Profil Timnas Ekuador di Piala Dunia 2022, Tim yang Nyaris Dicoret karena Dituding Palsukan Dokumen Pemain

Ekuador nyaris dicoret dari Piala Dunia 2022 setelah dituding palsukan dokumen salah satu pemainnya.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 31 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Aksi Byron Castillo saat membela Timnas Ekuador di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)

Aksi Byron Castillo saat membela Timnas Ekuador di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Lolosnya Ekuador ke Piala Dunia 2022 menjadi awal kebangkitan salah satu raksasa Amerika Selatan, tim kuda hitam yang bisa memberi kejutan Brasil, Argentina dan lainnya.

Ekuador memiliki rekor lebih baik ketimbang Chile, Kolombia, Paraguay dan Peru setelah memastikan lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Ekuador bercokol di peringkat empat dengan 26 poin dari 18 pertandingan dengan hanya terpaut dua poin dari Peru dan tiga poin dari Kolombia di peringkat lima dan enam.

Baca Juga: Tumbang Lawan Southampton, Thomas Tuchel Ngamuk Sebut Bek Chelsea Terlalu Lembek

Torehan ini menjadi kali keempat El Tri lolos ke putaran Final Piala Dunia, setelah keikutsertaan di Piala Dunia 2002 Jepang-Korea Selatan, Piala Dunia 2006 Jerman dan Piala Dunia Brazil 2014.

Sementara itu di Piala Dunia 2022 Qatar, Ekuador tergabung dalam Grup A bersama Belanda, Senegal dan tuan rumah, Qatar.

Pretasi dan Kontroversi Ekuador

Baca Juga: Soroti Kualitas Rumput, FIFA Berencana Kurangi Stadion untuk Venue Piala Dunia U-20 2023

Ekuador sudah menjadi bagian dari Piala Dunia sejak tahun 1950, meskipun sempat menarik diri dari turnamen.

Setelahnya La Tri absen di edisi tahun 1954 dan 1958, Ekuador sempat gagal lolos mulai tahun 1962 hungga 1998.

Titik balik Ekuador di Piala Dunia terjadi di tahun 2002, kemunculan yang diwaspadai banyak negara lain karena performa gemilangnya.

Baca Juga: 5 Pemain Naturalisasi yang Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Lolos ke putaran final setelah finis di babak kualifikasi zona CONMEBOL dengan bertengger di peringkat kedua.

Di edisi 2006, Ekuador lolos putaran final setelah finis ketiga di klasemen kualifikasi dan sempat absen di 2010 meskipun kembali berlaga di edisi 2014.

Sebelum memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, Ekuador nyaris dicoret setelah protes yang dilayangkan Chile.

Baca Juga: Usai Dipecat Barito Putera, Dejan Antonic Pantau TC Timnas Indonesia U-19

Chile mengklaim bahwa Ekuador menggunakan pemain negara lain sepanjang fase kualifikasi zona CONMEBOL, sosok yang dimaksud adalah Byron Castillo.

Ekuador dituding memalsukan dokumen Byron Castillo. Chile mengklaim ia adalah pemain asal Kolombia berusia 23 tahun yang menggunakan identitas palsu.

Byron Castillo bermain sebanyak 18 pertandingan di kualifikasi dan sukses membawa Ekuador mengumpulkan 14 dari 26 poin.

Chile menuntut kepada FIFA untuk menganulir enam poin yang sudah diraih Ekuador dan memberikan kepada mereka, meskipun pada akhirnya protes tersebut ditolak.

Aksi Byron Castillo saat membela Timnas Ekuador melawan Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)
Aksi Byron Castillo saat membela Timnas Ekuador melawan Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)

3 Pemain Kunci Timnas Ekuador

Pervis Estupian

Piala Dunia 2022 bakal menjadi debut bagi Pervis Estupian bersama Ekuador ajang ini, sosoknya merupakan pemain andalan lini pertahanan La Tri sepanjang babak kualifikasi.

Performa mentereng Estupian tak lepas dari penampilan gemilangnya di Villareal, bersama timnas Ekuador sang pemain sudah mencatat dua gol dan satu assist di babak kualifikasi.

Enner Valencia

Sektor penyerangan timnas Ekuador bakal diisi oleh Enner Valencia, kualitasnya sebagai pemain bahkan membuatnya dipercaya sebagai kapten tim.

Usianya sudah 32 tahun, debut pertama kali bersama timnas Ekuador terjadi di tahun 2012 dan pengalamannya menjadi kunci bagaimana performa Ekuador di Piala Dunia 2022.

Moises Caicedo

Usianya masih 20 tahunan, Caicedo merupakan pemain muda yang paling bersinar di timnas Ekuador hingga memastikan diri ke Piala Dunia 2022.

Kariernya di level klub sama cemerlangnya seperti di timnas Ekuador, debut untuk tim nasional sejak 2020 lalu dan sudah memainkan 23 laga.

Caicedo bahkan mencetak dua gol dan empat assist selama babak kualifikasi Piala Dunai 2022.

Pelatih

Gustavo Alfaro merupakan sosok di balik gemilangnya performa timnas Ekuador sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada Juli lalu, ia sempat dipusingkan dengan pemilihan pemain, namun Alfaro sudah mendapatkan kepercayaan penuh dari anak asuhnya di timnas Ekuador.

"Saya mengatakan kepada para pemain bahwa saya akan menunggu mereka sampai hari terakhir karena ada beberapa yang mendapatkan tempat mereka dan yang lain ingin berada di sana," ucap Alfaro.

"Mereka tahu bahwa mereka penting bagi grup. Preciado akan baik-baik saja dalam 15 hari. Arboleda telah mulai memperkuat pekerjaan untuk mendapatkan kembali otot yang hilang." imbuhnya.

Meskipun pada akhirnya kerangka pemain sudah terbentuk dan hanya menempatkan siapa saja yang pantas mengisi posisi yang dibutuhkan tim.

Daftar Pemain Per Juli 2022

Kiper

Hernán Galíndez - Universidad de Chile
Jorge Pinos - 9 de Octubre
Moisés Ramírez - Independiente del Valle

Belakang

Fernando León - Atlético San Luis
Piero Hincapié - Bayer Leverkusen
Robert Arboleda - São Paulo
Byron Castillo - Barcelona
Pervis Estupiñán - Villarreal
Xavier Arreaga - Seattle Sounders
Ángelo Preciado - Genk
Diego Palacios - Los Angeles FC

Tengah

Michael Carcelén - Barcelona
Carlos Gruezo - FC Augsburg
Romario Ibarra - Pachuca
Ángel Mena - León
Jeremy Sarmiento - Brighton & Hove Albion
Gonzalo Plata - Valladolid
Jhegson Méndez - Orlando City
Alan Franco - Charlotte FC
Moisés Caicedo - Brighton & Hove Albion
Danny Cabezas - Independiente del Valle
Joao Rojas - Emelec
José Cifuentes - Los Angeles FC

Depan

Jordy Caicedo - CSKA Sofia
Michael Estrada - D.C. United
Enner Valencia - Fenerbahçe
Djorkaeff Reasco - Newell's Old Boys

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak