatan ini berbanding terbalik dengan kiprah Timnas Iran di babak kualifikasi. Dalam 146 laga, Team Melli mampu mencatatkan 92 kemenangan, 35 hasil imbang, dan 19 kekalahan.

Baca Juga: Hasil Japan Open 2022: Dihajar Wakil Korea Selatan, Kevin/Marcus Tersingkir

Bahkan di fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Iran mampu lolos dengan status juara grup putaran ketiga dengan catatan 8 kemenangan, 1 hasil imbang dan 1 kekalahan.

Penyerang Iran, Sardar Azmoun. (Sumber: Instagram/@sardar_azmoun).
Penyerang Iran, Sardar Azmoun. (Sumber: Instagram/@sardar_azmoun).

3 Pemain Kunci

Timnas Iran memiliki sederet pemain yang berkiprah di Eropa. Para pemain yang malang melintang di benua biru ini diyakini akan menjadi andalan.

Para pemain itu adalah Sardar Azmoun, Alireza Jahanbakhsh, dan Mehdi Taremi. Ketiganya tercatat membela tim-tim besar Eropa.

Sardar Azmoun merupakan penyerang andalan Iran bersama Mehdi Taremi. Keduanya tercatat bermain di Bayer Leverkusen dan FC Porto.

Sedangkan Alireza Jahanbakhsh merupakan pemain andalan Feyenoord Rotterdam dan sempat berkiprah di Inggris bersama Brighton.

Pelatih: Dragan Skocic

Untuk Piala Dunia 2022 ini, Timnas Iran mengandalkan sosok Dragan Skocic sebagai pelatih. Pria asal Kroasia ini sejatinya tak punya rekor mentereng di dunia kepelatihan.

Namun sejak ditunjuk menukangi Timnas Iran pada 2020 lalu, mampu membuat Team Melli menjadi salah satu kekuatan menakutkan di Asia.

Dalam 18 pertandingan yang telah dilakoni bersama Timnas Iran, Dragan Skocic mampu meraih 15 kemenangan, 1 hasil imbang dan 2 kekalahan saja.

Daftar Pemain (per 12 Juni 2022)

Kiper:

Alireza Beiranvand
Hossein Hosseini
Amir Abedzadeh

Bek:

Sadegh Moharrami
Aref Gholami
Saleh Hardani
Aref Aghasi
Abolfazl Jalali
Majid Hosseini
Omid Noorafkan

Gelandang:

Ehsan Hajsafi
Saeid Ezatolahi
Alireza Jahanbakhsh
Ahmad Nourollahi
Omid Ebrahimi
Amirhossein Hosseinzadeh
Ali Gholizadeh
Milad Sarlak
Mehdi Mehdipour

Penyerang:

Mehdi Taremi
Allahyar Sayyadmanesh
Ali Alipour
Sardar Azmoun

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak