Boladunia

Profil Timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2022: Kuda Hitam dari Benua Amerika

Kiprah Timnas Kosta Rika patut dinantikan setelah secara mengejutkan lolos ke Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Kalahkan Selandia Baru 1-0, Kosta Rika segel satu tiket sisa lolos ke Piala Dunia 2022. (AFP)
Kalahkan Selandia Baru 1-0, Kosta Rika segel satu tiket sisa lolos ke Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Kosta Rika menjadi dianggap sebagai salah satu tim kuda hitam yang penampilannya dinantikan di Piala Dunia 2022.

Perjalanan mereka tidak mudah untuk mendapat tiket ke babak final Piala Dunia 2022 di Qatar nanti. Mereka harus melewati babak play-off mewakili konfederasi CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia).

Adapun, hanya ada 4 wakil dari CONCACAF yang diperbolehkan ikut Piala Dunia 2022. Kosta Rika menjadi negara terakhir yang lolos, menyusul Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Perjalanan di Kualifikasi

Selama babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONCACAF, Kosta Rika cuma mampu menempati peringkat keempat klasemen keseluruhan.

Kosta Rika sebetulnya sama-sama mengumpulkan 25 poin seperti Amerika Serikat di peringkat ketiga, tetapi mereka kalah selisih gol.

Karena cuma finis di peringkat 4 klasemen kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF, Kosta Rika harus menghadapi Selandia Baru yang merupakan pemenang babak play-off konfederasi Oceania.

Di laga melawan Selandia Baru pada 14 Juni 2022 lalu di Qatar, Kosta Rika berhasil mengalahkan sang lawan dengan skor tipis 1-0.

Prestasi di Piala Dunia

Meski terseok-seok di babak kualifikasi, Kosta Rika merupakan negara di konfederasi CONCACAF yang cukup konsisten meloloskan diri ke putaran final Piala Dunia.

Sejak Piala Dunia 2014 di Brasil, Kosta Rika tidak pernah absen mentas di ajang sepak bola terbesar sejagat ini. Secara keseluruhan, Kosta Rika sudah lima kali lolos ke putaran final Piala Dunia.

Pertama kali Kosta Rika lolos ke Piala Dunia yaitu pada edisi 1990 di Italia. Saat itu mereka lolos hingga babak 16 besar. Kemudian Kosta Rika juga lolos di Piala Dunia 2002 dan Piala Dunia 2006.

Di Piala Dunia 2016, Kosta Rika bahkan bikin kejutan. Berstatus sebagai tim non-unggulan, Kosta Rika lolos hingga perempat final.

3 Pemain Andalan

Keberhasilan Kosta Rika lolos ke Piala Dunia 2022 tentu tidak terlepas dari kerja keras para pemain dan pelatih. Di antara skuad yang terakhir dipanggil, Kosta Rika punya beberapa pemain andalan.

Di antaranya ada Joel Campbell. Pemain yang kini membela tim asal Meksiko, Leon, jadi pencetak gol kemenangan Kosta Rika saat mengalahkan Selandia Baru di play-off.

Selanjutnya adalah sang kiper andalan, Keylor Navas. Kiper berusia 35 tahun tersebut menjadi sosok penting kokohnya pertahanan Kosta Rika.

Kiper Paris Saint-Germain itu tercatat sudah mengoleksi 107 caps buat Kosta Rika. Pengalamannya bermain di berbagai klub besar macam Real Madrid dan PSG, menjadi suntikan tenaga yang besar buat Kosta Rika.

Pemain andalan Kosta Rika selanjutnya adalah Celso Borges. Gelandang berusia 34 tahun itu sudah mengoleksi 153 caps buat Kosta Rika dengan 27 gol.

Pelatih

Saat ini Kosta Rika dilatih oleh pelatih asal Kolombia Luis Fernando Suarez Guzman. Pelatih berusia 62 tahun ini punya beberapa pengalaman melatih negara di benua Amerika, seperti Ekuador, Honduras, hingga direkrut Kosta Rika pada 1 Juni 2021.

Di bawah arahan Luis Guzman, Kosta Rika sudah melakoni 21 pertandingan dengan catatan 12 kemenangan, 4 kali imbang, dan 5 kali kalah.

Daftar Pemain

Kiper:

Keylor Navas (Paris Saint-Germain)
Esteban Alvarado (Herediano)
Leonel Moreira (Alajuelense)

Pemain Belakang:

Bryan Oviedo (Copenhagen)
Francisco Calvo (Unattached)
Kendall Waston (Saprissa)
Rónald Matarrita (FC Cincinnati)
Keysher Fuller (Herediano)
Ricardo Blanco (Saprissa)
Juan Pablo Vargas (Millonarios)
Daniel Chacón (Cartaginés)

Pemain Tengah :

Celso Borges (Alajuelense)
Bryan Ruiz (Alajuelense)
Yeltsin Tejeda (Herediano
Randall Leal (Nashville SC)
Alonso Martínez (Lommel SK)
Gerson Torres (Herediano)
Orlando Galo (Herediano)
Jewison Bennette (Sunderland)
Aarón Suárez (Alajuelense)
Youstin Salas (Grecia)
Douglas López (Santos de Guápiles)

Pemain Depan:

Joel Campbell (Monterrey)
Johan Venegas (Alajuelense)
José Guillermo Ortiz (Herediano)

*Daftar pemain bisa berubah sewaktu-waktu

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini