Boladunia

Profil Timnas Iran di Piala Dunia 2022, Kuda Hitam dari Asia

Bermodal tampil apik di babak kualifikasi, Timnas Iran bisa jadi ancaman di fase grup Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Timnas Iran/Instagram
Timnas Iran/Instagram

Bolatimes.com - Berikut profil Timnas Iran, salah satu wakil Asia yang akan bertanding di ajang terakbar bertajuk Piala Dunia pada 2022 di Qatar.

Timnas Iran merupakan salah satu dari 32 tim di seluruh dunia dan salah satu dari 6 tim Asia yang akan tampil di Piala Dunia 2022 pada November hingga Desember mendatang.

Tim berjuluk Team Melli ini akan tergabung di grup B bersama lawan-lawan kuat semacam Inggris, Amerika Serikat dan Wales.

Meski tak diunggulkan, Timnas Iran tak ingin hanya menjadi partisipan semata di ajang ini. Apalagi saat ini Team Melli banyak dihuni pemain-pemain yang malang melintang di Eropa.

Selain itu, Timnas Iran punya status mentereng, yakni menduduki ranking tertinggi FIFA dari seluruh negara Asia lainnya.

Kini, Timnas Iran sendiri masih memegang status tersebut, dengan duduk di peringkat ke-22 dunia, unggul atas Jepang (24), Korea Selatan (28) dan Australia (39).

Karenanya, Timnas Iran pun akan mencoba menjadi kuda hitam di grup B dan membuat kejutan dengan lolos untuk pertama kalinya ke babak gugur Piala Dunia.

Lantas bagaimana dengan perjalanan Timnas Iran di Piala Dunia? Dan bagaimana dengan komposisi pelatih serta pemain yang dimiliki Team Melli? Berikut ulasannya.

Kiprah Timnas Iran di Piala Dunia

Timnas Iran menjadi salah satu wakil Asia yang tergolong rutin tampil di Piala Dunia. Tercatat, Team Melli berhasil lolos ke putaran final sebanyak 6 kali, termasuk di Piala Dunia 2022 ini.

Dalam 6 kali partisipasinya, langkah Timnas Iran banyak terhenti di fase grup saja, dengan catatan 2 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 9 kekalahan dari 15 laga di babak grup Piala Dunia.

Catatan ini berbanding terbalik dengan kiprah Timnas Iran di babak kualifikasi. Dalam 146 laga, Team Melli mampu mencatatkan 92 kemenangan, 35 hasil imbang, dan 19 kekalahan.

Bahkan di fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Iran mampu lolos dengan status juara grup putaran ketiga dengan catatan 8 kemenangan, 1 hasil imbang dan 1 kekalahan.

Penyerang Iran, Sardar Azmoun. (Sumber: Instagram/@sardar_azmoun).
Penyerang Iran, Sardar Azmoun. (Sumber: Instagram/@sardar_azmoun).

3 Pemain Kunci

Timnas Iran memiliki sederet pemain yang berkiprah di Eropa. Para pemain yang malang melintang di benua biru ini diyakini akan menjadi andalan.

Para pemain itu adalah Sardar Azmoun, Alireza Jahanbakhsh, dan Mehdi Taremi. Ketiganya tercatat membela tim-tim besar Eropa.

Sardar Azmoun merupakan penyerang andalan Iran bersama Mehdi Taremi. Keduanya tercatat bermain di Bayer Leverkusen dan FC Porto.

Sedangkan Alireza Jahanbakhsh merupakan pemain andalan Feyenoord Rotterdam dan sempat berkiprah di Inggris bersama Brighton.

Pelatih: Dragan Skocic

Untuk Piala Dunia 2022 ini, Timnas Iran mengandalkan sosok Dragan Skocic sebagai pelatih. Pria asal Kroasia ini sejatinya tak punya rekor mentereng di dunia kepelatihan.

Namun sejak ditunjuk menukangi Timnas Iran pada 2020 lalu, mampu membuat Team Melli menjadi salah satu kekuatan menakutkan di Asia.

Dalam 18 pertandingan yang telah dilakoni bersama Timnas Iran, Dragan Skocic mampu meraih 15 kemenangan, 1 hasil imbang dan 2 kekalahan saja.

Daftar Pemain (per 12 Juni 2022)

Kiper:

Alireza Beiranvand
Hossein Hosseini
Amir Abedzadeh

Bek:

Sadegh Moharrami
Aref Gholami
Saleh Hardani
Aref Aghasi
Abolfazl Jalali
Majid Hosseini
Omid Noorafkan

Gelandang:

Ehsan Hajsafi
Saeid Ezatolahi
Alireza Jahanbakhsh
Ahmad Nourollahi
Omid Ebrahimi
Amirhossein Hosseinzadeh
Ali Gholizadeh
Milad Sarlak
Mehdi Mehdipour

Penyerang:

Mehdi Taremi
Allahyar Sayyadmanesh
Ali Alipour
Sardar Azmoun

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini