Boladunia

8 Stadion Mewah yang Bakal Digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar

Inilah stadion-stadion yang bakal digunakan di Piala Dunia 2022

Irwan Febri Rialdi

Logo baru Piala Dunia 2022, Qatar. [FIFA / AFP]
Logo baru Piala Dunia 2022, Qatar. [FIFA / AFP]

Bolatimes.com - Kurang dari tiga bulan ke depan, gelaran Piala Dunia 2022 bakal dihelat dan Qatar sebagai tuan rumahnya, 8 stadion dengan fasilitas mumpuni bakal digunakan.

Qatar sudah melakukan persiapan semaksimal mungkin termasuk penyediaan stadion untuk menggelar pesta sepak bola akbar, Piala Dunia 2022.

Proses penyempurnaan masih berlangsung, khususnya dari sisi transportasi dan akomodasi selain persiapan dari beberapa stadion yang dipakai.

Berbeda dengan gelaran-gelaran sebelumnya, Piala Dunia 2022 Qatar menggunakan alat pendingin dengan jumlah yang lebih banyak.

Sebagai cara mengatasi cuaca panas ekstrim yang memang menjadi ciri khas negara yang terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab ini.

Lantas stadion mana saja yang bakal dipakai menggelar Piala Dunia 2022 Qatar? berikut ini di antaranya daftar stadion yang dipakai.

1. Stadion Al-Janoub

Stadion ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Stadion Al-Wakrah karena memang letaknya di Al-Wakrah dan baru diresmikan pada Agustus 2019.

Pembangunanya memang digunakan untuk Piala Dunia 2022, bersama arsitektur asal Irak, Zaha Hadid yang mendesain stadion ini menggunakan atap yang bisa dibuka atau ditutup.

Stadion ini memiliki kapasitas 40 ribu kursi penonton dan digunakan untuk menggelar pertandingan di Grup D, G dan H hingga babak perempat final.

2. Stadion Al-Thumama

Kapasitas stadion ini juga sebanyak 40 ribu kursi, terletak di Al-Thumama, Qatar dan berada di area Doha cukup berdekatan dengan Bandara Internasional Hamad.

Stadion ini dirancang oleh Kepala Arsitek Biro Teknik Arab, Ibrahim Jaidah dengan bentuk yang menyerupai topi tradisional Taqiyah.

3. Stadion 974

Bukan nama sementara, Stadion 974 memangnama asli dan terbilang unik karena memang seluruh stadion ini terbuat dari 974 kontainer pengiriman daur ulang.

Stadion ini diresmikan pada Novemer 2021, kemudian digunakan sebagai laga pembuka Piala Arab FIFA antara UEA melawan Suriah.

Stadion 974 juga bakal digunakan untuk tim yang berada di Grup C,D,G dan H serta satu pertandingan di babak 16 besar.

4. Stadion Internasional Khalifa

Dikenal sebagai Stadion Nasional yang merupakan salah satu stadion tertua di Qatar, dibuka pertama kali pada tahun 1976.

Sudah pernah dijadikan sebagai tuan rumah Piala Teluk dan Asian Games, serta turnamen lain yang juga digelar dan memang vene yang serba guna.

Stadion ini berada di Kompleks Kota Olahraga Doha bersama Aspire Academy, stadion ini juga terkenal dengan fasilitas olahraganya.

Stadion Internasional Khalifa juga pernah direnovasi berdasarkan jadwal, stadion sebagai salah satu venue tuan rumah Piala Dunia 2022 untuk Frup A, B, E dan F.

Selain itu juga menjadi tuan rumah untuk satu pertandingan babak 16 besar hingga perebutan tempat ketiga turnamen.

5. Stadion Ahmed bin Ali

Stadion ini terletak di Al-Rayyan dan merupakan markas klub Al-Rayyan dan Al-Kharitiyah, setelah stadion lama dihancurkan pada tahun 2015.

Pembaharuan stadion ini memang diperuntukan sebagai salah satu venue Piala Dunia 2022, dan diresmikan pada Desember 2020.

Venue ini bakal dijadikan tempat pertandingan tim-tim di grup B,E dan F serta satu pertandingan di babak 16 besar.

6. Education City Stadium

Menjadi salah satu stadion yang terletak di Al-Rayyan dan tidak jauh dari Doha, kapasitasnya berkurang setelah kompetisi selesai.

Stadion ini nantinya dipakai berbagai tim olahraga universitas, nantinya pertandingan pertama dimulai pada September 2020.

Selain itu juga digunakan pertandingan di Piala Dunia Antarklub, kemudian pada Piala Dunia 2022 digunakan untuk tim-tim di Grup C,D dan H.

Selain itu satu laga di babak 16 besar dan perempat final tersaji.

7. Al-Bayt Stadium

Stadion yang dibangun khusus untuk Piala Dunia 2022, termasuk menjadi salah satu stadion dengan atap terbuka, letaknya di Al-Khor yang berjarak sekitar 35 km dari Doha.

Nantinya stadion ini akan digunakan menggelar pertandingan perdana, diresmikan pada November 2021 yang bentuknya seperti tenda tradisional di Timur Tengah.

Stadion ini digunakan untuk tim-tim di Grup A, B, E dan F kemudian digunakan untuk satu pertandingan di babak 16 besar dan satu perempat final serta satu semifinal.

8. Lusail Iconic Stadium

Stadion dengan kapasitas 80 ribu kursi ini menjadi terbesar di Qatar, terletak di Lusail dan nantinya digunakan untuk laga final.

Namun untuk fase grup, digunakan untuk tim-tim yang berada di Grup C, G dan H, satu pertandingan di babak 16 besar, perempat final, semifinal dan final.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini